5 Cara Memaksimalkan Email Agar Pekerjaan Cepat Selesai

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 18 Okt 2016 15:10 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Banyaknya kegiatan dan tugas kantor yang harus diselesaikan membuat sebagian orang kewalahan mengatur jadwal. Apalagi untuk wanita yang juga punya bisnis sampingan atau mengurus rumah tangga. Wanita yang punya segudang kesibukan pun bisa memanfaatkan sejumlah aplikasi yang disediakan Google untuk mempermudah kehidupannya.

"Teknologi berperan besar, Google mengorganisasi alat-alat yang mempersatukan dan memudahkan orang agar mudah bekerja bersama. Teknologi seharusnya tidak mempersulit namun membantu dan bisa membuat teman dan keluarga terkoneksi," kata Emma Ogiemwanye selaku Google Global Communication and Public Affairs dalam Productivity Tools for Women Workshop di Alun-Alun Google, Sentral Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (18/11/2016).

Adalah Gsuite, kumpulan aplikasi yang dirancang untuk mempermudah pengaturan jadwal dan kerja tim. Beberapa aplikasi yang bisa membantu wanita karier di dalamnya, antara lain Google Docs, Google Drive, Google Calender, Google Hangouts, dan Google Inbox.
Foto: Thinkstock

1. Google Drive
Sebagian dari Anda mungkin sudah familiar dengan Google Drive yang biasa menyimpan data-data di Gmail. Anda pun bisa memanfaatkannya untuk menyimpan sejumlah dokumen sehingga bisa menjadi cadangan.

"Kadang-kadang kamu lupa membawa dokumen, kamu bisa dengan mudah mengaksesnya di handphone. Apalagi Google Drive menggunakan teknologi search yang sama dengan Google sehingga bisa langsung mencari foto dengan kata aslinya," kata Emma.

2. Google Calendar
Kalender online bisa sangat memudahkan pengaturan jadwal Anda. Apalagi kalender tersebut bisa sekaligus mengingatkan. Dengan Google Calender, Anda bisa memasukan kegiatan keluarga dan kerja. Ketika ada aktivitas baru, Anda bisa langsung memintanya mencarikan waktu yang kosong.

"Wanita harus melakukan banyak hal menyangkut keluarga dan pekerjaan. Mereka juga harus mengatur jadwal anak dan memastikan anak berada di tempat yang seharusnya. Ini bisa dilakukan untuk semua orang, untuk kerja atau di rumah," tutur Emma.

3. Google Docs
Saat mengerjakan tugas bersama tim, Anda bisa melakukannya dengan Google Docs sehingga bisa selesai lebih cepat. Dengan aplikasi tersebut Anda bisa mengundang teman untuk memberi opini dalam dokumen terbuka. Anda pun dapat langsung mengedit dan memberi komentar agar rekan kerja bisa langsung memperbaiki kala ada kesalahan.
Foto: Thinkstock

4. Google Hangouts
Ingin membicarakan sesuatu dengan rekan atau keluarga yang terpisah jauh? Anda bisa langsung melakukannya dengan Google Hangouts. Di sana, Anda dapat mendiskusikan sesuatu secara grup melalui chat atau video call.

5. Google Inbox
Google Inbox adalah versi lebih canggih dari Google Mail. Dengan aplikasi tersebut, berbagai email bisa diorganisir secara otomatis. Misalnya email-email terkait kerja, perjalanan, atau berita. Yang menarik, Google Inbox bisa menyediakan tiga jawaban otomatis ketika ada pesan baru masuk.

"Misalnya kamu memberi pesan 'Ayo, hangout' lalu akan ada tiga pilihan jawaban, seperti 'Ayo' atau 'Kapan'," jelas Emma yang didatangkan dari Tokyo, Jepang tersebut. (ami/hst)