Penting Dimiliki, 7 Kemampuan Kerja yang Tidak Mungkin Terganti Teknologi

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 13 Apr 2021 19:00 WIB
Creative manager draws a design on a laptop monitor screen. Cozy working office desk close-up. Mockup Foto: Getty Images/iStockphoto/ilona titova
Jakarta -

Kecanggihan teknologi mempermudah kehidupan tapi di saat yang bersamaan juga bisa mengancam pekerjaan. Banyak profesi yang sudah ditinggalkan dan digantikan oleh mesin dan AI (Artificial Intelligence). Namun tak semua pekerja akan diwakilkan oleh robot atau komputer karena beberapa kemampuan tetap tidak bisa digantikan. Kamu yang sedang bersiap bersaing di dunia kerja, berikut tujuh kemampuan kerja yang patut dimiliki jika tidak ingin digeser teknologi.

1. Empati
Meski banyak pekerjaan sudah bisa digantikan robot, tetap saja sebuah mesin tidak bisa memiliki empati. Karena itu, profesi seperti dokter atau psikolog diprediksi tetap akan bertahan meski dunia sudah canggih. Mesin memang bisa menjalankan tugas tapi tidak dapat mengerti perasaan manusia. Karenanya, empati dan kemampuan interpersonal lain adalah sesuatu yang penting dan masih relevan di masa mendatang.

2. Kreatifitas
Profesi yang membutuhkan kreatifitas tidak mungkin tergantikan teknologi. Hasil pekerjaan dari penulis, seniman, arsitek, juga peneliti tidak bisa dibuat sepenuhnya menggunakan AI. Setiap orang punya kreatifitas masing-masing yang membuat karya mereka unik. Hal itulah yang membuat orang-orang dengan kreatifitas spesial masih akan dicari.

3. Penilaian
Penilaian yang dimaksud di sini digunakan dalam profesi-profesi seperti pengacara, jaksa, atau hakim. Bayangkan jika tugas hakim digantikan oleh mesin, mereka mungkin tidak akan dapat memberikan tuntutan dengan adil dan bijaksana. Penyelesaian konflik dan negosiasi paling baik dilakukan oleh manusia yang memiliki emosi juga akal sehat.

4. Strategi
Mungkin kamu pernah melihat robot mengalahkan manusia dalam permainan catur. Tapi otak manusia tetap tidak bisa dikalahkan untuk menyusun strategi dalam hal yang di luar matematika. Pekerjaan dari diplomat atau ahli ekonomi akan tetap dibutuhkan.

5. Perencanaan
Komputer mungkin bisa mengerti dan menjalani aturan main. Tapi tampaknya masih sulit jika mereka harus menyusun perencanaan lebih jauh jika sesuatu yang salah terjadi. Pekerjaan yang membutuhkan kemampuan perencanaan, seperti dokter bedah saat mengoperasi pasien tetap diperlukan. Di masa depan, diprediksi jika masalah yang datang akan lebih beragam karena itu dibutuhkan kemampuan menyusun rencana A hingga Z.

6. Kemampuan Fisik
Banyak robot diciptakan yang terinspirasi dari para atlet. Tapi profesi sebagai atlet sendiri tidak bisa dilakukan oleh robot. Selain kemampuan fisik, seorang atlet juga butuh kreatifitas dan strategi dalam bertanding yang tidak dipunyai sebuah mesin.

7. Manajemen Teknologi
Kemampuan memanajemeni teknologi tentu akan selalu dibutuhkan. Jika tidak siapa yang akan membuat atau menjalankan mesin tersebut. Manusia juga lah yang akan memperbaiki atau mengalternasi jika robot rusak atau melakukan kesalahan. Karenanya, profesi yang berhubungan dengan kemampuan ini semakin dibutuhkan sekarang ini.

(ami/ami)