Kisah Inspiratif Mantan Resepsionis Alibaba yang 'Memanjat' Jadi Top Eksekutif

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 12 Jan 2019 09:40 WIB
Ilustrasi. Foto: iStock Ilustrasi. Foto: iStock

Jakarta - Sebelum menjadi salah satu bos di Alibaba, Judy Tong Wenhong memulai karier sebagai resepsionis. Berkat kerja keras dan kegigihannya, wanita tersebut pun sukses naik jabatan. Tak tanggung-tanggung, Judy kini berhasil menjadi top eksekutif sekaligus partner kerja paling inspiratif untuk Jack Ma.

Judy bekerja untuk Alibaba sejak tahun 2000 ketika berusia 30 tahun. Sebelum diterima sebagai resepsionis, Judy pun pernah ditolak Alibaba ketika melamar pertama kalinya untuk posisi asisten adminstrasi. Untungnya percobaan keduanya membuahkan hasil meski sempat resign karena berkonflik dengan kolega.

Meski awal kariernya di Alibaba sedikit berliku, Judy bekerja dengan baik walau hanya sebagai resepsionis. Dilansir Women of China, wanita tersebut banyak menerima pujian karena pekerjaannya. Judy dikatakan bisa memberi masukan, teliti, dan bisa melakukan tugas-tugas sulit dengan sangat baik.

Setahun kemudian, ia pun ditransfer ke bagian 'customer support'. Dan tiga bulan setelahnya, Judy dikembalikan ke bagian adminstrasi namun sebagai manajer.

"Adalah sebuah tantangan untukku untuk memimpin grup karena aku hanya sekertaris di masa lalu," ungkap Judy Tong Wenhong.

Tak sampai di situ, kepandaian dan kerja keras Judy pun terus mengantarkannya pada sejumlah promosi. Dari manajer di customer service, wanita itu dikirim ke bagian HRD kemudian menjadi wakil presiden beberapa departemen lain di tahun 2007 hingga 2013.

Ketika menjabat sebagai wakil presiden sejumlah divisi, Judy pun belajar banyak mengenai kepemimpinan dan cara mengatasi masalah. Salah satu perannya yang paling penting adalah saat melawan penyebaran SARS di perusahaan pada tahun 2003.

Prestasi lain Judy adalah saat ia menjadi 27 rekan bisnis pertama Alibaba. Judy pun merupakan salah satu dari sembilan wanita yang membuat sejarah karena mendatangkan banyak modal dan investor untuk perusahaan itu. Mengingat Jack Ma berencana untuk pensiun tahun depan, Judy pun diprediksi akan memegang peranan lebih tinggi dalam jajaran kepemimpinan Alibaba.
(ami/ami)
Blak-blakan
×
Tes Baca Alquran Perlukah?
Tes Baca Alquran Perlukah? Selengkapnya