Bikin Nggak Produktif, 8 Barang Ini Sebaiknya Tak Ditaruh di Meja Kerja

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 20 Sep 2018 19:31 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Meja kerja ternyata bukan hanya sekadar 'markas' untuk mengerjakan tugas dan menyimpan barang. Meja juga bisa mendorong para profesional bekerja lebih maksimal. Pakar dan sejumlah riset menyarankan agar meja ditata dengan rapi dan terorganisir untuk memaksimalkan produktivitas. Selain dirapikan, disarankan pula agar Anda tidak menyimpan benda-benda yang tidak berkepentingan karena bisa membuat kerja kurang efisien. Berikut adalah delapan di antaranya:

1. Makan Siang
Bikin Nggak Produktif, 8 Barang yang Sebaiknya Tidak Ditaruh di Meja Kerja Foto: Thinkstock
Kadang pekerja terpaksa harus makan siang di meja, entah karena terlalu sibuk untuk pindah atau tidak ada tempat. Tapi menurut pakar hal tersebut malah bisa menghalangi kreatifitas dan inovasi. Menetap di satu tempat di waktu yang lama menyebabkan demikian. Karenanya, jika bisa santaplah makan siang di ruang lain kalau bisa di ruang terbuka.

2. Barang-barang Politik
Anda yang mendukung partai politik tertentu sebaiknya menyimpan benda-benda terkait dalam laci bahkan lebih baik tinggal saja di rumah saja. Dilansir Business Insider, atribut politik bisa mengubah pandangan rekan kerja terhadap Anda dan menimbulkan 'gesekan' yang tidak diperlukan.

3. Gelas Kotor
Bikin Nggak Produktif, 8 Barang yang Sebaiknya Tidak Ditaruh di Meja Kerja Foto: Thinkstock
Setelah minum kopi atau teh sebaiknya langsung singkirkan gelas kotornya dari meja kerja Anda. Karena gelas kotor bisa membuat meja jadi berantakan. Dan menurut sejumlah penelitian meja berantakan akan membuat kerja jadi kurang efisien.

4. Dokumen Legal
Jika Anda tengah mengurus persoalan hukum bersifat pribadi sebaiknya tidak menyimpan dokumen-dokumennya di atas meja kerja. Dokumen itu bisa saja dibaca rekan dan atasan kemudian membuat mereka berprasangka. Jika harus ditaruh di kantor, pastikan dokumen-dokumen itu disimpan dalam laci yang dikunci.

5. Handphone
Bikin Nggak Produktif, 8 Barang yang Sebaiknya Tidak Ditaruh di Meja Kerja Foto: Thinkstock
Sulit memang untuk dilakukan namun pakar memang menyarankan agar para profesional tidak menyimpan handphone mereka di meja. Bukan rahasia lagi jika hal tersebut dapat menggangu produktivitas karena membuat Anda terus-menerus melihatnya. Menurut riset, handphone bahkan bisa tetap menggangu bahkan ketika dimatikan.

6. Permen
Menyimpan camilan di meja kantor tentu tidak dilarang. Namun hindari menyiapkan makanan manis, seperti permen, cookies, atau cokelat jika ingin tetap sehat dan tidak bertambah berat badan. Sebaiknya simpan kacang-kacangan yang sehat dan mengeyangkan sebagai camilan di sore hari atau ketika lembur.

7. Resume
Bikin Nggak Produktif, 8 Barang yang Sebaiknya Tidak Ditaruh di Meja Kerja Foto: ilustrasi/thinkstock
Menaruh resume di meja kerja bisa membuat rekan dan atasan mengira Anda akan pindah kerja. Kalaupun semua orang sudah mengetahui Anda akan resign sebaiknya tidak menaruh resume atau surat lamaran di meja karena bisa dipandang tidak enak oleh orang lain.

8. Produk Kebersihan
Agar lebih nyaman bekerja mungkin Anda akan menyimpan produk-produk kebersihan, seperti sikat gigi, sabun cuci wajah, atau bahkan deodoran di kantor. Disarankan untuk tidak menaruhnya di meja kerja. Pakar mengatakan itu justru bisa membuat Anda terlihat kurang profesional. (ami/ami)