Lowongan Pekerjaan Viral, Kriteria & Gaji yang Ditawarkan Bikin Netizen Geram

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 01 Apr 2021 07:45 WIB
The hand of a young woman working at remote work Foto: iStock
Jakarta -

Lowongan pekerjaan umumnya berisi tentang kriteria calon pelamar yang dicari serta bidang pekerjaan yang sedang dibutuhkan. Tentu saja kriteria dan bidang pekerjaan tersebut harus sesuai dengan gaji yang ditawarkan. Tapi bagaimana jadinya jika kriteria yang dicari terlalu tinggi sedangkan gaji yang ditawarkan justru tidak ada sama sekali?

Seperti dikutip dari World of Buzz, salah satu lowongan pekerjaan viral di media sosial setelah diunggah ulang oleh pemilik akun Twitter @ahmdnazrafq. Hingga kini unggahannya itu telah di re-tweet oleh lebih dari seribu pengguna lain.

Dalam unggahannya itu Nazir terlihat membagikan foto hasil tangkapan layar yang memperlihatkan sebuah lowongan pekerjaan untuk desain grafis. Awalnya lowongan pekerjaan itu terlihat normal, tapi tunggu sampai kamu membaca bagian kompensasinya.

"Orang gila je yang apply," tulis keterangan dalam unggahan Twitter tersebut.

Pada lowongan pekerjaan tertulis bahwa kriteria dari calon pelamar yang dicari adalah yang sudah memiliki pengalaman menggunakan Photoshop, Illustrator, dan Indesign lebih dari 3 tahun. Selain itu calon pelamar juga harus sudah paham bagaimana cara desain logo, ikon, atau infografis dengan baik.

Namun sayang kriteria tersebut sangat tidak sesuai dengan gaji yang ditawarkan. Pada bagian kompensasi, perusahaan tersebut menulis bahwa calon pelamar yang terpilih nantinya tidak akan menerima kompensasi berupa uang karena saat ini perusahaan itu sedang tidak menghasilkan pendapatan.

Sebagai gantinya, calon pelamar yang diterima nantinya akan mendapat pengalaman bekerja dengan perusahaan startup tahap awal bersama dengan tim pendirinya secara langsung. Menurut keterangan dari sang pengunggah, Nazir, lowongan pekerjaan tersebut saat ini sudah dihapus.

Lowongan tersebut tentunya membuat tak sedikit orang yang membaca merasa kesal. Hal itu dikarenakan kriteria yang dicari sangat berbanding terbalik dengan kompensasi yang ditawarkan. Bagaimana menurutmu?

(vio/vio)