Viral Dokter dari Keluarga Broken Home Lulus Cumlaude, Ini Kisah Lengkapnya

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 25 Feb 2021 13:34 WIB
dr. Ikramsyah Maulana yang viral di TikTok karena kisahnya yang menginspirasi Ikram bersama sang ibunda. Foto: Dok. pribadi Ikram.
Ambon -

Pria asal Ambon, Maluku ini sedang menjadi perbincangan warganet di media sosial. Ia bisa meraih mimpinya untuk menjadi dokter, meskipun berasal dari keluarga yang sederhana dan broken home. Ia berhasil masuk ke universitas negeri dan mendapatkan beasiswa hingga lulus dengan predikat cumlaude dari fakultas kedokteran.

Kisah tersebut viral setelah diunggah oleh Ikramsyah Maulana lewat akun TikToknya @dr.ikramsyah_maulana. Dalam video yang diunggahnya tampak perjalanan foto Ikram sejak SMA hingga berhasil masuk Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura, Ambon, Maluku.

"Pengen nangis waktu edit video ini 🙏 Hi.. Saya anak yang terlahir dari keluarga yang sederhana. Dari keluarga broken home yang mempunyai cita-cita menjadi seorang dokter. Alhamdulillah bisa masuk fakultas kedokteran UNPATTI dengan jalur SNMPTN/tanpa tes. Selama kuliah mendapatkan beasiswa BIDIKMISI. Selama kuliah tidak pernah membayar biaya kuliah. 4 tahun akhirnya bisa menyandang gelar sarjana kedokteran," tulis akun TikTok @dr.ikramsyah_maulana.

Kisah pria yang berhasil meraih impiannya untuk menjadi dokterKisah pria yang berhasil meraih impiannya untuk menjadi dokter. Foto: tangkap layar TikTok @dr.ikramsyah_maulana.

Berkat kegigihannya dalam belajar, Ikram berhasil mendapatkan beasiswa untuk kuliah kedokteran. Dia kemudian menjalani masa koas atau dokter muda dan lulus dengan predikat cumlaude.

"Setelah itu harus lanjut coass selama 2 tahun. Selama coass alhamdulillah dibantu dengan beasiswa daerah asal Malteng. Walau banyak masalah yang dihadapi selama coass. Alhamdulillah bisa lulus dengan predikat cumlaude. Dan bisa lulus ujian kompetensi dokter umum Indonesia tahun 2020. Bahagia terharu bisa sampai tahap menyandang gelar dokter. Terimakasih buat Allah SWT, keluarga dan tema-teman yang sudah membantu sampai tahap ini," ucapnya haru.

Konfirmasi Wolipop

Wolipop mewawancarai dr. Ikramsyah Maulana sebagai pemilik akun TikTok tersebut. Ia tidak menyangka jika videonya bisa viral di TikTok.

"Nggak nyangka sih bisa se-viral ini di TikTok, apalagi lihat komentar dari warga TikTok yang sangat luar biasa. Membaca komentar dari warga TikTok membuat saya merasa sangat bahagia dan terharu karena bisa memotivasi dan memberi semangat warga TikTok lainnya, apalagi mereka yang mempunyai kondisi yang hampir sama seperti saya," ungkap Ikram kepada Wolipop, Kamis (25/2/2021).

Pria yang lahir di kota Masohi, Maluku itu menceritakan foto yang ditampilkannya di video adalah saat dia duduk di bangku SMA sekitar tahun 2012. Dia sendiri lulus SMA pada 2013 dengan peringkat lulusan terbaik kedua di sekolahnya.

Kisah pria yang berhasil meraih impiannya untuk menjadi dokterKisah pria yang berhasil meraih impiannya untuk menjadi dokter. Foto: tangkap layar TikTok @dr.ikramsyah_maulana.

"Kemudian saya masuk perkuliahan tahun 2013-2017 dengan beasiswa Bidikmisi. Jadi tidak membayar biaya pembangunan dan tidak pernah membayar biaya kuliah. Setelah itu harus lanjut coass pada tahun 2017-2019. Alhamdulilah bisa menyelesaikan selama dua tahun dengan predikat cumlaude. Setelah itu harus menunggu sampai Februari 2020, untuk mengikuti ujian kompetensi dokter umum Indonesia dan alhamdulilah dinyatakan lulus pada bulan Maret 2020. Dan sekarang lagi menjalankan progran intership di salah satu rumah sakit di kota Ambon," ujar anak bungsu dari dua bersaudara itu.

Cara dr. Ikram Mendapatkan Beasiswa

Warganet di TikTok kagum dengan kepintaran dr. Ikram. Netizen juga penasaran bagaimana sang dokter bisa mendapatkan pendidikan gratis dan beasiswa dari pemerintah. Bagi kamu yang sedang duduk di bangku sekolah, dr. Ikram pun memberikan sarannya.

"Jangan sampai grafik nilainya turun naik, harus selalu meningkat atau minimal stabil grafik nilainya untuk bisa masuk jalur SNMPTN. Waktu di SMA harus membuat prestasi salah satu contohnya mengikuti olimpiade ataupun kegiatan SMA, yang nantinya bisa menambah piagam atau sertifikat yang bisa menambah peluang untuk bisa masuk jalur SNMPTN. Belajar yang giat untuk bisa mendapatkan nilai yang terbaik untuk bisa mempertahan beasiswa yang didapat," jelasnya.

Dan dr. Ikram menambahkan, jangan lupa untuk selalu mencari informasi peluang untuk mendapatkan beasiswa. Salah satunya adalah beasiswa Bidikmisi yang diperuntukkan untuk siswa yang orangtuanya tidak memiliki pekerjaan tetap.

"Untuk beasiswa Bidikmisi itu, waktu pendaftaran untuk jalur SNMPTN langsung didaftarkan dengan Bidikmisi. Dan tinggal dari pusat tentukan apakah dapat atau tidak. Alhamdulilah waktu itu dapat. Dan untuk beasiswa Bidikmisi itu harus mempertahankan IPK di atas 3,5. Beasiswa Bidikmisi itu hanya sampai kuliah saja," papar dr. Ikram.

dr. Ikramsyah Maulana yang viral di TikTok karena kisahnya yang menginspirasidr. Ikramsyah Maulana yang viral di TikTok karena kisahnya yang menginspirasi .Foto: Dok. pribadi Ikram.

Pria yang wajahnya banyak dipuji netizen karena tampan itu kemudian kembali mendapat beasiswa untuk program coass. Beasiswa untuk coass itu didapatkannya dari pemerintah daerah Maluku Tengah.

"Untuk mendapatkan beasiswa daerah asal sih yang terpenting adalah termasuk dalam anak daerah asal dan nantinya harus mengabdi di daerah asal," lanjut pria yang ayahnya merupakan orang Buton dan ibunya dari Pelauw, Maluku itu.

Setelah lulus ujian menjadi dokter umum, saat ini, dr. Ikram sibuk dinas di salah satu puskesmas dan menjadi dokter umum di kota Ambon. Dia sejak kecil hingga lulus SMA tinggal bersama nenek dan kakak dari ayahnya. Dan sekarang, karena ayah dan ibunya sudah berpisah, dia tinggal bergantian di rumah kedua orangtuanya tersebut.

Saat ditanya bagaimana reaksi kedua orangtuanya tentang keberhasilannya, pria yang berusia 28 tahun itu mengatakan dia ingin membuktikan jika anak yang berasal dari keluarga broken home bisa sukses. Dan kedua orangtuanya pun bangga atas pencapaiannya.

"Reaksi orang tuapasti sangat bangga dan juga sangat senang apa yang saya raih sampai sekarang ini. Mereka juga membantu saya dengan sekuat tenaga mereka. Saya juga sangat terharu dan sangat bahagia dengan komentar dan alhamdulilah tidak ada komentar yang tidak enak semua komentar yang baik dan mendoakan saya agar lebih sukses dan bisa menggunakan ilmu saya dengan sebaik-baiknya," pungkas dr. Ikram.

dr. Ikramsyah Maulana yang viral di TikTok karena kisahnya yang menginspirasidr. Ikramsyah Maulana yang viral di TikTok karena kisahnya yang menginspirasi. Foto: Dok. pribadi Ikram.
(gaf/eny)