Liputan Khusus Wisuda Online

Viral Perjuangan Mahasiswa 6 Tahun Kuliah, Berakhir Wisuda di Atas Kasur

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 13 Okt 2020 11:00 WIB
Rahman Ariansyah. S. P saat wisuda online Rahman saat wisuda online. Foto: Instagram @kendari.update.
Jakarta -

Wisuda online menghadirkan berbagai cerita viral yang menarik atensi netizen. Ada yang naik bukit demi mendapatkan sinyal, ketiduran hingga tetap dandan cetar berkebaya.

Kini ada lagi kisah wisuda online yang menarik perhatian warganet. Wisudawan yang berasal dari Buton Utara, Sulawesi Tenggara ini jadi perbincangan netizen karena menangis saat wisuda online di atas kasur. Seperti apa kisahnya?

Saat dihubungi Wolipop, pria bernama Rahman Ariansyah. S. P. itu menceritakan kejadian dirinya menangis saat wisuda online terjadi di kost seniornya pada 19 Agustus 2020. Dia menangis saat prosesi pemindahan tali toga.

"Pada saat pemindahan toga wisuda online, saya dalam posisi duduk. Kakak seniorku sengaja rekam. Saya lagi menunduk dan menangis, jadi saya tidak melihat kalau direkam," kata Rahman kepada Wolipop lewat telepon, Jumat (9/10/2020).

Rahman Ariansyah. S. P saat wisuda onlineRahman Ariansyah. S. P saat wisuda online Foto: Dok. pribadi Rahman

Rahman merupakan lulusan dari Universitas Haluoleo, Kendari, Sulawesi Tenggara, jurusan Agroteknologi. Dia pun mengungkapkan alasan kenapa menangis saat wisuda online tersebut.

"Kakak senior saya sambil memberikan pertanyaan, 'Kau kenapa?'. 'Sedihlah posisinya wisuda di atas kasur.' Itu dialog pertama terus dia nulis kuliah 6 tahun perjuangan, berakhir dengan wisuda online di atas kasur. Kakak seniorku langsung posting di Instagram Storynya dan langsung viral. Di tambah dengan backsound ku menangis...," kenangnya seraya tertawa.

Pria 25 tahun itu memilih menjalani wisuda online di kost kakak seniornya karena dia tidak mau diwisuda sendirian. Dia sendiri tinggal merantau tak bersama orangtuanya.

Rahman Ariansyah. S. P saat wisuda onlineRahman Ariansyah. S. P saat wisuda online Foto: Instagram @kendari.update.

"Selama wisuda online ini jujur terharu, karena orangtua tak ada di sampingku. Yang saya inginkan orangtuaku menyaksikan saat saya diwisuda. Malah sekarang wisuda di atas kasur. Awalnya saya mau menunda wisuda pada Januari 2021, cuman berpikir juga akan buang-buang waktu. Mau tidak mau ambil wisuda pada Agustus kemarin," terangnya.

Setelah videonya menangis di atas kasur saat wisuda online viral, Rahman mengaku merasa aneh. Karena baginya video tersebut tidak terlalu istimewa. Hanya saja dia memang merasa sedih karena harus menjalani wisuda online.

"Sebenarnya kurang sepakat juga dengan wisuda online, tapi ya mau tidak mau di era pandemi ini kita harus mengikuti protokol kesehatan. Dan kebijakan universitas mewajibkan wisuda di online dulu," ujarnya.



Simak Video "Virtual Meeting Jadi Angin Segar Bagi EO di Masa Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)