Viral Lowongan Kerja Bikin Netizen Geram, Gaji dan Pekerjaannya Tidak Sesuai

Vina Oktiani - wolipop Selasa, 04 Agu 2020 17:39 WIB
Ilustrasi ibu bekerja Ilustrasi Bekerja / Foto: iStock
Jakarta -

Setiap orang pasti menginginkan karyawan atau pekerja yang berdedikasi dan sesempurna mungkin. Biasanya syarat-syarat utama yang dibutuhkan akan dicantumkan di dalam lowongan pekerjaan. Namun ternyata beberapa lowongan pekerjaan memiliki syarat yang cukup tinggi dan tidak sesuai dengan gaji yang ditawarkan, seperti yang satu ini.

Seperti dikutip dari Bored Panda, sebuah lowongan pekerjaan menjadi pengasuh mendadak viral setelah diunggah ulang di Reddit. Tidak sedikit netizen yang merasa geram setelah membaca lowongan pekerjaan itu. Pasalnya, lowongan tersebut memiliki syarat yang dinilai berlebihan dan aneh serta tidak sebanding dengan gaji yang ditawarkan.

Lowongan pekerjaan menjadi pengasuh itu menawarkan upah sekitar US$100 atau Rp 1,4 juta seminggu. Dalam lowongan pekerjaan tertulis bahwa pengasuh akan dipekerjakan untuk mengurus dua orang anak perempuan yang berusia 6 dan 2 tahun. Yang memancing amarah netizen adalah pengasuh yang dibutuhkan tidak hanya harus menjaga sang anak, melainkan juga harus menyediakan makanan vegan.

Lowongan pekerjaan pengasuh anak,Lowongan pekerjaan pengasuh anak, Foto: Reddit/keelhaulrose

"Harus menyediakan makanan (Hanya makanan vegan organik!!!)
Harus tidak merokok
Harus menyerahkan cek latar belakang kriminal (akan membayar Rp 73 ribu untuk catatan bersih, jangan meminta saya untuk membayar cek itu!!!)
Hanya wanita!!!
Harus bekerja pada hari libur tanpa pemberitahuan," tulis kalimat dalam lowongan pekerjaan tersebut.

Walaupun lowongan tersebut menjanjikan kenaikan upah menjadi sekitar Rp 2,2 juta seminggu setelah 6 bulan bekerja, namun tetap saja gaji yang ditawarkan tidak sesuai dengan syarat dan permintaan yang perlu diikuti. Di dalam lowongan juga tertulis bahwa pengasuh tidak diperkenankan untuk menginap, mengajak teman, belajar atau menonton Youtube di ponsel ketika bekerja di dalam kondominiumnya dari jam 6.30 pagi sampai 6 sore.

"Mengapa kamu mengharapkan pengasuh datang ke rumahmu untuk menyediakan makanan untuk anak-anakmu????" komentar salah seorang netizen.

"Benar? Membuatkan makanan, pastinya. Membeli makanan??!!!" tulis komentar lain di Reddit.

Sementara ada netizen yang merasa bahwa upah yang ditawarkan justru terlalu kecil. Mereka lalu mulai memaparkan perhitungannya dan membandingan dengan upah yang mereka berikan kepada para pengasuh anaknya.

"Awalnya saya pikir Rp 1,4 juta per hari dan bahkan itu ... Rp 64 ribu per anak per jam. Dan di atas itu semua kamu harus membelikannya makanan organik vegan. Tapi Rp 1,4 juta per minggu ??? Di mana kepedulianmu terhadap keselamatan anak-anakmu?" komentar netizen lain.

"Saya membayar Rp 191 ribu per jam untuk anak saya. Mereka bebas menggunakan rumah kecuali kamar saya dan belajar. Mereka dapat makan apa yang mereka masak untuk anak-anak dan makanan ringan yang mereka inginkan dengan alasan yang jelas dan wifi baik untuk digunakan. Itu semua masih di bawah bayaran untuk apa yang telah saya sampaikan tetapi saya tinggal di daerah San Francisco," tulis salah satu komentar.

Di Amerika sendiri, rata-rata upah untuk mengasuh satu orang anak adalah US$ 13.97 atau sekitar Rp 205 ribu per jam. Sedangkan jika dihitung, gaji yang ditawarkan dalam lowongan pekerjaan pengasuh itu hanyalah US$1.74 atau sekitar Rp 25 ribu per jam.



Simak Video "Bikin Baju dari Tas Louis Vuitton dan Gucci, Wanita Filipina Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)