Pilih Jadi Freelancer? Catat 5 Tips Ini agar Finansialmu Tetap Sehat

Faidah Umu Sofuroh - wolipop Jumat, 24 Sep 2021 18:36 WIB
Ilustrasi Freelancer Foto: Shutterstock
Jakarta -

Kini banyak orang yang memilih bekerja sebagai seorang freelancer. Selain memiliki jam kerja yang fleksibel, seorang freelancer juga bisa mengontrol sendiri beban kerja yang ia ambil dan bisa bekerja di mana saja.

Namun, menjadi seorang freelancer juga memiliki tantangan tersendiri, salah satunya seperti pendapatan yang tidak menentu. Oleh karena itu freelancer dituntut untuk memiliki manajemen keuangan yang baik.

Melansir digest.myhq, berikut 5 tips agar keuangan pekerja freelance tetap sehat.

1. Catat Pendapatan

Sumber penghasilan pekerja freelance tidak hanya dari satu sumber. Oleh karena itu penting untuk mencatat dan melacak pendapatan setiap bulannya. Dengan catatan itu, maka kamu dapat mengalokasikan pengeluaran dengan lebih bijak.

2. Kontrol Pengeluaran

Mencatat segala pengeluaran juga sama pentingnya. Dengan mencatat pengeluaran, kamu bisa melakukan evaluasi, manakah pengeluaran yang kurang penting di bulan itu dan bisa dipangkas di bulan berikutnya. Dengan begitu kamu bisa berhemat dan mengeluarkan uang hanya untuk kebutuhan yang penting saja.

3. Buat Anggaran Bulanan

Meski pendapatan tidak tetap tapi kamu juga harus tetap membuat anggaran sesuai dengan pendapatanmu bulan itu. Idealnya alokasikan 50% untuk kebutuhan bulanan, 30% untuk dana fleksibel, dan 20% untuk tabungan.

4. Buat Tabungan Jangka Pendek & Panjang

Tabungan pun bisa kamu bagi 2 yaitu tabungan jangka pendek dan panjang. Tabungan jangka pendek biasanya untuk keperluan yang darurat. Sedangkan tabungan jangka panjang bisa kamu sebut 'asuransi' jika suatu saat pekerjaanmu sedang tidak berjalan mulus. Idealnya tabungan jangka panjang besarnya tiga hingga empat kali penghasilan per bulan.

5. Gunakan Cashless untuk Bertransaksi

Dengan transaksi cashless, pengeluaran kamu bisa tercatat dengan lebih rapi dibandingkan dengan menggunakan uang cash. Selain itu, biasanya dengan transaksi cashless menggunakan dompet digital, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan berupa promo-promo atau diskon dari dompet digital tersebut.

Dompet digital DANA bisa jadi pilihan terbaik karena DANA mendukung finansialmu tetap sehat & Bebas Bokek dengan fitur-fiturnya. Salah satunya yaitu gratis biaya admin setiap top up dan transfer sehingga bisa mengurangi pengeluaran.

Selain gratis biaya admin, DANA juga punya fitur SmartPay. Fitur ini menjadi salah satu fitur favorit banyak pengguna DANA. Sebab, kamu bisa menggabungkan saldo DANA dengan saldo bank.

Ilustrasi FreelancerFoto: DANA

Oiya, untuk tau lebih dalam mengenai karir & finansial, kamu juga bisa lho belajar dari DANA & Nazhiira Nadia, founder dari Sisters Advocacy. Caranya dengan nonton video 'Menjadi Wanita Karir Sambil Menjaga Adat Keluarga' di YouTube DANA. Buat kamu yang penasaran dengan obrolan seru dengan Nazhira, bisa cek videonya di sini.

Nah, mulai sekarang yuk bikin kondisi finansialmu jadi #BebasDrama bareng DANA. Gunain fitur-fitur DANA yang bikin Bebas Bokek & tonton video YouTube-nya. Download & pakai DANA sekarang!

(akd/ega)