Viral Pemilik Restoran Kemalingan, Justru Tawarkan Kerjaan untuk Pencurinya

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 01 Mei 2021 16:10 WIB
Ilustrasi Pencurian Rumah Ilustrasi Pencurian. Foto: Edi Wahyono
Augusta -

Nasib sial dialami seorang pemilik restoran di kawasan Augusta, Georgia, Amerika Serikat. Restoran yang dikelolanya kemalingan dan kacanya dirusak pencuri. Responsnya setelah kejadian tak disangka-sangka dan membuat kagum.

Peristiwa pencurian terjadi pada 3 April 2021. Kala itu maling menyatroni restoran Diablo's Southwest Grill miliknya dengan memecahkan kaca.

Dari rekaman CCTV, tampak pelaku beraksi sendirian dan menggondol sebuah tas dari arah dapur. Marah dan kesal tentu saja menjadi reaksi pertama Carl Wallace, sang pemilik restoran, begitu tahu restorannya dirampok.

Namun kemarahan itu segera berubah jadi rasa iba dan empati. Respons Carl Wallace terhadap tindakan pencurian itu pun tak terduga. Alih-alih melapor ke polisi, dia justru menawarkan pencuri tersebut pekerjaan.

Pencurian di Diablo's Southwest Grill, Georgia.Pencurian di Diablo's Southwest Grill, Georgia. Foto: Dok. Facebook/Diablo's Southwest Grill

"Reaksi pertamaku adalah marah dan frustasi... seperti yang dirasakan orang-orang pada umumnya. Setelah kemarahanku mereda, aku mencoba melihat kejadian ini dari sudut pandang berbeda," ujar Carl Wallace, seperti dikutip dari Elite Readers.

Dia pun mencoba menghubungi sang pencuri lewat unggahan di Facebook dan membuka lowongan pekerjaan. Menurutnya memberi mereka kesempatan untuk bekerja akan lebih baik ketimbang memenjarakannya.

"Buat pelaku yang mungkin sedang berjuang mengambil keputusan hidup atau punya masalah keuangan... mohon datang untuk melamar pekerjaan. Ada kesempatan yang lebih baik di luar sana daripada jalan yang telah kamu pilih," tulis Carl Wallace di laman Facebook resmi Diablo's Southwest Grill.

Pengusaha ini pun mencantumkan nomor telepon yang bisa dihubungi oleh pencuri dan menjamin tidak akan ada polisi maupun interogasi saat dia datang melamar. Tapi dia hanya ingin bicara dari hati ke hati.

Pencurian di Diablo's Southwest Grill, Georgia.Pencurian di Diablo's Southwest Grill, Georgia. Foto: Dok. Facebook/Diablo's Southwest Grill

"Mari duduk bersama dan bicara bagaimana kami bisa membantu kamu," tulisnya lagi.

Unggahan Carl Wallace kemudian jadi viral dan banjir pujian dari netizen. Menurut Carl cara persuasif seperti itu akan lebih efektif mengurangi tindak kriminal daripada langsung menghukum pelaku.

"Saya memutuskan menawarkannya bantuan dalam hidup daripada memakai sistem yang tidak pernah berhasil selama 200 tahun ini. Tindak kriminal... dipenjara... susah cari kerja karena latar belakang kriminal sama saja membuat mereka kembali ke kehidupan kriminal dan siklus itu terulang terus," jelasnya.

Namun gayung belum bersambut untuk niat baik Carl Wallace. Hingga berita ini diturunkan tidak ada kabar dari sang pencuri maupun keberadaannya.

(hst/hst)
dMentor
×
Franchise Bisnis Kecantikan hingga Pelosok Daerah
Franchise Bisnis Kecantikan hingga Pelosok Daerah Selengkapnya