Ladies, Ini Tips Agar Bisa Berhemat dan Menghasilkan Uang Lebih

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 18 Okt 2016 06:25 WIB
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra

Jakarta - Wanita dikenal sering boros untuk urusan gaya hidup. Agar penampilan selalu cantik dan stylish, mereka rela mengeluarkan uang lebih. Sayangnya, hal tersebut sering membuat dompet dan tabungan menipis. Untuk mengedukasi para wanita, Canna Campbell pun membagi tipsnya dalam berhemat dan menghasilkan ekstra uang. Diharapkan, mereka tetap bisa membeli banyak barang namun dompet tetap aman.

Canna adalah seorang penasehat keuangan yang punya akun Youtube dengan lebih dari 60,000 pengikut. Ibu tunggal tersebut mengaku bisa menabung $32,000 atau Rp 419 jutaan per tahun. Hal itu dilakukannya dengan mengubah beberapa kebiasan kecil di keseharian dan juga berinvestasi. Ia pun mengajak para wanita lain agar berpikir kreatif untuk menghasilkan uang lebih.

"Ini semua dilakukan dengan membangun pendapat pasif dan tidak mengandalkan penghasilan untuk hidup dan bisa menafkahi dirimu sendiri tanpa bekerja. Aku ingin orang menyadari potensi yang ada di luar sana dan membantu mereka membuat perubahan kecil yang akan menajdi perubahan besar di masa depan," katanya kepada Dailymail.

Ia pun membeberkan sejumlah cara yang tentunya sudah dipraktekannya. Misalnya dengan menjual busana dan furniture tak terpakai, ikut proyek kantor, dan berpartisipasi dalam penelitian. Kemudian saat akhir pekan, Canna menganjurkan untuk mengundang teman atau keluarga ke rumah dari pada makan di luar. Wanita 36 tahun tersebut pun melakukan investasi ketika uangnya sudah terkumpul sebanyak $1,000 atau Rp 13 jutaan.

Cara-cara itu muncul ketika Canna melakukan $1,000 Project. Program itu awalnya dilakukan untuk membeli tas mewah keluaran desainer ternama. Namun setelah tercapai, ibu satu anak lelaki ini lebih memilih untuk mendonasikannya saja.

"Ada waktu-waktu di mana aku merasa membuat tujuan yang menggelikan tetapi akhirnya aku senang mengetahui seberapa banyak aku bisa menabung. Aku benar-benar tidak bisa melakukan ini tanpa proyek itu," ungkap Canna.

Berikut sejumlah tips dari Canna untuk menghemat dan menghasilkan ekstra uang:
1. Sortir kemudian jual busana yang tidak terpakai di situs jual beli. Bukan hanya bisa menghasilkan uang tetapi mengurangi 'sampah' dalam hidup.
2. Sewakan kamar di Airbnb atau seluruh rumah ketika sedang pergian.
3. Ambil proyek sampingan di kantor Anda untuk menghasilkan ekstra uang
4. Percaya diri untuk minta naik gaji
5. Tidak bepergian saat akhir pekan untuk mengurangi pengeluaran hangout
6. Bawa bekal ke kantor
7. Bersihkan karpet atau perlengkapan rumah lainnya yang biasanya tidak dicuci sendiri
8. Facial di rumah dari pada di klinik kecantikan
9. Sesekali beli busana bekas atau sewa baju untuk momen spesial
10. Kumpulkan uang koin dalam celengan
11. Lakukan pekerjaan tambahan, seperti baby sitting atau mengajar
12. Minta uang tunai dari pada barang sebagai kado ulang tahun.
(ami/eny)