liputan khusus pejuang SMBPTN

Ini Kisah Para Pejuang SBMPTN, Ada yang 9 Kali Gagal Dulu Baru Diterima PTN

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 19 Jun 2021 16:00 WIB
Kisah perjuangan Fariq Fauzi. Foto: Dok. Twitter @fariqfauzi_.
Jakarta -

Menjadi mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) merupakan idaman bagi setiap siswa SMA. Apalagi ketika kamu bisa masuk melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Pengumuman hasil SBMPTN tersebut telah dilakukan pada Senin (14/6/2021). Ada yang merasa bahagia karena bisa lolos seleksi masuk PTN. Namun tak sedikit siswa yang merasa kecewa karena tak diterima di kampus impian.

Seperti kisah perjuangan tiga siswa ini yang telah melewati berbagai rintangan, agar bisa diterima di PTN. Ada yang mencoba selama tiga tahun hingga ada yang pernah gagal sampai sembilan kali SBMPTN.

Kisah pertama dari Fariq Fauzi yang berhasil diterima melalui jalur SBMPTN LTMPT 2021 di Institut Tekologi Bandung, fakultas Teknik Mesin & Dirgantara (FTMD). Di balik keberhasilannya, Fariq sebelumnya mengalami kegagalan sejak 2019.

Kisah perjuangan Fariq Fauzi.Kisah perjuangan Fariq Fauzi. Foto: Dok. Twitter @fariqfauzi_.

Tak jauh berbeda dengan Fariq, Nisa Laili Nursya'baana atau biasa dipanggil Nisa juga gagal ujian masuk PTN favorit pertamanya. Bahkan Nisa tak hanya sekali, dia gagal sampai sembilan kali.

"Aku awalnya lolos seleksi tahap SNMPTN di sekolah, aku seneng banget di situ karena udah dapet golden ticket buat masuk di UB. Dan ternyata saat di seleksi tahap universitas aku gagal. Aku sedih banget dan kecewa tentunya ngerasa gagal aja sama usahaku selama ini di SMA," ucap Nisa yang berhasil masuk PTN saat mengikuti tes SBMPTN kesepuluh kalinya.

Kisah terakhir dari Sophia Avira Ipaenen yang baru saja lulus SMA pada 1 Mei 2021. Sejak masuk SMA, ia sudah mempersiapkan diri untuk masuk jalur SNMPTN. Sayangnya dia tidak diterima.

"Jujur waktu ketolak aku sempat merasa sakit hati dan kecewa. Aku sudah berusaha mendapatkan nilai terbaik dari awal masuk SMA. Sehari ada 100 lebih soal untuk test masuk PTN," jelasnya.

Sophia pun berusaha agar ia bisa masuk ke kampus idamannya, Universitas Indonesia. Mulai dari mengikuti les tambahan dan bimbingan mata pelajaran lainnya. Hingga ia dinyatakan lulus seleksi SBMPTN LTMPT 2021 di Universitas Indonesia, jurusan ilmu sejarah.

Lalu seperti apa kisah lengkapnya? Simak artikel lengkapnya di Wolipop!

(gaf/eny)