Berawal dari Anak Asma, Wanita Ini Sukses Bisnis Aromaterapi Berbahan Alami

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 27 Jan 2021 19:30 WIB
Arlin Chondro Foto: Dok. Arlin Chondro
Jakarta -

Ide bisnis tak jarang lahir dari pengalaman sendiri. Seorang wanita bernama Arlin Chondro pun terpikir membuat produk-produk kesehatan berbahan alami setelah mendapati kedua anaknya mengidap asma. Ketika itu, Arlin mulai mempelajari aromaterapi dan merasakan sendiri manfaatnya yang dinilai ampuh untuk mengatasi dan mencegah sakit. Karena ide bisnisnya ini, Arlin memenangkan kompetisi bisnis dan mendapat hibahan modal usaha senilai ratusan juta.

Arlin Chondro dari brand Peek.Me Naturals menjadi salah satu pemenang program Diplomat Success Challenge XI yang digelar Wismilak Foundation. Arlin bahkan terpilih sebagai 'Best of the Best' challenger tahun ini. Kepada Wolipop, Arlin mengaku senang dan bersyukur bisa mendapat hibah modal usaha senilai Rp 300 juta sebagai hadiah begitu juga dengan ilmu dari mentoring untuk mengembangkan brand-nya.

Wanita 38 tahun ini pun bercerita mengenai bisnis produk kesehatan berbasis bahan alami ini. Ia mengaku ide awalnya berasal dari keluarga saat keduanya anaknya mengidap asma dan harus menggunakan inhaler steroid sebagai terapi. Ketika itu, ia menemukan jika produk itu bisa menimbulkan efek samping. Di 2014, Arlin mulai mempelajari tentang aromaterapi.

Arlin ChondroArlin Chondro Foto: Dok. Diplomat Success Challenge

Ibu dua anak tersebut lalu lanjut mempelajari soal formulasi untuk menemukan obat yang cocok untuk buah hatinya. Sejak itu, ia mulai meninggalkan inhaler steroid dan memilih aromaterapi yang dinilai lebih ampuh, aman, dan cocok. Setelahnya, ia terpikir untuk mengembangkan minyak esensial dan aromaterapi kepada lebih banyak orang. Selain untuk mengobati, diharapkan jika produk-produk juga bisa menjadi langkah preventif.

"Saya ingin membagikan kebaikan natural remedy ini ke masyarakat Indonesia. Menjaga kesehatan secara preventif itu lebih gampang, nggak stress, dan (efek) jangka panjangnya lebih baik," kata Arlin ketika dihubungi pada Selasa, (26/1/2021).

Peek.Me Naturals menyediakan berbagai produk kesehatan natural remedy untuk membantu mengatasi alergi, eksim, maag/GERD, insomnia, dan lain-lain. Adapun perawatan tubuh dan wajah serta produk diet yang juga berbahan dasar alami. Kandungan natural sendiri diutamakan Arlin dengan alasan efek jangka panjang dan ramah lingkungan.

Arlin sendiri pernah mengenyam pendidikan Scholar's Program Aromatherapy dari Aromahead Institute. Karenanya, brand tersebut didasarkan pada riset dan formulator yang memiliki sertifikasi sebagai aromaterapi klinis.

Arlin ChondroArlin Chondro Foto: Dok. Diplomat Success Challenge

"Bahan alami penting karena mengurangi beban tubuh dan mengurangi potensi efek samping; juga proses produksi bahan alami tidak meninggalkan sampah (waste) karena fokus lain dari kami adalah keberlanjutan lingkungan (environmental sustainability)," ujarnya.

Selama masa pandemi, lulusan S1 Psikologi UC Berkeley ini mengaku ada perubahan pola pembelian namun ia bersyukur bisnisnya tidak terdampak terlalu besar. Meski begitu, diakuinya jika ada beberapa hal yang perlu dikembangkan, terutama dalam hal sales dan marketing. Arlin juga bercerita jika ia kerap menemukan tantangan karena merintis usaha sendiri selagi menjadi ibu rumah tangga.

"Sebagai pengusaha wanita, kendala terbesar adalah dari pembagian waktu apalagi saya sudah menjadi ibu rumah tangga. Sebetulnya gender sendiri di Indonesia tidak menjadi sumber diskriminasi dan dari yang saya bandingkan di negara-negara tetangga, persentase women entrepreneur di Indonesia sebetulnya sangat tinggi. Jadi tipsnya adalah ingat fokus terpenting adalah keluarga, jadi untuk memulai bisnis harus ada dukungan penuh dari keluarga," kata Arlin.

(ami/ami)