Menyusui di Ruang Parlemen, Politisi Wanita Cetak Sejarah di Australia

Hestianingsih - wolipop Rabu, 10 Mei 2017 10:08 WIB
Foto: Twitter/larissawaters Foto: Twitter/larissawaters

Australia - Larissa Waters telah mencetak sejarah dalam keparlemenan Australia. Anggota senat Negeri Kanguru ini jadi viral karena menyusui bayinya saat rapat parlemen. Alia Joy Waters, anak Larissa pun jadi bayi pertama yang disusui ibunya di parlemen Australia.

Senator Larissa Waters yang baru saja hadir setelah cuti melahirkan, membawa serta putri keduanya yang masih bayi ke parlemen. Di sela-sela pemungutan suara di parlemen, politisi berusia 40 tahun ini tak ragu menyusui anaknya ketika Alia membutuhkannya.

Larissa pun mendokumentasikan momen ia menyusui bayi yang baru berusia beberapa minggu itu di Twitter. Tampak foto Larissa sedang tersenyum ke arah kamera, dengan Alia yang sedang asyik menyusu.

"Sangat bangga putriku Alia jadi bayi pertama yang disusui di Parlemen! Kita perlu lebih banyak #wanita dan orangtua di Parlemen," tulis Larissa di akun Twitternya.

Langkah Larissa yang tetap bisa mengutamakan kebutuhan anaknya di tengah kesibukannya sebagai senator mendapat pujian dari rekannya sesama politisi. Katy Gallagher mengatakan momen 'langka' tersebut pantas diketahui orang banyak.

"Para wanita telah melakukannya di parlemen di berbagai dunia... Senang melihat hal itu sekarang bisa terjadi di senat," ujarnya, seperti dikutip dari Telegraph.

Katy mengharapkan setiap lingkungan kerja bisa menyediakan fasilitas, atau setidaknya membolehkan agar para ibu bekerja bisa menyusui bayinya di kantor. Ia pun menyerukan berbagai perusahaan untuk melakukan itu.

"Wanita akan terus melahirkan bayi dan jika mereka ingin melakukan pekerjaannya di kantor dan menjaga serta bayinya... realitanya kita harus mengakomodasi hal itu," kata Katy.

Sebelumnya, Australia melarang ibu membawa bayinya ke ruang parlemen. Namun mulai tahun lalu, pemerintah legislatif melakukan pemungutan suara untuk mengubah aturan tersebut dan mengizinkan ibu merawat bayinya di dalam ruang parlemen.

Senat Australia saat ini memiliki 30 wanita sebagai anggotanya. Jumlah senator wanita di parlemen mendekati 40 persen dari total keseluruhan anggota. (hst/hst)