Viral Kisah Guru Bergaji Rp 350 Ribu di Brebes, Pulang Mengajar Jadi MUA

gaf - wolipop Rabu, 27 Okt 2021 06:00 WIB
Foto Minha, seorang guru honorer yang menjadi MUA. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @minhamua. Foto Minha, seorang guru honorer yang menjadi MUA. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @minhamua.
Brebes -

Setiap orang tentu ingin memiliki kehidupan yang jauh lebih baik daripada sebelumnya. Seperti kisah guru honorer ini yang demi memiliki penghasilan tambahan dan kehidupan lebih baik, harus bekerja lagi menjadi MUA usai mengajar di sekolah.

Kisah yang kini viral tersebut dibagikan oleh akun TikTok @minhamua. Ia memperlihatkan momen saat dirinya sedang siap-siap menuju sekolah, dengan mengendarai sepeda motor. Dia kemudian terlihat membawa perlengkapan makeup usai mengajar.

"Semoga lelahku jadi berkah 💖. Guru honorer gaji RP 350 ribu cek. Ke sekolah bawa perlengkapan alat makeup. Dari pagi sampai siang mengajar. Selesai mengajar langsung ke lokasi. Langsung makeup klien," tulis akun TikTok @minhamua.

Ketika jam mengajar berakhir, sang guru honorer pun beralih profesi menjadi MUA. Ia menuju rumah kliennya dengan masih mengenakan seragam mengajar. Kegigihannya dalam mencari nafkah itu langsung viral di media sosial.

"Guru honorer harus punya usaha sampingan. Masih pakai seragam "menyelam sambil minum air", kalau nggak punya sampingan semua kebutuhan tak tercukupi Semangat semoga lelahku jadi berkah," tuturnya lagi.

@minhamua

Semog lelahku jadi berkah 💖

♬ suara asli - MINHA MUA

Hingga Senin (25/10/2021) video tersebut sudah dilihat lebih dari 846 ribu Views, mendapat 67,3 ribu Likes dan 3.112 komentar. Warganet ada yang memuji dan takjub dengan aksi guru tersebut.

"Menurutku pekerjaan mulia tapi bayar minim jatuh pada guru honorer!! Padahal mereka kerjanya lebih dibanding yang PNS," ucap akun @adhel.

"Keren banget makeupnya sukses selalu yah," ujar pengguna TikTok @wiwikjulian.

"Definisi menjadi guru adalah cita-cita dan menjadi mua menjalankan hobby," tutur akun @user4311388225539.

"Tetap semangat mba, guru honorer bukan dilihat dari gajinya tapi jasanya guru tidak ternilai dengan apapun semoga lelahnya berubah menjadi Lillah," doa akun @Math_212.

"Kata temen aku yang guru juga "Kalau cari uang, jangan jadi guru. Tapi cari ladang pahala, baru deh pilih guru" Terimakasih para gurus atas perjuanganya," timpal akun @Beudis.

"Ikhlaskan, semoga sehat selalu. Soal cukup, biar Allah yang cukupkan. Karena mengajar adalah panggilan hati, sehat selalu," takjub akun @Ratu.

Viral kisah guru honorer sekaligus menjadi MUA.Viral kisah guru honorer sekaligus menjadi MUA. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @minhamua.


Konfirmasi Wolipop

Wolipop sudah mewawancarai Min Ayatin Ainun Siha S.Pd atau akrab disapa Minha, yang mengunggah kisahnya di TikTok. Minha sehari-harinya tinggal di Desa Cikuya Banjarharjo, Brebes, Jawa Tengah dan menjadi guru honorer di sekolah dasar.

Minha mengungkapkan kisah di balik video TikTok yang diunggahnya. Momen dalam video tersebut adalah saat dia harus merias klien yang akan melakukan prewedding.

"Ceritanya pas hari Sabtu tanggal 23 Oktober 2021, mau makeup prewedding dan rencana buat makeupnya setelah selesai mengajar dari sekolah langsung ke lokasi klien. Makanya pas mau berangkat sekolah saya langsung bawa-bawa peralatan makeup biar tidak usah balik lagi ke rumah dan kebetulan lokasi klien satu arah ke sekolahan," ungkap Minha kepada Wolipop, Senin (25/10/2021).

Wanita 26 tahun itu merupakan lulusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Dia menjadi guru SD sudah sejak 2019. Ia mengungkapkan jika menjadi guru adalah panggilan hatinya.

Foto Min Ayatin Ainun Siha S.Pd, guru honorer yang menjadi MUA.Foto Min Ayatin Ainun Siha S.Pd, guru honorer yang menjadi MUA. Foto: Dok/Minha.

"Karena sudah panggilan hati dari awal kuliah niat saya pengen jadi guru. Dan dulu waktu kecil kalau ditanya apa cita-citanya ingin menjadi anak yang bermanfaat. Setidaknya dengan saya mengajar ini sebagai pengabdian saya bisa memberikan manfaat untuk orang lain, meskipun tidak seberapa," tutur Minha panjang lebar.

Minha pun mengungkapkan gaji awal saat ia mulai mengajar sebagai guru honorer Rp 300 ribu sebulan. Seiring berjalannya waktu gajinya sedikit bertambah.

"Saya mengajar dapat gaji Rp 300.000/bulan, lalu jadi Rp 350.000 dan sekarang Rp 450.000/bulan. Kadang gaji honorer tidak setiap bulan cair, kadang dua bulan baru gajian. Makanya guru kalau nggak punya sampingan repot," tuturnya.

Lalu mengapa Minha tertarik untuk menjadi MUA? Klik halaman selanjutnya....

Selanjutnya
Halaman
1 2