Tolak Semua Tawaran Iklan, Filosofi Hidup Kakek 001 Squid Game Bikin Haru

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 22 Okt 2021 13:30 WIB
Oh Young Soo Foto: Netflix
Jakarta -

Popularitas para pemain Squid Game bisa dibilang melonjak pesat setelah drama Korea Netflix tersebut mendunia. Tak hanya berpengaruh pada follower Instagram tentu mereka juga kebanjiran tawaran pekerjaan, termasuk Oh Young Soo. Aktor veteran yang berperan sebagai Pemain 001 itu sayangnya menolak semua tawaran iklan.

Setelah sukses lewat Squid Game, Oh Young Soo akhirnya tampil dalam sebuah wawancara di acara How Do You Play di stasiun MBC. Bersama Yoo Jae Suk dan Mijoo Lovelyz, pria 77 tahun itu mengungkap bagaimana perasaannya tiba-tiba jadi terkenal hingga filosofi hidup yang membuat para presenter dan penonton terharu.

Diakui Oh Young Soo bahwa kini ia dikenali orang-orang hingga sesama aktor menghubunginya untuk memberi pujian. "Sekarang aku tiba-tiba jadi terkenal, sesama aktor meneleponku, seperti Park Jung Ja dan beberapa lain. Dia bertanya, 'Bagaimana rasanya jadi bintang dunia?'"

Oh Young SooOh Young Soo Foto: MBC

"Beberapa hal berubah sedikit. Bahkan ketika aku pergi ke kafe atau tempat seperti itu, aku harus sadar (bagaimana tampil di mata orang lain). Itu membuatku berpikir, 'Menjadi terkenal itu sulit juga'" katanya.

Bicara tentang jadi terkenal, Oh Young Soo mengaku mendapat banyak tawaran iklan, termasuk dari brand ayam goreng. Tapi hingga kini pemain Spring, Summer, Fall, Winter, and Spring itu belum menerima salah satunya. Apa alasannya? "Aku merasa seperti terbang. Itu membuatku berpikir aku perlu menenangkan diri, mengelola pemikiranku, dan menahan diri sekarang,"

"Banyak orang menghubungiku dan karena aku tidak punya manajer, sulit untukku menerima semua panggilan dan pesan. Jadi anakku membantuku," tutur Oh.

Oh Young SooOh Young Soo Foto: MBC

Oh Young Soo mengaku sudah tidak memiliki ambisi dalam kariernya. Dalam wawancara, aktor yang karakternya menjadi 'plot twist' dalam Squid Game ini mengatakan tidak berniat mengejar posisi satu. Filosofi hidupnya yang sederhana bahkan membuat Mijoo menitikan air mata.

"Masyarakat kita sering menjunjung posisi pertama seperti orang lain tidak penting. Seperti jika posisi satu ada, posisi dua tidak berarti. Tapi bahkan jika posisi dua kalah, dia sudah mengalahkan posisi ketiga. Jadi semua orang adalah pemenang. Itu mengapa aku pikir pemenang sebenarnya adalah orang yang bekerja keras pada hal-hal yang mereka ingin lakukan dan mencoba mencapai posisi tertentu dalam hati,"

Pria tersebut lanjut bercerita mengenai prinsip hidupnya yang tidak punya ambisi. "Aku tidak punya ambisi besar. Kecil atau besar, aku menerima banyak hal selama hidup. Sederhananya, sebut saja kamu pergi ke gunung dan melihat bunga. Ketika muda, kamu akan mengambil bunga untuk diri sendiri. Ketika kamu sudah mencapai usiaku, kamu akan meninggalkannya untuk dilihat lagi nanti. Sama seperti hidup. Tinggalkan seperti apa adanya. Itu tidak mudah," kata Oh Young Soo.

(ami/ami)