Kisah TKI Pabrik Tahu Sukses Jadi YouTuber di Korea, Punya Peternakan Ayam

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 04 Jul 2020 16:30 WIB
zhiee leely Foto: instagram @zhieeleely
Jakarta -

Pekerjaan sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) masih menjadi pilihan masyarakat yang ingin mencari rezeki selain di tanah air. Dan siapa sangka menjadi TKI juga membuka kesempatan untuk menjadi YouTuber di zaman sekarang ini.

Seperti cerita TKI bernama Leli Lestari atau yang lebih dikenal dengan Zhiee Leely di YouTube. Memiliki lebih dari 532 ribu subscriber di YouTube, Zhiee mengungkapkan kisahnya saat pertamakali datang ke Korea pada 2010.


"Pertama berangkat ke Korea, November tahun 2010. Ada kesulitan saat aku pertama kali datang ke Korea karena kendala bahasa, karena dulu cuma belajar 3 bulan, jadi belum terlalu lancar bahasa Korea. Terus harusnadaptasi sama orang Korea dan musim di Korea," kata Zhiee kepada Wolipop lewat Whatsapp, Kamis (2/6/2020).

Zhiee mengatakan alasannya tertarik bekerja di Korea karena ajakan dari temannya yang sudah terlebih dahulu bekerja di Negeri Gingseng. Sebelum bekerja di Korea, wanita yang lahir di Banjarnegara, Jawa Tengah ini pernah bekerja di pabrik makanan di daerah Bogor.

zhiee leelyzhiee leely Foto: instagram @zhieeleely



Zhiee mendapatkan pekerjaan di Korea Selatan di sebuah pabrik tahu. Dia kemudian iseng membuat konten tutorial hijab dan vlog kesehariannya sebagai TKI di Korea,

"Awalnya cuma iseng buat mengisi kegiatan di Korea, tapi lama-lama terbiasa buat video. Akhirnya fokus nge-Youtube sambil kerja di Korea. Aku pun nggak punya tim, cuma buat video bareng sama suami. Isi kontennya kebanyakan tentang kegiatan selama di Korea. Kebanyakan belanja dan kuliner di Korea," katanya.

Mulai konsisten membuat vlog untuk YouTube sejak 2017, Zhiee Leely kini sudah mempunyai 532.000 Subscribers. Wanita yang total videonya sudah ditonton lebih dari 80 juta kali itu pun merasakan buah dari keberhasilannya sebagai TKI YouTuber di Korea Selatan.

zhiee leelyzhiee leely Foto: instagram @zhieeleely



"Hasil YouTube Alhamdulillah bisa ditabung. Awalnya iseng-iseng sekalian buat kenang-kenanganan selama di Korea. Alhamdulillah punya subscriber yang tiap hari bertambah, jadi akhirnya tambah semangat buat Youtube. Waktu itu sempat buat peternakan ayam hasil dari uang Youtube," ujar Zhiee.

Zhiee mengatakan popularitasnya di YouTube meningkat seiring semakin rutinnya dia mengunggaj segala hal mengenai kesehariannya sebagai TKI di Korea.

Menurutnya, Youtubenya semakin banyak dikenal sejak ia rutin mengunggah kehidupannya selama di Korea. Beberapa videonya yang ditonton jutaan kali di antaranya berjudul Jajanam Kaki Lima di Myeongdong Korea + Ketemu Artis Kpop dan Penen Buah Mulberi Liar di Pinggir Jalan Korea.

"Mulai banyak yang menonton sejak 3 bulan pertama buat YouTube, waktu itu video kuliner yang banyak ditonton," tambahnya


Zhiee ia sudah pulang ke kampung halamannya karena sudah menyelesaikan kontrak kerja di Korea.

Selama bekerja sebagai karyawan pabrik tahu di Korea ia menikmati selama berada di Korea,"Pengalaman selama di Korea yg pasti ada suka dukanya. Sukanya bisa bekerja di Korea sekaligus bisa jalan-jalan saat libur kerja. Dukanya jauh dari keluarga. Dukanya karena jauh dari keluarga, ga bisa ketemu setiap hari."

Zhiee saat ini tengah berada di kampung halamannya di Banjarnegara, Jawa Tengah. Dia baru saja pulang kampung karena kontraknya sebagai TKI sudah selesai. Meski demikian Zhiee masih konsisten mengunggah berbagai hal tentang kehidupan di Korea di akun YouTubenya.



Simak Video "Tips & Trik Pakai Maskara Ala Korea"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)