8 Fakta Nora al-Matrooshi, Astronot Wanita Arab Pertama

Annissa Kamila - wolipop Minggu, 09 Mei 2021 19:30 WIB
Nora al Matrooshi, astronot wanita Arab pertama Foto: Dok. Instagram MBRSPacecentre/Nora al-Matrooshi
Jakarta -

Nora al-Matrooshi menjadi salah satu dari dua astronot baru Uni Emirat Arab (UEA) yang akan bergabung dengan Kelas Kandidat Astronot 2021 NASA di Amerika Serikat. Nora terpilih dari lebih dari 4.000 kandidat untuk menjadi bagian dari program ini.

Kabar suka cita ini diumumkan melalui Twitter Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA, Mohammed bin Rashid al-Moktoum pada Sabtu, 10 April 2021. Wanita kelahiran 1993 ini resmi menjadi astronot wanita Arab pertama di dunia. Hanya 65 wanita dari seluruh dunia yang pernah berada di luar angkasa, dan Nora al-Matrooshi sedang dalam perjalanan untuk menjadi yang ke-66.

Dengan terpilihnya Nora al-Matrooshi menjadi bagian dari perjalanan antariksa ini menjadikannya salah satu inspirasi karena berhasil menjadi astronot pertama wanita Arab di dunia.

Berikut ini adalah fakta-fakta mengenai Nora al-Matrooshi:

1. Seperti dikutip dari Vogue Arabia, Nora al-Matrooshi lahir pada 1993 di Kota Sharjah, Uni Emirat Arab. Dia mengenyam pendidikandi Universitas Uni Emirat Arab pada 2015 dan lulus dengan gelar sarjana di bidang teknik mesin.

2. Nora mengalahkan lebih dari 4.000 peserta untuk dilatih dalam misi eksplorasi ruang angkasa yang digelar NASA.

3. Nora merupakan anggota dari American Society of Mechanical Engineers. Dia saat ini bekerja sebagai insinyur di National Petroleum Construction Company yang berpusat di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Nora al Matrooshi, astronot wanita Arab pertamaNora al Matrooshi, astronot wanita Arab pertama Foto: Dok. Instagram MBRSPacecentre

4. Nora al-Matrooshi merupakan pengelola proyek untuk Perusahaan Minyak Nasional Abu Dhabi.

5. Nora pernah mendapatkan peringkat pertama di UEA dalam Olimpiade Matematika Internasional pada 2011.

6. Nora al-Matrooshi terpilih untuk Program Duta Muda UEA 2013 di Korea Selatan.

7. Nora yang kini berusia 27 tahun pernah menjadi perwakilan UEA di Konferensi Pemuda Internasional PBB pada 2018 dan 2019.

8. Sangat mencintai antariksa sejak kecil, Nora al-Matrooshi gemar melihat bintang serta menikmati pemandangan benda-benda langit saat malam hari. Dia juga sangat menyukai acara pengamatan bintang dan pelajaran tentang luar angkasa di sekolahnya.

(eny/eny)