Mengenal Karakter 4 Generasi yang Ada di Perusahaan, Boomers Hingga Gen Z

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 15 Jul 2020 08:50 WIB
Two Business Colleagues With an Application Form Conducting an Interview at a Table Foto: Thinkstock
Jakarta -

Konflik dengan sesama rekan kerja pasti pernah terjadi. Tak jarang masalahnya hanya karena perbedaan generasi. Setiap generasi memang punya karakteristik masing-masing. Terkadang hal tersebut kurang dipahami mereka yang beda zaman sehingga timbul kesalahpahaman dalam berkomunikasi.

Mengetahui adanya keragaman dan celah generasi dalam lingkungan kerja, duo pakar komunikasi sekaligus presenter Becky Tumewu dan Erwin Parengkuan membuat sebuah buku untuk mencari 'jembatannya'. Dari data, hasil wawancara perusahaan nasional dan multionasional, hingga survei event organizer, ditemukan karakteristik-karakteristik umum Baby Boomers hingga Generasi Z. Berikut empat generasi yang bekerja dalam satu perusahaan di zaman ini beserta karakteristiknya.

1. Baby Boomers
Baby boomers adalah generasi orang yang lahir pada 1946-1964. Biasanya para baby boomers hadir di suatu perusahaan sebagai direktur atau anggota dewan. Banyak dari kamu mungkin sering menghindari mereka karena gaya kepemimpinan yang keras dan kuno. Tapi harus kamu tahu bahwa karakteristik para baby boomers adalah karena bawaan dan didikan dari orangtua.

"Biasanya baby boomers itu dikenal kuno dan suka ikut aturan. Itu karena pengaruh orangtua mereka dulu yang menjadi bagian dari generasi tradisionalist. Tradisionalist biasanya adalah pendiri dari perusahaan-perusahaan besar sekarang ini. Mereka bekerja setelah masa perang karena itu hidupnya keras. Jadi tradisionalist mendidik anak-anak mereka juga dengan keras sehingga pola pikirnya kuno," kata Becky Tumewa dalam peluncuran virtual buku Generation Gap(less) Seni Menjalin Relasi Antargenerasi, Selasa, (14/7/2020).

2. Generasi X
Sedangkan generasi X yang lahir sekitar 1965-1980 kini menempati posisi senior dalam perusahaan. Meski sama-sama sudah matang, mereka umumnya punya karakteristik yang berbeda dari baby boomers. Generasi X cenderung lebih santai karena mereka justru tidak suka dengan aturan kuno yang dihibahkan para baby boomers. "Mereka adalah pekerja keras tapi juga play hard," tutur Erwin.

3. Millennial
Menurut temuan Becky dan Erwin, millennial adalah generasi yang paling kompleks. Mereka yang lahir pada 1981 hingga 1996 ini mendominasi industri kerja sehingga penting untuk dipahami karakternya. Millenial dikatakan cenderung lebih playful ketika bekerja dan menginginkan keduanya bisa berjalan bersamaan. Sesuai dengan prinsip YOLO (You Only Life Once) yang muncul di generasi ini, mereka ingin menikmati hidup jadi tidak suka hal-hal kaku.

"Mereka ingin mengintegrasikan antara work dan pleasure. Semuanya berangkat dari Silicon Valley. Kalian pasti tahu bahwa mereka sangat playful jadi tidak suka pakai business attire, boleh kerja di ruang makan, di rumah, di mobil. Sebelum ada PSBB mereka udah bekeja dari rumah," kata Erwin.

"Millennial itu bersikap YOLO karena lahir dari baby boomers yang kaku dan (mengurus mereka sambil) bekerja jadi luput dari atensi orangtua. Millennial melihat dunia ini mulai nggak beres karena itu mereka ingin membantu dunia menjadi lebih baik," tambahnya.

4. Generasi Z
Generasi Z yang lahir pada 1996-2010 mungkin masih jarang ada di perusahaan. Umumnya mereka adalah anak magang atau anak baru. Walau tampaknya dekat dengan millennial, anak-anak muda ini punya karakteristik yang bisa bertolak belakang. Berbeda dengan seniornya, mereka malah lebih 'rapi' karena sudah melihat kacaunya millennial yang mencampurkan kerja dan main.

"Generasi Z itu pesimis ketika melihat dunia luar tapi optimis dan confident pada diri sendiri. Generasi ini melihat bahwa dunia sudah kacau dan itu membuat mereka lebih self-centered walaupun tidak semuanya demikian," kata Becky.



Simak Video "Generasi Jaman Now Pentingkan Karier Ketimbang Percintaan"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)
dMentor
×
Ciptakan Mental Baja Dalam Berbisnis
Ciptakan Mental Baja Dalam Berbisnis Selengkapnya