ADVERTISEMENT

Mengenal Apa Itu Portofolio Kerja dan Contohnya untuk Melamar Pekerjaan

Arina Yulistara - wolipop Senin, 15 Nov 2021 09:15 WIB
Portofolio dan contohnya Apa itu portofolio dan contohnya. Foto: Dok. Canva
Jakarta -

Sering diminta portofoliomu saat melamar kerja? Mungkin selama ini salah memahami apa itu portofolio. Jangan sampai hanya karena kamu kurang paham apa itu portofolio kerja dan contohnya membuatmu gagal mendapatkan pekerjaan.

Untuk itu, yuk mengenal lebih jelas mengenai apa itu portofolio dan contohnya yang bisa memudahkanmu saat melamar kerja.

Apa Itu Portofolio Kerja?

Sebelum memahami konsep apa itu portofolio kerja dan contohnya, ada beberapa makna dari portofolio itu sendiri. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dijelaskan mengenai apa itu portofolio.

1. Apa itu portofolio? Tas untuk surat-surat; sampul kulit
2. Apa itu portofolio? Dompet
3. Apa itu portofolio? Pimpinan departemen
4. Apa itu portofolio? Gabungan pemilikan lebih dari satu saham, obligasi, komoditas, dan sebagainya oleh seseorang atau investor kelembagaan
5. Apa itu portofolio? Kumpulan pekerjaan peserta didik dengan maksud tertentu dan terpadu yang diseleksi menurut panduan-panduan yang ditentukan

Jadi memang ada beberapa maksud dari pertanyaan apa itu portofolio. Maknanya bisa berupa tas untuk surat-surat, kumpulan dokumen yang telah diseleksi, hingga terkait finansial.

Jika kamu mencari makna apa itu portofolio untuk melamar kerja maka berarti bisa mengambil makna dari nomor lima. Dilansir dari The Balance Career, apa itu portofolio kerja adalah kumpulan contoh pekerjaan yang menunjukkan kemampuanmu kepada calon pemberi kerja, bisa dalam bentuk online, kertas atau keduanya.

Bagaimana dengan maksud apa itu portofolio online? Makna apa itu portofolio online adalah salah satu cara bagi pencari kerja untuk menunjukkan hasil karyanya lewat online. Jadi kamu bisa mengembangkan web portofolio mereka sendiri atau menggunakan pihak ketiga seperti LinkedIn untuk mengumpulkan hasil pekerjaan mereka.

Portofolio dan contohnyaPortofolio dan contohnya Foto: Dok. Canvalia

Contoh dan Tips Membuat Portofolio Kerja

Setelah mengenal apa itu portofolio kerja, sudahkah mengerti bagaimana membuatnya menjadi menarik? Berikut pemahaman soal contoh dan tips membuat portofolio kerja.

Apa itu portofolio dan contohnya bisa dilihat dari profesimu. Contoh portofolio seorang penulis bisa mengumpulkan artikel terbaik mereka. Berbeda dengan seorang desainer web akan memiliki sampel dari situs web terbaik mereka.

Bagaimana dengan contoh seorang portofolio seorang guru? Contoh portofolio guru bisa mengumpulkan contoh pekerjaan siswa dan rencana pelajaran yang paling dibanggakan.

Portofolio dan contohnyaPortofolio dan contohnya Foto: Dok. Canvalia

Kamu harus mengingat apa itu portofolio yang bisa memberikan bukti nyata kepada calon pemberi kerja, tentang pencapaian, keterampilan, dan kemampuan. Ini akan menunjukkan ruang lingkup dan kualitas dirimu.

Jika bekerja dibidang kreatif maka perlu mengumpulkan portofolio untuk mendapatkan pekerjaan. Di sebagian besar bidang kreatif, termasuk menulis, desain web, desain grafis, periklanan, fotografi, dan videografi, portofolio diperlukan untuk mendapatkan pekerjaan.

Meski tidak dalam industri kreatif pun, apa itu portofolio kerja yang kamu miliki bisa membuatmu terlihat lebih unggul. Sebagai contoh, kamu bisa menyertakan presentasi atau gambar dari proyek yang pernah diselesaikan.

Ingat, apa itu portofolio harus mencerminkan kemampuan terbaikmu dalam bekerja. Kalau masih tidak yakin dengan portofolio saat ini, coba diskusikan dengan rekan terdekat.

Tips Agar Portofolio Kerja dan Contohnya Terlihat Menarik...KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Berikut tips agar portofolio kerja terlihat menarik:

1. Jika membuat contoh portofolio online maka tunjukkan kredensial dan informasi pribadi dengan cara fungsional, ramah pengguna, dan menyenangkan secara estetika.

2. Pertimbangkan menyertakan halaman 'about me' dengan informasi mengenai latar belakang dan kontak yang bisa dihubungi.

3. Manfaatkan situs yang telah ada untuk membangun apa itu portolio kerja yang kamu miliki. WordPress dan Squarespace menjadi situs favorit untuk menyimpan portofolio kerja. Bisa pula situs lain seperti Muck Rack yang berguna untuk jurnalis memamerkan klip tulisan mereka. Sementara seorang desainer bisa memanfaatkan situs portofolio seperti Behance dan Dribble.

4. Jika membuat portofolio cetak maka cetak pekerjaan di atas kertas premium. Atur dokumen dalam folder, map, atau tas kulit yang bagus.

5. Pamerkan portofolio yang paling bagus dan membanggakan secara mencolok. Kelompokkan sesuai dengan konsep yang kamu miliki dalam mengatur portofolio kerja.

Setelah memahami apa itu portofolio kerja dan contohnya, lalu kini sudah mengembangkannya maka sesekali perlu memeriksa untuk memastikan semuanya masih bisa diakses. Tambahkan karya terbaru dan periksa apakah ada gambar yang rusak, link tak berfungsi, atau informasi tak penting lagi.

Untuk memaksimalkan eksposur apa itu portofolio kerjamu maka perlu menambahkan link portofoliomu ke resume dan sebutkan pula dalam surat pengantar. Bahkan kamu bisa menyertakan link tersebut dari tanda tangan e-mail.

Disarankan untuk menjadwalkan waktu setiap bulan atau lebih untuk memperbarui portofoliomu sehingga semua kreasi serta pencapaian terbaru bisa terlihat. Yuk rapikan portofoliomu sekarang!

(eny/eny)