10 Sosok Wanita Jadi Perbincangan di 2020, Ada Hakim AS Keturunan Indonesia

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 30 Des 2020 16:03 WIB
Foto: Instagram @marissaforjudge Foto: Instagram @marissaforjudge
Jakarta -

Hingga kini dunia politik masih didominasi oleh para pria. Wanita yang terjun jadi politikus atau pejabat pemerintah pun tak jarang menjadi perhatian. Tentu tak hanya soal penampilan atau kontroversi, mereka yang terbukti tanggap mengatasi permasalahan pun mendapat apresiasi dari masyarakat. Sepanjang 2020, berikut sembilan politikus dan pejabat wanita yang menarik perhatian dan jadi perbincangan tahun ini.

1. Marissa Hutabarat, Hakim Keturunan Indonesia Pertama di AS

Marissa Hutabarat (marissaforjudge.com)Marissa Hutabarat (marissaforjudge.com) Foto: marissaforjudge.com

Seorang wanita keturunan Indonesia baru saja terpilih sebagai hakim pengadilan perdata di Amerika Serikat. Adalah MarissaHutabarat yang memenangkan pemilu New Orleans,Louisinana pada Agustus lalu dan kini menjadi hakim keturunan Indonesia pertama. Bisa ditebak dari namanya, Marissa punya ayah dari suku Batak. Keluarganya sudah lama tinggal di Amerika di mana ia bercita-cita untuk melayani publik dan bertekad menjadi hakim.

Di Amerika Serikat, hakim pengadilan perdata dipilih oleh rakyat melalui pemilu lokal. Marissa pun mencuri hati masyarakat setempat dan media dengan kampanyenya di mana ia berjanji memperbaiki sistem pengadilan untuk orang-orang yang tidak punya akses pada keadilan. Marissa juga mendapat perhatian dari sesama diaspora Indonesia karena punya nama belakangan yang khas. Kisah selengkapnya, di sini.

2. Nanaia Mahuta, Wanita Bertato di Dagu Jadi Menlu Selandia Baru

Nanaia Mahuta (kiri), yang memiliki moko kauae - tato suku Maori di dagu - diangkat menjadi menteri luar negeri oleh PM Jacinda Ardern (AFP)Nanaia Mahuta (kiri), yang memiliki moko kauae - tato suku Maori di dagu - diangkat menjadi menteri luar negeri oleh PM Jacinda Ardern (AFP) Foto: Nanaia Mahuta (kiri), yang memiliki moko kauae - tato suku Maori di dagu - diangkat menjadi menteri luar negeri oleh PM Jacinda Ardern (AFP)

Perombakan kabinet Jacinda Ardern beberapa waktu lalu mendapat perhatian lebih karena keberagaman mereka yang terpilih Jacinda. Selain ada wakil perdana menteri gay pertama, wanita tersebut juga menunjuk Nanaia Mahuta yang merupakan seorang wanita dari suku Māori.

Terpilihnya Nanaia Mahuta sebagai Menlu baru Selandia Baru adalah sebuah dobrakan. Politisi tersebut adalah wanita pertama yang terpilih sebagai Menteri Luar Negeri. Ia pun merupakan keturunan suku Māori pertama yang menduduki posisi tersebut. Simak profil Nanaia, di sini.

3. Sarah McBride, Senat Transgender Pertama Amerika Serikat

sarah mcbridesarah mcbride Foto: Instagram @sarahemcbride

Belakangan cukup banyak transgender dari seluruh dunia yang terjun ke dunia politik, salah satunya Sarah McBride. Sarah McBride menang pemilu di negara bagian Delaware dan resmi menjadi transgender pertama yang terpilih sebagai senator Amerika Serikat.

Ia mencetak sejarah sebagai transgender terbuka pertama yang memiliki posisi tertinggi dalam politik AS. Sebelum resmi ditunjuk jadi senat, Sarah berharap jika ia bisa menginspirasi sesama anak-anak transgender. Intip sosoknya, di sini.

4. Petra De Sutter, Transgender Pertama yang Jadi Wakil Perdana Menteri

Petra De SutterPetra De Sutter Foto: Twitter Petra De Sutter

Sedangkan di Belgia, seorang transgender pertama dilantik sebagai wakil perdana menteri. Adalah Petra De Sutter, seorang politikus yang juga profesor ginekologi tersebut. Ia adalah perdana menteri dan pejabat negara dengan tingkat tertinggi di Eropa yang merupakan seorang transgender. Bagaimana ceritanya bisa menjadi perdana menteri? Baca, di sini.

5. PM Finlandia Pakai Blazer Seksi yang Jadi Kontroversi

Sanna MarinSanna Marin Foto: Instagram @trendimag

Tahun ini Sanna Marin sering diperbincangkan. Selain karena prestasi dalam mengurus negara termasuk ketika menangani Corona, ia juga mencuri perhatian ketika menikah dengan pasangannya yang sudah tinggal bersama selama 16 tahun. Tak lama kemudian Sanna juga menarik atensi ketika pakai blazer seksi untuk sebuah pemotretan majalah. Baca beritanya, di sini.

Selanjutnya
Halaman
1 2