Cerita Ferry Baswedan & Nur Asia Uno Soal Kesibukannya Selama Pandemi

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 28 Agu 2020 15:16 WIB
Istri Cagub DKI Jakarta Anies Baswedan, Fery Farhati Ganis bersama istri dari Cawagub DKI Jakarta Sandiaga Uno, Nur Asia saat hadir di acara Blak-blakan detikcom. Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Pandemi Corona membuat sebagian wanita jadi semakin sibuk karena harus bekerja selagi mengurus anak di rumah yang sekolah online. Apalagi beberapa wanita yang terlibat dalam kegiatan sosial untuk membantu sesama yang membutuhkan di saat sulit ini. Ferry Farhati dan Nur Asia adalah beberapa wanita yang harus membagi waktu antara keluarga dan kegiatan sosial mereka. Para istri politisi itu pun membagikan cerita.

Ferry Farhati dan Nur Asia menjadi bintang tamu dalam press conference virtual #fromvivizubeditoindonesia. Istri Anes Baswedan dan istri Sandiaga Uno itu menceritakan kesibukan selama pandemi Corona dan bagaimana mereka mengurus keluarga di situasi ini. Ferry Farhati pun mengungkap jika ia sendiri awalnya mengalami kerepotan dan hingga masih beradaptasi dengan keadaan. istri gubernur DKI Jakarta itu berusaha menjaga kesehatan mental keluarga dan masyarakat.

"Caranya yang pertama adalah acceptance situasi ini. Awalnya mungkin ada masalah karena kaget dan tidak bisa beraktivitas normal jadi kita harus berusaha membangun suasana positif," ungkap Ferry dalam acara yang disiarkan Kamis, (27/8/2020). "Ciptakan lingkungan positif dan optimis sehingga kita tidak fokus ke hal negatif, misalnya dengan mengisi ruang digital dengan cerita warga yang menyatukan kita untuk sama-sama menghadapi pandemi," tambahnya.

Sebagai seorang ibu, Ferry pun mengajak sesama wanita untuk saling membantu keluarga lainnya selama situasi pandemi Corona yang tak menentu ini. "Ibu itu penggerak keluarga, kunci dari keseimbangan di rumah, semua orang pasti mencari ibunya. Di situasi ini ibu menjadi pegangan keluarga. Dengan program Ibu-ibu Kota, intinya mereka juga menggerakkan keluarga sekitarnya. jadi kita juga mendukung keluarga lain agar Jakarta penuh harapan, positif, dan humanis," kata Ferry.

Nur Asia juga disibukkan dengan keluarga dan kegiatan sosial belakangan ini. Selain menemani anak belajar dan bermain di rumah, ia juga membantu mewadahi UMKM untuk menjualkan produk mereka melalui Nur Corner. Adapun program amal lain yang bertujuan untuk membantu anak-anak sekolah kurang mampu membeli kuota dan mendapatkan gadget untuk sekolah online. Hal itu dilakukan untuk menolong mereka yang terkena dampak COVID-19.

"Kami mewadahi UMKM untuk membantu menjualkan produk mereka di Nur Corner yang awalnya cuma garasi akhirnya bisa bikin tempat dan peluang untuk UMKM. Kami berikan masukan dan mengajari mereka melihat peluang bisnis dan menjualkan," ungkap Nur mengenai Nur Corner yang sudah dimulai enam bulan sebelum COVID-19.

Banyak kesibukan selama masa pandemi, Nur Asia pun ekstra menjaga kesehatan. Belakangan ini mengaku sering olahraga, mulai dari yoga hingga basket. "Mau nggak mau kita harus hidup sehat selama pandemi jadi pola makan sehat pasti, rutin olahraga yoga biasanya manggil guru, puasa Senin Kamis, selalu berpikiran positif karena sampai saat ini masih dikasih umur,"

Nur Asia pun tak jarang olahraga bersama suaminya yang memang dikenal suka olahraga. "Kadang sama Bang Sandi karena dia suka olahraga jadi biasanya saya ikutnya sore sepedaan dekat rumah dan basket ya buat fun-fun aja," kata Nur Asia.

(ami/ami)