Viral Kisah Insinyur Kena PHK, Ngojek & Jual Kopi Buat Modal Bisnis Lipstik

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 10 Des 2020 10:40 WIB
Kisah Muhammad Fazrul Azreen Nazri yang bangkit setelah kena PHK Foto: Dok. Mstar
Jakarta -

Pria bernama Muhammad Fazrul Azreen Nazri ini membuktikan jika ia bisa bangkit setelah mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Ia memutar otak untuk tetap bertahan menghidupi keluarga di tengah pandemi COVID-19.

Dilansir dari Mstar, Fazrul dulunya bekerja sebagai insinyur di industri minyak dan gas. Namun dia terkena PHK sejak Juni 2020. Tak pernah terbayangkan oleh Fazrul sebelumnya, jika ia akan mengalami kondisi seperti ini. Karena ia sudah bekerja selama 10 tahun di perusahaan tersebut.

Saat awal PHK, pria 32 tahun itu mengaku resah. Dia pusing memikirkan bagaimana menafkahi keluarganya.

"Ada orang yang menganggap saya tidak masalah karena terkena PHK, karena mempunyai banyak uang tabungan. Tapi orang itu tidak paham karena penghasilan besar, tentu juga besar juga pengeluarannya," ungkap Fazrul kepada Mstar.

Fazrul mengaku kaget saat mendapatkan kabar PHK dari kantornya. Dia juga takut karena di masa pandemi ini sulit mendapatkan pekerjaan baru.

"Pemberhentian kerja ini sesuatu yang tidak terduga. Saya tidak menyangka jika saya ikut terkena PHK. Saya tidak ada persiapan apapun. Mula-mulanya saat saya mendengar kabar itu badan saya gemetar dan takut menghadapi kondisi itu. Akan tetapi ini bukan kemauan saya, ini karena pandemi," lanjutnya.

Fazrul yang tinggal di Seremban, Negeri Sembilan, Malaysia ini pada akhirnya tak ingin larut dalam kesedihannya. Ia mencari berbagai peluang agar bisa menyambung hidupnya.

Kisah Muhammad Fazrul Azreen Nazri yang bangkit setelah kena PHKKisah Muhammad Fazrul Azreen Nazri yang bangkit setelah kena PHK Foto: Dok. Mstar

Ide Membuat Lipstik dari Ekstrak Sarang Burung

Saat bingung memikirkan bagaimana menghidupi keluarganya setelah kena PHK, Fazrul mendapat tawaran untuk membuka gerai minuman kopi. "Seminggu selepas diberhentikan, teman menawarkan untuk membuka cabang gerai kopi, dengan modal RM 800 atau sekitar Rp 2,7 juta. Saya mulai terjun di usaha tersebut," katanya.

Fazrul berjualan dari pagi sampai sore hari. Ketika malam hari, ia beralih profesi menjadi pengemudi ojek online.

Usaha Fazrul untuk mencari uang tak berhenti sampai di situ. Dia pun mencoba berbisnis yang cukup unik untuk seorang pria. Dia berbisnis kosmetik, membuat lipstik yang menurutnya bahannya belum ada di pasaran yaitu dari ekstrak sarang burung.

Kisah Muhammad Fazrul Azreen Nazri yang bangkit setelah kena PHKKisah Muhammad Fazrul Azreen Nazri yang bangkit setelah kena PHK Foto: Dok. Mstar

Fazrul menggunakan hasil jualan kopi dan menguras tabungannya untuk membangun usaha lipstik tersebut.

"Saya tidka boleh menganggap PHK itu sebagai malapetaka, tapi saya anggap ia sebagai rahmat untuk membuka perjalanan baru. Dengan pengetahuan saya sebagai insinyur, saya coba hasilkan formula terbaik dan memperkenalkan lipmatte yang mengandung ekstrak sarang burung yang baru diluncurkan pada 1 Desember 2020," kata Fazrul.

Masih terus berusaha agar sukses membangun usaha setelah kena PHK, Fazrul mencoba memberikan semangat bagi karyawan lainnya yang bernasib sama seperti dirinya. Menurutnya kita harus bisa bangkit dari keterpurukan agar bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dan jangan mendengarkan apa kata netizen.

"Lihatlah diri kita sendiri, beberapa orang merasa bahwa tidak ada kemampuan lebih. Tapi percayalah Allah SWT sudah memberikan karunianya untuk kita. Tugas kita hanyalah mencarinya. Jangan hiraukan apa kata-kata orang lain. Sebab rezeki datang dari Allah SWT bukan manusia. Insya Allah jika niat kita ikhlas, Allah akan mencurahkan rezeki kita," pungkasnya.



Simak Video "Aeshnina, Gadis Pemberani Asal Gresik yang Surati Pemimpin Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)