Daftar 10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia 2020 Menurut Webometrics

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 04 Agu 2020 17:01 WIB
Divers group of high school of college graduates smiling during the graduation ceremony. They are standing in a row. Foto: iStock
Jakarta -

Tak sedikit calon mahasiswa yang melirik universitas swasta untuk melanjutkan pendidikan. Universitas swasta memang bisa jadi lebih baik dari negeri. Sejumlah kampus swasta bahkan masuk dalam peringkat atas di daftar universitas terbaik se-Indonesia. Berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh Webometrics, ada 10 universitas swasta terbaik di Indonesia punya penilaian tinggi dan bisa jadi pertimbangan mencari kampus bagi calon mahasiswa 2020.

Webometrics adalah lembaga pemeringkatan asal Spanyol yang mempublikasi hasil mereka dua kali setahun. Pemeringkatan universitas tahun ini, data dikumpulkan sejak 1 Januari hingga 20 Juli dan baru dirilis beberapa waktu ini.

Penilaian Webometric ini percaya bahwa kehadiran web bisa menjadi indikator kinerja sebuah universitas. Karena itu, Webometrics memberikan peringkat pada perguruan tinggi baik negeri maupun swasta berdasarkan empat indikator yakni 'presence', 'visibility', 'transparency', dan 'excellence'. Banyak kampus swasta yang dinilai baik dalam empatnya hingga bisa masuk dalam daftar universitas swasta terbaik di Indonesia 2020.

Presence' atau jumlah halaman website dari domain web utama mendapat bobot 5%, 'Visibility' atau jumlah eksternal link yang terhubung ke domain web perguruan tinggi yang terekam dalam situs pencarian berbobot 50%. 'Transparency' adalah jumlah kutipan dari 210 penulis teratas yang bersumber dari Google Scholar yang dinilai 10%. Sedangkan 'Excellence' merupakan jumlah artikel publikasi ilmiah karya sivitas akademika yang terindeks pada jurnal internasional dengan reputasi tinggi bersumber dari Scimago dan bobotnya 35%.

Dalam pemeringkatan universitas edisi 20 Juli, khusus kampus swasta, Telkom University menempati urutan pertama. Berdasarkan faktor-faktor yang sudah disebutkan, berikut pemeringkatan 10 universitas swasta terbaik di Indonesia 2020 menurut Webometrics.

1. Telkom University, Bandung.
2. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
3. Universitas Bina Nusantara, Jakarta.
4. Universitas Narotama Surabaya
5. Universitas Mercu Buana, Jakarta.
6. Universitas Gunadarma, Depok.
7. Universitas Islam Indonesia, Depok.
8. Universitas Dian Nuswantoro, Semarang.
9. Universitas Muhammadiyah Malang
10. Universitas Katolik Parahyangan, Bandung.



Simak Video "10 Universitas Terbaik Indonesia 2020 Versi Webometrics"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)