ADVERTISEMENT

Liputan Khusus Henna Artist

Mengenal Ima Habsyi, Pelukis Henna Langganan Artis Hingga Pejabat Indonesia

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 28 Mar 2021 19:00 WIB
Kisah inspiratif wanita yang menekuni dunia henna. Ima Habsyi (kiri) dan Vebby Palwinta (kanan). Foto: Dok. pribadi Barbie Ima.
Jakarta -

Jika kamu melakukan sesuatu berdasarkan hobi atau kesenangan, saat menjalaninya akan akan terasa bahagia dan penuh semangat. Apalagi jika hobi kamu bisa dijadikan sebagai pekerjaan utama.

Seperti kisah Ima Habsyi @barbie_ima yang berawal dari hobi melukis, kini bisa menjadi henna artist professional langganan selebriti dan selebgram tanah air. Kepada Wolipop ia menceritakan awal mula terjun ke dunia seni lukis henna.

"Aku awal mulanya bikin henna itu by accident. Nggak kepikiran jadi henna artist, bahkan aku pribadi tidak suka bikin henna awalnya. Aku mulai bikin henna waktu SMP tahun 2004. Dulu aku di sekolah punya teman, terus kakak kelasnya menikah, henna artistnya tidak datang. Terus teman aku meminta aku agar menulis di tangan kakaknya. Panik dong, temen aku itu memang orang Arab, yang adatnya memakai henna," ungkap Barbie Ima saat berbincang dengan Wolipop, Sabtu (26/3/2021).

Ima mengaku sudah senang melukis sejak kecil dan kerap mengikuti lomba melukis dari sekolah. Temannya yang mengetahui Ima bisa melukis langsung memintanya melukis henna di pernikahan kakaknya. Dan pada hari-H pernikahan, ia masih belum tahu motif apa yang akan digambar. Ima pada akhirnya saat itu hanya menggambar motif yang dilihatnya.

"Karena bahannya dari temanku itu semua. Aku tidak tahu motifnya kayak gimana. Waktu itu aku menggambar motif baju mamanya pengantin itu, motif karpet dan motif yang aku lihat di rumah itu," kenang Ima sambil tertawa.

Barbie Ima yang melukis henna stri dari produser RockySoraya (Raam Soraya).Barbie Ima yang melukis henna istri dari produser Rocky Soraya (Raam Soraya). Foto: Dok. pribadi Barbie Ima.

Hasil Karya Henna Diunggah di Friendster

Sejak pertama kali melukis henna untuk pernikahan kakak temannya itu, Ima serius menekuni pekerjaan sebagai pelukis henna. Pada saat baru merintis karier, wanita yang tinggal di Jakarta Selatan itu kerap membagikan foto hasil karyanya di akun Friendster miliknya. Ia pun menerima komentar positif dari warganet dan semakin banyak tawaran melukis henna.

Apalagi jasa henna saat itu belum mainstream seperti sekarang ini. Dan setiap dia datang melukis henna, kliennya merasa bingung karena Ima masih mengenakan seragam sekolah. Dan selama hampir satu tahun, ia melukis henna tidak dibayar.

"Semua pada suka dan mencari tahu siapa yang buat dari mulut ke mulut. Sejak saat itu aku menerima banyak panggilan dan belum dibayar. Karena aku waktu itu kan belum tahu kalau henna itu bisa jadi pekerjaan," tuturnya.

Awal Februari 2004 saat duduk di bangku SMA, Ima melukis henna di tangan Mulan Jameela untuk syuting video clik. Henna pun menjadi semakin hits karena Ima mulai rajin mengunggah hasil karyanya di Facebook.

Henna Ima semakin laris manis, pada 2005 dia memutuskan untuk memasang tarif dan harganya masih sangat murah. Tawaran menggunakan jasa henna Ima pun semakin banyak.

Dan henna benar-benar menjadi booming setelah film Ayat-Ayat Cinta. Dalam layar lebar tersebut tokoh Aisha yang diperankan oleh Rianty Cartwright kerap mengenakan henna. Alhasil setelah film itu, setiap pengantin yang menikah ingin melengkapi riasan tangan dengan menggunakan henna.

Kisah inspiratif wanita yang menekuni dunia henna.Kisah inspiratif Ima yang menekuni dunia henna. Foto: Dok. pribadi Barbie Ima.

Tren Henna Putih

Ima menjelaskan jika ia sudah memakai white henna sejak 2014. Sementara sebelumnya henna yang umum adalah berwarna merah. Ima memakai white henna karena tidak meresap ke kulit, jadi tidak meninggalkan warna di kulit. Dan cara menghapusnya juga lebih mudah mengelupas.

Tren white henna mulai dikenal semenjak pernikahan Nabila Syakieb dengan Reshwara Argya pada Desember 2015. Nabila tampil memesona saat memakai white henna di tangannya.

"Saat itu masih belum mainstream, malah nggak laku karena white henna lebih cepat hilang dan harganya lebih mahal daripada yang merah. Akhirnya pas dipakai Nabila Syakieb menikah, itu jadi viral sampai sekarang," tutur Ima.

Sesudah lulus SMA, Ima menjalani kuliah jurusan fashion design di Susan Budihardjo, Jakarta. Jika ada tawaran henna, Ima membagi waktu agar bisa mengerjakannya usai pulang kuliah. Jika ada permintaan henna ke luar kota, Ima terpaksa izin ke pihak kampus.

Barbie Ima yang menjadi henna artist langganan selebriti dan selebgram tanah air.Barbie Ima yang menjadi henna artist langganan selebriti dan selebgram tanah air. Foto: Dok. pribadi Barbie Ima.

Selama menjalani profesi sebagai pelukis henna untuk acara pernikahan, banyak hal menarik dialami Ima Habsyi. Dia pernah jadi saksi istri sah melabrak pelakor....Klik halaman selanjutnya untuk mengetahui kisahnya.

Suka Duka Menjadi Pelukis Henna

Ima Habsyi banyak mengalami kejadian yang tak terduga selama menekuni profesi henna artist atau pelukis henna. Selain bisa bertemu orang baru, ia bisa jalan-jalan ke luar negeri.

"Banyak juga ketemu orang yang baik, yang aku nggak sangka-sangka. Aku pernah ke Turki kayak istana di Antalya yang beyond expectationini kayak negeri dongeng," kenangnya.

Pengalaman tak terduga lainnya dialami Ima pada 2012. Ia mendapatkan kabar duka ketika ingin mengangani kliennya.

"Biasanya ketika aku mau ngehenna, aku konfirmasi lagi ke klien kalau aku sudah dalam perjalanan. Dia bilang mau fitting dulu, kebetulan dulu aku masih gaptek pakai maps sekitar tahunn 2012. Nah terus aku kebingungan mencari alamatnya, aku berhenti di jalan untuk menelepon klien tersebut. Hampir dua jam aku menunggu responnya, aku ikutin alamat yang ada di undangannya. Tiba-tiba ada yang menghubungi aku jika pengantinnya meninggal dunia sama kakaknya saat di dalam perjalanan. Itu aku merinding, karena baru teleponan," kisah Ima panjang lebar.

Ada juga kisah calon pengantin yang sudah memesan jasa henna Ima sejak satu tahun sebelum menikah. Demi bisa memakai jasa lukis henna Ima, sang pengantin rela bergonta-ganti tanggal pernikahan. Dan ketika Ima datangi, ternyata rumahnya di daerah pedalaman.

"Ternyata pas sampai rumahnya maaf, gubuk saung dan tidak ada lantainya. Dan ternyata dia itu belum trasfer kejadiannya tahun 2011, dia menabung makanya sempat gonta-ganti tanggal. Saat menerima amplopnya uang seribuan, aku tidak sampai hati menerimanya," tambah Ima

Pengalaman tak terlupakan lainnya adalah saat Ima menyaksikan sendiri momen pelakor dilabrak oleh istri sah saat acara pernikahan. Dia mengaku shock dan baginya kejadian itu benar-benar berkesan.

Baru-baru ini, Ima mendapatkan kesempatan untuk melukis henna saat Aurel Hermansyah lamaran. Baginya momen tersebut juga menjadi salah satu pengalaman berharga.

"Nge-henna ini benar-benar diburu-buru waktu. Karena satu dan lain hal, jadi kita bikinnya di waktu yanng mepet, aku tidak menyangka bisa desai henna full panjang dua tangan selama kurang dari 30 menit. Itu aku sendiri kaget wah bisa ya. Awalnya aku nggak yakin bisa selesai karena maulive di stasiun televisi," kenangnya takjub.

Berkat pekerjaan sebagai pelukis henna, Ima juga bisa bertemu artis-artis Bollywood pada November 2018. Dan pengalaman berharga lainnya saat ada sebuah acara pernikahan orang India yang domisili di Amerika namun menikah di Bali, jasanya juga ikut dipergunakan. Yang membuatnya takjub, sang pengantin memanggil henna artist dari London dan pelukis henna tersebut ingin bertemu langsung dengan Ima.

Kisah inspiratif wanita yang menekuni dunia henna.Kisah inspiratif wanita yang menekuni dunia henna. Foto: Dok. pribadi Barbie Ima.

Dengan berbagai pengalaman itu, tak heran jika klien henna Ima bukan hanya kalangan selebriti. Sosialita hingga pejabat Indonesia pun pernah menggunakan jasanya sebagai pelukis henna. Mereka di antaranya adalah anak dari Wakil KSAL, anak dari Wakil Gubernur Jambi, anak dari Quiraish Shihab, Nahla (adik Najwa Shihab), anak dari Antasari Azhar, anak dari Menteri Dalam Negeri era Susilo Bambang Yodhoyono periode ke 2 dan masih banyak lagi.

Kisah inspiratif wanita yang menekuni dunia henna.Kisah inspiratif wanita yang menekuni dunia henna. Foto: Dok. pribadi Barbie Ima.

(gaf/eny)