Kiat Sukses Berkarier Bagi Wanita Millennial dari Ria Miranda & Putri Tanjung

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 22 Des 2016 07:20 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Di era millennial yang serba cepat dan digital, persaingan di dunia kerja juga semakin ketat. Terlebih dengan adanya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) yang memungkinkan kompetisi bukan hanya datang dari sesama orang Indonesia tapi juga pekerja asing. Generasi millennial pun diharap bisa menghadapi berbagai tantangan karier yang semakin menuntut kerja keras.

Millennial yang tahun ini berusia 18 sampai 34 tahun pun dikenal punya karakter yang menantang. Mereka suka proses yang instan karena terpengaruh media sosial dan kemudahan teknologi di zaman sekarang. Dalam lingkungan karier, para senior kerap mengeluhkan etos kerja mereka yang kadang dianggap menyusahkan. Misalnya saja tidak suka peraturan dan ingin proses yang cepat.

Putri Tanjung adalah salah satu contoh millennial yang mengerti pentingnya proses sehingga tidak menuntut peningkatan karier secara instan. Di usia remaja, ia sudah membangun event creator yang dinamakan Creativepreneur. Anak pengusaha Chairul Tanjung itu juga meraih kesuksesan tanpa bantuan sang ayah. Di usia 20 tahun saat ini, ia sudah bisa mendapat keuntungan Rp 1 - 2 miliar untuk satu acara yang diselenggarakan. Apa kiat suksesnya?
Foto: Instagram

"Aku selalu bilang kalau setiap orang punya kesempatan sukses dan berhak bermimpi dan berkarya. Kalau bisa bekerjalah bukan untuk diri sendiri tapi banyak orang, terutama untuk Indonesia," kata Putri dalam talkshow "Wanita Inspiratif di Era Millennial" yang diadakan Duta Bangsa di Menara Mega Syariah, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (21/12/2016).

Mewakili millennial yang sudah berkeluarga, desainer busana muslim Ria Miranda juga punya kiat tersendiri untuk tetap berprestasi di zaman ini. Yakni dengan membangun karier berdasarkan passion sehingga bisa menikmati ketika dijalani.

"Jangan habiskan waktu kalau tidak sesuai passion. Dulu aku pernah bekerja bukan dengan passion. Awalnya nggak diizinkan orangtua (jadi desainer) tapi mempertahankan dan meyakinkan orangtua kalau ini akan jadi hal yang besar. Berkat doa orangtua juga sekarang bisa membuktikan dan mereka juga mengakuinya," ungkap Ria.
Foto: Mohammad Abduh/Wolipop

Bekerja di dunia kreatif seperti fashion dan penyiaran tentu banyak dituntut untuk menghadirkan inovasi. Executive producer program televisi Yessy Yani Agus pun menyarankan agar para millennial bekerja dari hati untuk bisa melakukannya. Menurut ibu dua anak itu, dukungan orangtua dan suami juga tak kalah penting untuk membantu mengurus rumah tangga.

"Biar kita jadi orang konsisten dan berguna, bekerjalah dengan hati. Itu sudah saya praktekkan dan jadi pegangan saya sampai hari ini. Cintai pekerjaan dengan sepenuh hati tanpa melupakan siapa kita. Kalau kita seorang ibu, tetaplah perhatikan keluarga. Bahkan di kantor saya ada istilah family first," ungkap produser acara "My Trip My Adventure" itu. (ami/hst)