Perjalanan Mantan Anak Jalanan yang Viral, Dulu Pengamen Kini Jadi CEO

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 03 Mar 2021 15:01 WIB
Andika Ramadhan Foto: Instagram @andikaramadhanf
Jakarta -

Andika Ramadhan adalah mantan anak jalanan yang kini sukses jadi CEO. Baru-baru ini ia jadi viral setelah membagikan sekelumit kisahnya melalui video di TikTok. Andika pun mengaku punya masa lalu yang pahit dan kesuksesannya merupakan hasil dari kesulitan, tantangan, dan air mata. Kepada Wolipop, Andika menceritakan perjalanannya yang kini sudah jadi direktur dari bisnis dengan ribuan seller.

Sebelum sukses dengan bisnis Clorismen, Andika mengaku pernah jadi anak jalanan yang menempuh pendidikan gratis di sekolah Master (Masjid terminal) di Depok. Dalam video yang viral, ia pun tampak kembali ke sana untuk menunjukkan tempatnya menimba ilmu dan pelajaran hidup. Meski sudah sukses, Andika memang sering kembali ke sana untuk mengajar dan berbagi cerita hidup.

"Saya sering menyempatkan waktu untuk mengajar dan berbagi cerita hidup saya kepada adik-adik siswa-siswi di sekolah master. Saya selalu katakan kepada mereka bahwa kesuksesan itu bukan hal yang mustahil diraih sekalipun saat ini mereka ada di jalanan. Kalau mereka ragu dengan masa depan mereka, saya menceritakan perjalanan hidup saya agar bisa menjadi inspirasi untuk mereka semua, anak-anak di sekolah master yang saat ini sedang berjuang meraih impiannya," ungkapnya ketika dihubungi pada Selasa, (2/3/2021).

Selama bersekolah di Master, Andika yang sempat menjadi pengamen itu belajar sambil berjualan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Saat itu menjadi tukang plastik di pasar saat pagi lalu menjajakan roti, peyek, dan kue basah di siang hari. Tak hanya belajar akademis, pria 27 tahun tersebut juga belajar organisasi dan kepemimpinan hingga jadi Ketua OSIS pertama di Master. Andika pun sukses diterima di UNJ meski sempat mengalami keterbatasan biaya sebelum mendapat donasi.

[Gambas:Instagram]



Selain tantangan biaya, tak dipungkiri jika ia juga kerap direndahkan selama perjalanannya karena pernah jadi anak jalanan. "Karena dulu sekolah Master itu dikenal sebagai sekolah anak jalanan dan letaknya yang berada di terminal, dulu saya sering diremehkan oleh orang-orang di sekitar saya. Dulu tak ada yang menyangka saya akan bisa kuliah di kampus negeri hingga menjadi CEO Clorismen seperti sekarang," ujar Andika.

Lalu bagaimana Andika bisa menjadi pebisnis sukses? Selain berjualan, seama kuliah ia mulai mencari penghasilan di Clorismen yang saat itu baru dirintis. Awalnya ia bekerja di bagian customer service dan marketing. Tak lama bergabung, bisnis produk perawatan pria itu mengalami peningkatan hingga akhirnya ia ditunjuk sebagai CEO.

"Setelah memiliki Reseller, saya memegang posisi Business Development di Clorismen. Alhamdulillah strategi yang saya lakukan berhasil. Omset Clorismen kian tumbuh dari hari ke hari. Dan di tahun 2019 saya memegang penuh bisnis Clorismen ini sebagai CEO (Direktur Utama) di Clorismen hingga saat ini. Alhamdulillah sekarang Clorismen sudah memiliki 1000 lebih seller yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia," katanya.

Diakui Andika jika pencapaian tersebut bukan sebuah hal besar tapi sebuah awal. Pria asal Depok tersebut juga mengaku bangga dengan para reseller-nya yang sudah bisa beli kendaraan, rumah, hingga jalan-jalan ke luar negeri setelah bekerjasama dengan perusahaannya.

"Saya dan clorismen sangat semangat sekali mengajak dan merangkul teman-teman muda dimanapun berada untuk menggapai mimpinya karena tidak ada yang tidak mungkin jika kita terus konsisten. Ini visi besar saya dan Clorismen untuk memajukan anak muda Indonesia dalam merubah diri dan semangat membangun bisnis," tutur Andika.

(ami/ami)