Terlalu Millennial, Lowongan Kerja Viral Ini Justru Bikin Netizen Curiga

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 13 Jun 2019 17:39 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Sejumlah manajer mengeluhkan sulitnya mencari calon pekerja yang cocok dengan kriteria perusahaan. Sedangkan di luar sana masih banyak orang yang mengaku sulit mendapatkan informasi lowongan. Sebuah perusahaan tampaknya menemukan sebuah cara cerdas untuk menarik lebih banyak pelamar. Tak seperti lowongan pekerjaan biasa, sebuah iklan pencarian pegawai dibuat 'ramah' millennial sehingga mencuri perhatian anak-anak muda. Jadi viral Twitter, lowongan pekerjaan millennial ini bikin netizen kagum sekaligus curiga.

Sebuah lowongan pekerjaan unik diunggah Toby Milliard di akun Twitter-nya beberapa waktu lalu. Toby mendapatkan sebuah iklan pencarian pegawai yang unik bahkan menurutnya adalah sebuah maha karya. Lowongan untuk posisi 'F&D Creative' tersebut memang punya gaya bahasa hingga persyaratan tak biasa yang bisa membuat para millennial kreatif penasaran ingin mencoba.

"Kami berkoneksi dengan cara padang millennial tak kenal usia dan percaya bahwa hotel-hotel bisa meningkatkan dunia mereka melalui seni, musik, fashion, dan koneksi unik. Raddison RED melihat dengan berbeda. Kami tidak punya 'staff' kami punya 'orang-orang kreatif',"

"Selama di hotel, kamu membuatnya bersih, memasak di kompor, menyajikan kopi, mengocok cocktail, menerima pesanan tur, membuat reservasi, dan check-in tamu-tamu. Selalu tertawa dengan tamu-tamu, bermain permainan aneh dan bahkan sesekali jahil tapi secara umum OK, di RED kami memintanya," tulis lowongan.

Para netizen pun terpana dengan cara hotel tersebut menyajikan lowongan kerja. Apalagi hotel itu juga menggambarkan tempat kerjanya dengan sangat menggoda. Bar hotel disebut sebagai tempat yang bahagia karena hadir dengan live musik. Yang perlu dilakukan pelamar terpilih pun adalah menerima resevasi, memasak omelet, sambil menikmati hootel.

Tak hanya itu, hotel ini juga memberikan persyaratan unik. "Siap? Beritahu kami. Buat kami tersenyum. Gunakan ponselmu dan kirimkan kami video klip atau selfie atau foto atau link Instagram, apapun berikan kami informasi mengapa kamu siap untuk menyambut dunia ke sisi RED,"

Membaca lowongan ini, banyak orang merasa kagum dan tertarik tapi beberapa netizen mengaku curiga. "Kamu akan bekerja 60 jam seminggu dengan gaji minimum,"
"Biarkan manajemen membawamu dengan janji palsu sampai kamu pingsan karena kelelahan,"
"Banyak melakukan gimnastik untuk menghibur fakta bahwa hanya satu orang yang akan memasak, membersihkan, menjaga bar, menjaga meja depan, resepsionis, dan berhubungan sekaligus,"

Mengenai hal itu, pihak hotel sendiri sudah memberi keterangan bahwa mereka serius mencari pekerja dan akan memberikan gaji dan jam kerja yang sesuai. Tertarik coba?
(ami/ami)