6 Tanda Anda Harus Segera Resign dan Cari Pekerjaan Baru

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 26 Jan 2017 07:40 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Meski pekerjaan sudah sangat tidak menyenangkan, terkadang tetap tidak mudah untuk mengambil keputusan resign dari perusahaan. Beberapa orang masih memikirkan sulitnya cari kerja baru atau tidak ingin berpisah dengan rekan-rekan terdekat sehingga menunda pengunduran diri.

Padahal bertahan dengan pekerjaan yang tidak bisa dinikmati bisa berakibat buruk pada kesehatan mental dan perkembangan karier. Untuk itu, coba cek apa enam tanda di bawah ini sedang Anda alami. Jika demikian, segeralah cari pekerjaan baru!

1. Malas Menghadapi Hari Senin
Selalu ingin cepat weekend dan malas menghadapi hari Senin bisa menjadi salah satu tanda Anda harus segara resign. Timbulnya rasa enggan masuk kantor artinya Anda kurang menyukai atau bahkan membenci pekerjaan. Jika itu yang Anda sedang rasakan, segera cari tahu penyebabnya. Bila ingin tetap bertahan cobalah untuk cari solusi. Jika tidak, segeralah mengundurkan diri.

2. Belum Belajar Hal Baru
Karier yang bagus biasanya membuat orang mempelajari banyak hal atau pengalaman baru meski sudah lama melakukan pekerjaan itu. Jika tugas yang diberikan itu-itu saja dan membuat jenuh, ada baiknya Anda cari karier baru. Menurut pakar HRD Lee Biggins, pekerja tidak seharusnya berhenti berproses atau mengerjakan hal yang tidak membuatnya tertantang.

3. Merasa Bosan
Sudah merasa bosan menjadi alasan banyak orang untuk mengundurkan diri dari kantor lama. Timbulnya kebosanan memang bisa berbahaya karena artinya telah tidak tertarik lagi pada pekerjaan. Jika dibiarkan kelamaan, Anda bisa jadi kehilangan kompetensi dan semangat bekerja sehingga menurunkan performa karier.

4. Ide Tidak Didengar
Sering melontarkan ide bagus saat rapat namun pendapat tidak pernah didengar? Hal tersebut tentu menyebalkan. Selain karena rekan dan atasan tidak menghargai Anda, opini yang jarang dipertimbangkan juga bisa jadi karena kantor punya visi dan misi berbeda. Sebaiknya cari perusahaan yang lebih cocok dengan Anda.

5. Kehidupan Tidak Seimbang
Kehidupan karier yang membuat Anda terlampau sibuk sebaiknya juga ditinggalkan. Apalagi untuk Anda yang sudah berkeluarga dan memiliki anak. Karier yang menuntut dedikasi waktu terlalu banyak bisa mengganggu kehidupan pribadi. Meski pekerjaan itu mendatangkan penghasilan tinggi, sebaiknya pilih jalan karier yang lain.

6. Kesehatan Terganggu
Selain membuat waktu dengan orang tersayang jadi berkurang, terkadang pekerjaan berat membuat Anda tidak sehat. Jika Anda sering dibuat sakit karena tuntutan karier ada baiknya untuk segera resign sebelum kondisi bertambah parah. Penyakit yang dimaksud bukan hanya yang bersifat fisik namun juga mental, seperti stres berlebihan bahkan depresi. (ami/ays)