10 Profesi dengan Gaji Tinggi dan Tingkat Stres Rendah untuk Introvert

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 20 Apr 2021 09:40 WIB
Sitting At A Desk And Working With Her Laptop Computer In The Office Foto: iStock
Jakarta -

Di setiap bidang atau pekerjaan pasti ada orang yang berkepribadian ekstrovert atau introvert. Meski begitu, ada beberapa profesi yang bukannya lebih cocok tapi dinilai bisa membuat introvert lebih berkembang. Seperti diketahui, umumnya introvert lebih suka bersikap tenang dan mengamati dari pada langsung mengekspresikan diri. Berdasarkan ciri khasnya, berikut 10 profesi terbaik dengan gaji tinggi dan tingkat stres rendah untuk introvert.

1. Peneliti
Banyak karier di dunia sains yang cocok untuk introvert, termasuk peneliti. Dalam pekerjaan ini, introvert akan banyak bekerja sendiri yang membuat mereka lebih nyaman. Dikenal suka menggali dan peduli dengan detail, introvert juga bakal menikmati profesinya yang banyak mengeksplor hal-hal baru.

2. Insinyur
Insinyur memang banyak macamnya. Kamu yang merasa punya kepribadian introvert dalam mempertimbangkan diri untuk terjun ke dunia teknik kimia, mesin, sipil, dan lain-lain. Kebanyakan profesi insinyur membutuhkan dedikasi dan konsentrasi tanpa terlalu banyak sosialisasi.

3. Web Developer
Web developer umumnya hanya membutuhkan komputer dan internet untuk bekerja. Kamu yang punya ketertarikan di bidang komputer dan seorang introvert cocok mempertimbangkan karier ini karena tak perlu banyak interaksi. Banyak introvert merasa lebih fokus bekerja ketika tidak banyak kebisingan di sekitar mereka.

4. Graphic Designer
Pekerjaan independen lain yang cocok untuk seorang introvert adalah graphic designer. Terutama kamu yang jago dalam storytelling secara visual, bekerja dengan imajinasi sendiri tentu lebih menyenangkan. Umumnya kamu tetap akan berkonsultasi dengan klien atau rekan sehingga tak terlalu merasa sendirian.

5. Freelancer
Berdasarkan studi, introvert cocok menjadi pemimpin atau pengusaha yang menciptakan jalan karier sendiri. Hal tersebut bisa dimulai dengan menjadi pekerja freelance yang tidak terikat dengan bos atau rekan. Hal itu tentu akan membuat mereka lebih nyaman karena punya kebebasan dan fleksibilitas, termasuk untuk bekerja dari rumah.

6. Penulis
Kamu yang punya ketertarikan menulis sekaligus keinginan untuk bekerja di rumah mungkin cocok dengan profesi satu ini. Penulis juga biasanya hanya perlu sumber dan pemikirannya sendiri untuk mengelola pekerjaan. Tak jarang mereka bahkan harus menyendiri di satu tempat agar bisa berkonsentrasi dengan maksimal.

7. Admin Media Sosial
Seiring dengan popularitas media sosial dan selebgram, pekerjaan sebagai admin juga semakin dibutuhkan. Apalagi hampir semua brand atau perusahaan kini memerlukan presentasi mereka di dunia online. Pekerjaan ini tepat buat kamu yang jago bermain dengan estetika visual juga kata-kata.

8. Dokter Hewan/Gigi
Dibandingkan jenis dokter lain, dokter hewan dan gigi adalah yang paling cocok untuk seorang introvert karena kebanyakan interaksi berlangsung 'one on one' dengan pasien. Kedua pekerjaan ini juga butuh pemecahan masalah dan pemikiran analitis yang disukai introvert.

9. Terapis
Tak hanya suka sendiri, introvert juga dikenal dengan pemikiran mereka yang dalam, mendengarkan dengan empati, hingga bisa membantu orang menyadari diri mereka sendiri. Kemampuan tersebut membuat introvert cocok jadi terapis terkait kesehatan mental.

10. Koki pribadi
Koki bisa menjadi profesi yang membuat kewalahan secara fisik dan mental. Untuk introvert yang lebih suka ketenangan, profesi sebagai koki pribadi rasanya bisa membuat mereka lebih berkembang. Pekerjaan itu dapat mendorong kamu menyalurkan kemampuan masak tanpa merasakan 'panas' dapur restoran.

(ami/ami)