Viral Kisah Penjaga Kantin yang Malah Rajin Sedekah Saat Pendapatan Menurun

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 15 Des 2020 06:00 WIB
Foto: Twitter @dittameliaa Foto: Twitter @dittameliaa

Selain membagikan makanan secara gratis setiap Jumat untuk karyawan, Pak Aan juga melakukan bantuan sosial yang dia sebut "Jum'at Berkah". Setiap Jumat di saat libur berjualan, dia membagikan makanan kepada sesama yang membutuhkan. Dia mengajak pelanggan nasi kotaknya untuk ikut berdonasi. Dan dia selalu memberikan update dengan jujur tentang kegiatan dan alokasi donasi tersebut.

"Setiap Kamis dan Jumat beliau tidak henti-hentinya mengajak, mengingatkan dan juga update apa yang akan dilakukan ketika Jumat tiba. Seolah tidak peduli dengan kondisi sendiri yang sedang butuh dibantu, beliau justru memilih untuk membantu orang disekitarnya. Tanpa pamrih, tulus dan transparan," tulis Ditta kagum.

Dalam unggahannya, Ditta juga memperlihatkan momen Pak Aan sedang mempersiapkan sembako, biskuit dan minuman yang akan dibagikan ke anak yatim, pemulung, petugas kebersihan hingga siapa saja yang membutuhkan. Pak Aan setiap minggunya berkeliling dari satu panti asuhan ke panti asuhan lainnya.

Kisah Andriyan Bima alias Pak Aan yang bersedekah dan menyalurkan bantuan setiap JumatKisah Andriyan Bima alias Pak Aan yang bersedekah dan menyalurkan bantuan setiap Jumat Foto: Twitter @dittameliaa

Novian yang membagikan kisah Pak Aan di Instagram Story dan diunggah ulang oleh Ditta juga berbagi pengalamannya saat mencoba membantu pria tersebut. Suatu hari Novian sengaja membeli makanan untuk Pak Aan. Namun keesokan harinya penjaga kantin kantornya tersebut malam membalas kebaikannya itu dengan memberinya makan siang gratis. Kepada orang-orang yang mendapatkan bantuan sembako Pak Aan juga tidak pernah lupa untuk mengatakan bahwa bantuan tersebut dari 'orang-orang baik' yang beliau kenal.

Pada akhir threadnya di Twitter, Ditta mengunggah foto dua pria yang sama-sama memakai baju batik, namun memiliki hati dan pikiran yang berbeda. Dua foto pria tersebut adalah Pak Aan dan mantan Mensos Juliari Batubara yang kini terkena kasus korupsi bansos COVID-19.

"Yang satu dengan keterbatasannya untuk terus berbagi di tengah pandemi. Yang satu lagi dengan kekuatan dan instrumennya mencuri celah di tengah masa-masa sulit. #therealbansos," begitu Ditta menulis.

Ditta menambahkan semenjak kisahnya viral, pak Aann menerima banyak bantuan dari orang-orang yang ingin membantu dan bersedekah. Ditta pun berharap di tengah pandemi ini semakin banyak orang yang terus berbuat baik.

Hingga Senin (14/12/2020) thread Ditta tentang Pak Aan tersebut sudah mendapatkan lebih dari 29 ribu Likes, 12,9 Retweets dan 1.400 komentar. Sebagian besar warganet kagum dengan aksi baik Pak Aan.

Kisah Andriyan Bima alias Pak Aan yang bersedekah dan menyalurkan bantuan setiap JumatKisah Andriyan Bima alias Pak Aan yang bersedekah dan menyalurkan bantuan setiap Jumat Foto: Twitter @dittameliaa

"Inilah konten yang kita butuhkan baik di media sosial maupun di televisi," ujar akun Twitter @ndreamon.

"Merinding bgt kalo ada orang yg dalam keterbatasan bahkan kekurangan tapi masih berpikir untuk berbagi ke orang lain. Sehat dan panjang umur untuk pak Aan... Aamiin..." ucap akun @putrywulan terharu.

"Wah Mas Aan dulu kontrak dirumah ku ini,emang istri nya jago masak dan endul masakannya," puji akun @shalikhanggita.

"Tiap baca konten gini, aku bener-bener ngerasa miskin bangettttt. Semoga panjang umur bapaknya dan dilancarkan rezekinya," saut akun @keluarinnn.

Semoga kamu yang membaca kisah ini juga terinspirasi untuk membantu sesama ya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Aeshnina, Gadis Pemberani Asal Gresik yang Surati Pemimpin Dunia"
[Gambas:Video 20detik]

(gaf/eny)