ADVERTISEMENT

Liputan Khusus Perjuangan Ibu Tunggal

Kisah Perjuangan Ibu Tunggal, Cerai dari Suami KDRT, Jadi Pelatih Yoga Artis

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 23 Des 2022 06:00 WIB
Foto: Dok. pribadi Endah Wahyuningsih. Foto: Dok. pribadi Endah Wahyuningsih.
Jakarta -

Menjadi ibu tunggal bukan hal yang mudah untuk dilalui. Seperti kisah Endah Wahyuningsih, seorang ibu tunggal nan tangguh yang membesarkan anaknya sendirian termasuk membiayai kehidupannya sehari-hari.

Endah adalah instruktur yoga yang sudah memiliki sertifikat Yoga Teacher Training (YRT). Ia juga seorang ibu tunggal dari dua buah hatinya. Endah menuturkan awal mula berpisah dengan suami pada Juli 2016. Setelah itu, ia mulai menekuni hobinya.

Ia memutuskan berpisah dari mantan suaminya karena mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Kekerasan dialaminya sejak anak pertama mereka masih berusia delapan bulan.

"Hal tersebut dilakukan berkali-kali sampai di tahun-tahun terakhir berpisah. Ditambah lagi beberapa kali kasus perselingkuhan. Anak saya yang menangis dan meminta saya untuk berpisah karena melihat saya disakiti," kata Endah kepada Wolipop lewat pesan suara, Rabu (21/12/2022).

Setelah berpisah dari sang suami, Endah berusaha menyibukkan diri. Dia mencari hobi yang menarik hingga berkenalan dengan yoga.

"Saya menemukan yoga setelah sekitar tiga tahun menjalani hobi. Kemudian saya memutuskan untuk menjadi instruktur yoga pada tahun 2018," ungkap Endah.

Pada tahun 2018, Endah mulai mengajar yoga kepada temannya secara gratis. Dari mengajar teman itu, Endah berkenalan dengan influencer hingga sukses menjadi pelatih yoga sosialita hingga artis.

"Awalnya saya mencoba mengajar teman-teman saya dulu secara gratis. Kemudian mulai membuka pertemanan baru. Kemudian ada teman yang meminta saya mengajar seorang influencer. Kemudian berkembang dengan mengajar beberapa artis ibu kota. Dari kedubes dan ada juga sosialita," jelas Endah.

Anak keempat dari lima orang bersaudara ini juga mengajar untuk beberapa brand dan acara besar di Jakarta. Salah satunya Internasional Yoga Festival di Bali. Ia juga didapuk untuk menjadi bintang iklan untuk yoga.

Kisah ibu tunggal dari dua orang anak, kini sukses menjadi instruktur yoga langganan artis.Kisah ibu tunggal dari dua orang anak, kini sukses menjadi instruktur yoga langganan artis. Foto: Dok. pribadi Endah Wahyuningsih.

Endah Sembuh dari Trauma KDRT Berkat Yoga

Pada saat masa tersulit, Endah mulai mencoba menekuni hobi yang baik untuk kondisi jiwa yaitu yoga, handcraft dan beberapa olahraga lainnya untuk mengusir kesedihannya. Dia juga ingin membuka diri untuk membuka pertemanan baru dalam hal yang positif.

KLIK HALAMAN SELANJUTNYA untuk kisah Endah menyembuhkan diri dari trauma perceraian dan KDRT dengan yoga.

Selanjutnya
Halaman
1 2