10 Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Simple dan Menarik

Arina Yulistara - wolipop Kamis, 20 Jan 2022 15:31 WIB
Contoh daftar riwayat hidup. Foto: Dok. Canva Contoh daftar riwayat hidup. Foto: Dok. Canva
Jakarta -

Kini membuat contoh daftar riwayat hidup tidak lagi harus berlembar-lembar yang terkesan bertele-tele. Namun contoh daftar riwayat hidupmu juga jangan terlalu ringkas sehingga banyak poin terlewatkan. Berikut contoh daftar riwayat hidup.

Kunci membuat daftar riwayat hidup yang bagus adalah ringkas tapi penuh informasi di dalamnya. Banyak contoh daftar riwayat hidup yang super ringkas tapi terlihat menarik karena semua informasi sudah tertuang di dalamnya. Contoh daftar riwayat hidup yang simple dan modern bisa menarik perhatian calon pemberi kerja.

Ada pun tips yang perlu kamu lakukan saat membuat contoh daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan, baik fresh graduate maupun berpengalaman. Buat kamu yang sudah punya pengalaman kerja, tentu harus bisa membuat contoh daftar riwayat hidup yang lebih baik dan semenarik mungkin.

Berikut tips menulis contoh daftar riwayat hidup dan resume yang simple dan menarik:

1. Tonjolkan kemampuan dalam bekerja

Mengutip dari CNBC International, salah satu tips dalam menulis contoh daftar riwayat hidup yang baik dengan menonjolkan kemampuan dalam bekerja. Tunjukkan pula kemampuan beradaptasi dan fleksibilitasmu kepada pemberi kerja.

Pemikiran kritis dan pemecahan masalah, komunikasi, kolaborasi, serta kerja sama tim juga penting bagi pengusaha saat ini. Kamu perlu menonjolkan prestasimu di perusahaan sebelumnya dan bagaimana kontribusi untuk kantor tersebut.

2. Sajikan narasi yang menarik

Soal resume harus ditulis dengan narasi yang menarik. Kamu bisa menceritakan dengan jelas mengenai pengalaman dan keterampilan sebagai bahan pertimbangan kuat untuk menempati posisi yang dilamar.

Sementara contoh daftar riwayat hidup juga harus mencakup informasi jelas, terutama terkait kontak pribadi, penulisan yang profesional. ringkasan baik, dan bidang keahlian tersusun rapi.

3. Tunjukkan kemampuan beradaptasi dengan perubahan zaman

Kamu juga perlu menunjukkan kemampuan beradaptasi dengan perubahan zaman pada contoh daftar riwayat hidup. Misalnya saja, selama pandemi kamu pernah mengambil peran yang mampu meningkatkan penjualan secara online maka bisa ditulis secara jelas.

4. Tambahkan posisi pekerjaan yang pernah dilakukan pada bagian atas

Saat menulis contoh daftar riwayat hidup, penting memperhatikan area judul. Tambahkan posisi pekerjaan yang pernah dilakukan pada bagian atas daftar riwayat hidup.

Misalnya saja, seorang perekrut meninjau lusinan daftar riwayat hidup untuk mengisi peran akuntan. Yang diperlukan hanyalah judul relevan dengan huruf tebal di bagian paling atas untuk segera menarik perhatian mereka.

Ini bisa membantu menunjukkan bahwa kandidat tersebut berpotensi cocok untuk pekerjaan itu. Letakkan informasi mengenai posisi pekerjaanmu sebelumnya pada bagian atas, sebagai tajuk (di bawah nama dan informasi kontakmu).

Kamu bisa menambahkan tulisan;

Certified Public Accountant
Senior Staff Accountant
Digital Marketing Manager

5. Tambahkan profile media sosial dan LinkedIn

Tidak lupa menambahkan link media sosial dan profil LinkedIn ke dalam contoh daftar riwayat hidupmu. Sayangnya, masih banyak orang yang melewatkannya.

Banyak perekrut yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang dirimu, selain dari contoh daftar riwayat hidup yang telah dikirimkan. Faktanya, sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa memiliki profil LinkedIn yang komprehensif dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan wawancara kerja sebesar 71%.

Berikut contoh daftar riwayat hidup yang simple dan menarik:

Contoh Daftar Riwayat Hidup 1:

Contoh Daftar Riwayat HidupContoh Daftar Riwayat Hidup Foto: Contoh Daftar Riwayat Hidup

Contoh Daftar Riwayat Hidup 2:

Contoh Daftar Riwayat HidupContoh Daftar Riwayat Hidup Foto: Contoh Daftar Riwayat Hidup

KLIK HALAMAN SELANJUTNYA untuk contoh daftar riwayat hidup lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2