Inspiratif! Ingin Kerja di NASA, Gadis Jenius Ini Kuliah di Usia 12 Tahun

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 15 Apr 2021 11:08 WIB
Alena Wicker, who lives in Texas, will be virtually attending Arizona State University this May after she graduates high school.
Credit: Daphne McQuarter Foto: Daphne McQuarter via People.com
Jakarta -

Umumnya seseorang baru akan menduduki bangku perkuliahan ketika usianya sekitar 18 tahun, tetapi tidak dengan gadis jenius yang satu ini. Memiliki cita-cita menjadi orang kulit hiitam termuda yang bekerja di NASA, gadis ini sudah mempersiapkan perkuliahannya di usia yang masih sangat belia.

Seperti dikutip dari People, gadis 12 tahun bernama Alena Wicker itu saat ini telah menyiapkan kelulusannya dari pendidikan tingkat SMA sebelum masuk ke Arizona State University pada bulan depan. Gadis asal Texas itu bahkan berencana untuk mengambil dua jurusan kuliah sekaligus.

Kedua jurusan yang akan diambilnya itu adalah ilmu astronomi dan planet, serta kimia. Dirinya berharap jurusan tersebut suatu saat akan membawanya untuk masuk dan bekerja di NASA.

Alena Wicker, who lives in Texas, will be virtually attending Arizona State University this May after she graduates high school.Credit: Daphne McQuarterAlena Wicker. Foto: Daphne McQuarter via People.com

Kepada Good Morning America, Alena Wicker mengatakan bahwa dirinya memang sudah mencintai STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) sejak kecil. Alena sendiri sangat gemar bermain dengan berbagai jenis lego. Saat ini dirinya sudah pernah membuat lego berbentuk Taj Mahal, kastil Disney, Millenium Falcon, hingga pesawat ruang angkasa Apollo 11. Untuk menyelesaikannya, Alena membutuhkan waktu selama 14 hingga 15 jam selama dua hari.

"Dia akan menyusun Lego berdasarkan warna, ukuran. Dia selalu memiliki perencanaan dengan Lego-nya, dan jika kamu mengacaukan Lego-nya, itu adalah masalah besar. Jika kamu mengeluarkan salah satu Legonya dari set kecil, dia tahu bahwa salah satu Legonya hilang," jelas sang ibu, Diane McQuarter.

Diane juga mengungkapkan bahwa putrinya itu merupakan sosok tangguh yang tak pernah goyah dalam mencapai tujuan masa depannya. Alena selalu mengetahui jalur karir yang benar-benar ingin dipilihnya.

"Dia akan selalu berkata, 'Bu, aku akan bekerja untuk NASA.' Kemudian dia akan mulai berkata, 'Aku akan menjadi gadis kulit hitam termuda yang pernah bekerja untuk NASA - lihat,' " jelas Diane.

Kini Alena juga telah memilikii situs webnya sendiri yang bernama thebrownstemgirl.com. Situs web tersebut sengaja dibuatnya untuk memberdayakan dan mendidik agar semua anak perempuan bisa termotivasi untuk menjadi apa yang mereka inginkan.

Tak hanya itu saja, Alena juga memiliki podcast dan bukunya sendiri yang berjudul Brainiac World. Dia juga sedang mempelajari bahasa Spanyol dan Arab.

"Sepanjang hidup saya, orang-orang berusaha menahan saya karena usia saya. Kita berada di tahun baru, di musim baru, dan tidak ada yang bisa menahan kita lagi. Jadi kamu bisa tetap menginjak tanah, tetapi kamu bisa melanjutkan untuk terus meraih bintang," ucap Alena.

(vio/vio)