Salut! Wanita Ini Ikut Ujian Sekolah 30 Menit Setelah Melahirkan

Hestianingsih - wolipop Rabu, 12 Jun 2019 15:40 WIB
Almaz Derese ujian sekolah di rumah sakit, ditemani pengawas. Foto: BBC Almaz Derese ujian sekolah di rumah sakit, ditemani pengawas. Foto: BBC

Mettu - Semangat wanita Ethiopia ini untuk terus belajar dan melanjutkan pendidikan patut ditiru. Dalam kondisi tubuh masih lemah setelah melahirkan, ia masih sanggup menyelesaikan ujian sekolah.

Almaz Derese bisa menjadi contoh bahwa pendidikan bisa dijalani di manapun dan kapanpun asalkan ada kemauan yang kuat. Wanita 21 tahun ini langsung ikut ujian sekolah menengah, 30 menit setelah melahirkan anaknya.

Wanita asal Mettu, Ethiopia Barat, ini terlihat mengisi lembar jawaban dari kertas ujian sambil duduk di tempat tidur rumah sakit Karl Mettu. Total ada tiga ujian dari tiga mata pelajaran yang diikutinya.


Awalnya Almaz berharap bisa ikut ujian sekolah menengah sebelum melahirkan bayinya. Namun ujian harus ditunda karena bertepatan dengan Bulan Ramadan.

Almaz masuk kamar persalinan pada Senin (10/6/2019), tepat sebelum ujian hari pertama dimulai. Pada hari itu ia ikut ujian untuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Bahasa Amhara dan matematika.
Salut! Wanita Ini Ikut Ujian Sekolah 30 Menit Setelah MelahirkanAlmaz Derese ujian sekolah di rumah sakit. Foto: BBC

Kepada BBC, Almaz mengungkapkan tidak terlalu kesulitan menghadapi ujian dan persalinan dalam waktu yang hampir bersamaan.

"Karena aku ingin cepat-cepat ujian, persalinanku tidak sulit sama sekali," ujarnya.


Suami Almaz, Tadese Tulu, mengungkapkan kalau dia harus meyakinkan sekolah agar mengizinkannya ikut ujian hari pertama di rumah sakit. Sementara di hari kedua, Almaz harus mengikutinya di tempat pusat ujian.

Sudah jadi hal lumrah bagi wanita di Ethiopia untuk berhenti sekolah dan melanjutkannya lagi kapan saja. Kebijakan pemerintah memperbolehkan wanita keluar sekolah karena berbagai alasan. Nantinya mereka bisa kembali sekolah sampai tuntas.

Setelah ujian sekolah menengah, ibu satu anak ini berencana mengambil kursus selama dua tahun untuk persiapan masuk universitas. Semangat belajar terus, Almaz!
(hst/hst)