Deadline Bikin Frustasi? Atasi dengan 5 Cara Ini

Yudistira Imandiar - wolipop Jumat, 30 Okt 2020 15:10 WIB
Ilustrasi lembur Foto: shutterstock
Jakarta -

Tuntutan deadline pekerjaan kerap membuat panik dan frustasi. Jika gagal mengondisikan diri saat menghadapi deadline, pekerjaan bisa jadi berantakan.
Himpitan deadline ditambah tekanan dari atasan atau klien kian melejitkan tensi darah. Kondisi tersebut menuntut Anda untuk bertindak cekatan namun tetap presisi, agar pekerjaan terselesaikan dengan benar.

Agar deadline tak lagi menjadi mimpi buruk, Anda harus punya strategi dalam menghadapinya. Berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan saat berhadapan dengan deadline, dikutip dari Forbes.

1. Buat Daftar Prioritas

Di saat ada banyak daftar tugas yang mesti dibereskan, segera buat rincian prioritas. Dahulukan tugas yang paling krusial terlebih dahulu. Jangan sampai ketika waktu semakin mepet, Anda malah terdistraksi oleh pekerjaan-pekerjaan yang sebenarnya bisa dikesampingkan.

2. Fokus di Satu Tugas

Tekanan deadline boleh jadi membuat Anda gugup dan overthinking. Dalam kondisi seperti ini, pikiran melayang ke berbagai arah. Tugas-tugas yang menumpuk kian membuat frustasi. Untuk keluar dari keadaan tersebut, segera ambil napas panjang, pulihkan fokus pikiran agar tertuju pada tugas yang benar-benar mendesak untuk segera diselesaikan. Lupakan sejenak tugas lain yang masih bisa dikerjakan setelah Anda menyelesaikan pekerjaan utama.

3. Elaborasi Tugas

Melihat tugas secara keseluruhan bakal menimbulkan kebingungan. Sebaiknya, buat rincian step by step yang harus Anda kerjakan. Buat urutan proses kerja yang paling memudahkan Anda. Cara tersebut bisa mengurangi rasa stres dalam mengerjakan tugas.

4. Tenangkan Diri

Otak akan sulit berpikir jernih ketika dalam kondisi gugup dan panik. Jika lingkungan kerja sudah memberi Anda tekanan dalam mengejar deadline, tenangkan pikiran untuk menetralisir tekanan tersebut. Lakukan meditasi setidaknya dua menit dengan mengatur napas, melemaskan tubuh, dan mengosongkan pikiran sejenak. Setelah merasa lebih tenang, Anda bisa menentukan langkah yang efektif untuk merampungkan tugas.

5. Jangan Menunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan sama dengan menyetel bom waktu. Saat waktunya sudah mepet, bom itu akan meledakkan pikiran Anda. Sekalipun punya waktu panjang dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan, coba cicil sedikit demi sedikit agar pekerjaan bisa selesai tepat waktu. Dengan begitu Anda tidak akan dibuat frustasi oleh deadline.

Untuk menghindari tumpukan deadline pekerjaan,tidak ada salahnya memanfaatkan waktu senggang untuk mencicil pekerjaan. Lebih praktis jika Anda mengerjakan tugas lewat smartphone, seperti Samsung Galaxy Z Fold2 yang memudahkan Anda dalam bekerja.

Mark ZuckerbergSamsung Galaxy Z Fold2 Foto: Dok. Samsung

Samsung Galaxy Z Fold2 ditenagai Snapdragon 865+ yang merupakan chipset terkencang di ponsel Android. Dipadukan dengan RAM LPDDR5 12 GB dan memori internal UFS 3.1 256 GB, membuat ponsel bebas lag untuk menjalankan banyak pekerjaan.

Smartphone ini memiliki fitur Multi-Active Windows untuk membuka tiga aplikasi sekaligus berdampingan. Dengan fitur ini, Anda bisa menggarap pekerjaan sambil membalas chat atau menjelajah media sosial di waktu senggang, atau saat video conference.

Pengguna smartphone layar lipat ini juga dapat memindahkan file teks maupun gambar cukup dengan drag and drop file dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya yang tengah dibuka berdampingan. Memudahkan Anda memindahkan tulisan atau gambar saat membuat presentasi atau dokumen pekerjaan.
Samsung Galaxy Z Fold2 bisa jadi teman yang andal dalam bekerja. Temukan informasi lebih lanjut di sini.



Simak Video "Kupas Tuntas Fashion Seo Dal Mi, Pemeran Drakor Start Up"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/eny)