Cerita Lengkap Istri Ungkap Gaji Suami Kerja Jadi Guru yang Viral Bikin Sedih

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 11 Jun 2021 12:00 WIB
Viral kisah istri yang membuka amplop honor suaminya sebagai seorang pengajar. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @dinifauzilestari.
Asahan -

Seorang wanita bernama Dini Fauzi Lestari, lewat akun TikToknya @dinifauzilestari membagikan curhatannya tentang gaji suaminya yang bekerja sebagai guru. Dini mengungkap berapa gaji yang diterima suaminya setelah mengajar selama satu bulan. Unggahan TikTok Dini ini viral karena membuat netizen kaget sekaligus sedih saat mengetahui isi amplop gaji suami Dini.

Dalam video yang diunggahnya, Dini memperlihatkan jumlah uang yang berada di amplop kecil warna putih. Amplop tersebut berisi pendapatan suaminya selama satu bulan mengajar. Dan ada pecahan uang Rp 100 ribu, Rp 20 ribu, Rp 5 ribu, dan Rp 2 ribu.

"Assalamualaikum hari ini suami aku pulang bekerja, setelah pulang mengajar. Dan ia memberikan amplop kepadaku. Mari kita hitung, satu, dua dan totalnya Rp 144 ribu. Ini hasil dia mengajar, selama satu bulan. Alhamdulillah rezeki mengajar," ucap TikTok @dinifauzilestari.

Hingga Kamis (10/6/2021) video viral tersebut sudah ditonton lebih dari 393 ribu Views, mendapat 12 ribu Likes dan 759 komentar. Warganet yang kaget dan sedih saat mengetahui gaji suami Dini yang bekerja sebagai guru, berusaha memberikan dukungan dan semangat untuk pasutri tersebut.

Viral kisah istri yang membuka amplop honor suaminya sebagai seorang pengajar.Viral kisah istri yang membuka amplop honor suaminya sebagai seorang pengajar. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @dinifauzilestari.

Wolipop mewawancarai Dini Fauzi Lestari yang mengunggah konten tersebut. Ia merasa terkejut ketika melihat postingannya viral di TikTok.

"Terkejut pas tahu banyak yang lihat. Aku baru tahu kalau viral sehari setelah upload video itu habis salat Subuh saya liat handphone, banyak notifikasi. Ternyata video banyak yang lihat, aku kaget," kata Dini, Kamis (10/6/2021).

Dini dan suaminya tinggal di Asahan, Sumatera Utara. Kehidupan sehari-hari mereka, sang suami bekerja di pagi hari sebagai guru dengan status kontrak di salah satu sekolah. Dan sore harinya suami Dini mengajar di madrasah.

Dini mengaku dia sudah meminta izin pada sang suami untuk membuat video TikTok saat membuka amplop gaji suaminya tersebut. "Pas suami pulang dari mengajar beliau memberikan amplop dan bilang 'dek ini dari ngajar' pas aku tanya berapa Rp. 144.000. Terus aku bilang 'ku buat video di tik tok ya,' pamit ke suami. Ya sudah katanya. Dan nggak ada maksud tidak bersyukur," jelasnya.

Viral kisah istri yang membuka amplop honor suaminya sebagai seorang pengajar.Foto keluarga Dini. Foto: Dok. Instagram @dinifauzilestari.

Dini membenarkan jika uang tersebut hasil dari suaminya mengajar. Melalui video TikToknya, dia hanya ingin memberikan informasi jika masih ada guru dengan gaji Rp 6 ribu/jam.

"Iya benar dengan perhitungan 1 minggu 6 jam pertemuan x Rp 6 ribu/ jam dan di kali 4 minggu. 1 minggu = 6jam mengajar x Rp 6 ribu. Membayangkan saja sekiranya ada guru yang hanya dari mengajar pendapatannya kan kasihan. Tapi di sini aku tahu benar bahwa yang dikasih sekolah segitu, karena kemampuan sekolahnya masih ditahap itu," rincinya.

Dini menyampaikan jika sekolah swasta tersebut baru mulai perbaikan. Karena sebelumnnya kurang diminati dan kepala sekolah yang sekarang baru. Jadi baru mulai perbaikan sistem di sekolah tersebut.

Foto suami Dini yang mengajar di rumah Tahfizh.Foto suami Dini yang mengajar di rumah Tahfizh. Foto: Dok. pribadi Dini Fauzi Lestari.

Ia mengaku tak bermaksud menyudutkan pihak sekolah. Dia hanya membagikan keadaan yang terjadi di wilayahnya. Suaminya sendiri sudah menjadi pengajar sejak tahun 2005.

"Seberapapun hasilnya rezeki mengajar itu berkah dan manis, bisa jadi mendapat keluarga yang sakinah mawaddah warahmah. Bisa jadi keturunan yang sholeh dan sholehah dan bisa jadi dihindarkan Allah dari hutang," ujarnya dengan ramah.

Dini dan suami pun tetap bersyukur dengan pendapatannya. Keduanya juga memiliki rumah Tahfizh (penghafal Al-Qur'an) yang biaya pembangunannya dari uang pensiun orangtua.

"Kami juga ada rumah Tahfizh yang dibangun dari hasil pensiunan orangtua (ibu) dulu beliau juga guru. Dan karena suami Alhamdulillah seorang hafizh makanya kami ikut mengelolanya. Mungkin inilah rezeki mengajar manis dan berkah dari orangtua kami," pungkasnya.

(gaf/eny)