Apa Itu SKS? Plus Istilah Khas Kuliah Lainnya untuk Mahasiswa

Rosmha Widiyani - wolipop Senin, 10 Agu 2020 06:00 WIB
Student girl writing in notebook and studying. Casual clothing, scarf and hat. Foto: Getty Images/Mixmike/Apa Itu SKS? Plus Istilah Khas Kuliah Lainnya untuk Mahasiswa
Jakarta -

Istilah khas kuliah yang banyak menggunakan akronim atau singkatan kerap bikin bingung terutama bagi mahasiswa baru alias maba. Padahal, istilah-istilah ini nantinya kerap digunakan untuk berbagai urusan perkuliahan mulai dari akademis hingga administratif.

Penjelasan berbagai istilah kuliah, misal apa itu SKS, kini bisa didapat dari berbagai sumber. Salah satunya situs pengajar Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada Djoko Luknanto tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 49 tahun 2014.

Pertanyaan apa itu SKS terkait langsung dengan program pembelajaran pendidikan tinggi di berbagai jenjang dan bidang ilmu. SKS akronim dari Sistem Kredit Semester yang merupakan beban belajar di kuliah atau universitas untuk mahasiswa.

"Satu SKS setara dengan 160 atau seratus enam puluh menit kegiatan belajar per minggu per semester meliputi 50 menit tatap muka, 50 menit tugas terstruktur dan 60 menit tugas mandiri," demikian ditulis dalam situs tersebut dilihat detikcom pada Jumat (7/8/2020).

Tertulis dalam situs tersebut, setiap mata kuliah paling sedikit memiliki bobot satu SKS. Sementara satu SKS pada bentuk pembelajaran praktikum, praktik studio, praktik bengkel, praktik lapangan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara, adalah 160 menit per minggu per semester.

Jenjang pendidikan D4 dan sarjana memiliki beban belajar minimal 144 SKS dengan masa studi selama 4-5 tahun. Beban belajar mahasiswa berprestasi akademik tinggi dapat ditambah setelah dua semester di tahun pertama, hingga 64 jam per minggu yang setara 24 SKS per semester.

Setelah menjawab apa itu SKS, berikut penjelasan istilah lain dalam kuliah:

1. KRS atau Kartu Rencana Studi

Penyebutan KRS bisa berubah sesuai aturan di tiap perguruan tinggi atau universitas. KRS berisi data lengkap mahasiswa misal identitas, nomor mahasiswa, angkatan, fakultas, jurusan, mata kuliah yang diambil, dan jumlah SKS di semester tersebut.

2. IP atau Indeks Prestasi

IP adalah nilai rata-rata mahasiswa selama satu semester yang jika dijumlahkan selama kuliah menjadi IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif. Semakin tinggi IP maka makin banyak jumlah SKS yang bisa diambil dalam satu semester, yang artinya semakin cepat mahasiswa bisa lulus universitas dengan nilai baik.

3. Mutu

Mutu menentukan kemampuan mahasiswa dalam menjalani perkuliahan dengan jumlah SKS yang diambil dalam satu semester. Nilai mutu mempengaruhi IP yang menggambarkan kemampuan mahasiswa selama menempuh pendidikan di universitas.



Simak Video "10 Universitas Terbaik Indonesia 2020 Versi Webometrics"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)