Jeruk Nipis Dipakai Sebagai Pengganti Deodorant, Apa Aman untuk Ketiak?

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 17 Mei 2016 18:47 WIB
Foto: Instagram Farah Dhukai
Jakarta - Beauty vlogger Farah Dhukai kembali membagi tutorial kecantikan yang tak biasa. Bukan tentang wajah, kali ini wanita asal Amerika Serikat itu memberikan trik mengusir bau badan. Jika biasanya deodorant paling diandalkan untuk menjaga tubuh tetap beraroma sedap, Farah menggunakan jeruk nipis. Bumbu dapur tersebut diambil airnya untuk dijadikan deodorant alami.

Farah menjelaskan pada unggahannya di Instagram bahwa jeruk nipis dapat membuat ketiaknya tetap kering dan beraroma segar. Ketiaknya juga tetap aman meski ia suka makan kari pedas dan berada di daerah bercuaca panas serta lembab. Wanita berambut gelap itu pun menekankan jika ia hanya perlu mengaplikasi satu kali sepanjang hari.

"Yang kamu perlukan adalah jeruk nipis. Potong lebih kecil dan simpan di kulkas. Atau kamu bisa peras jeruk nipisnya dan aplikasikan airnya dengan kapas bulat. Gunakan langsung air jeruk nipis itu langsung ke ketiakmu setelah mandi. Biarkan benar-benar kering lalu lanjutkan harimu," katanya dalam keterangan unggahan tersebut.

Ia pun menjelaskan jika deodorant alami itu sebaiknya tidak digunakan setelah bercukur ketiak. Karena asam pada air jeruk dapat membuatnya perih. Menurut Farah, Anda juga perlu menghindari paparan sinar matahari langsung atau melakukan tanning saat melakukan perawatan ini. 

NATURAL #DIY DEODORANT 🌸 its so hard to find a deodorant that keeps me dry and odor free all day without reapplying ☔️(leeetssss be honest - I love curry and you are what you eat? more like you smell like what you eat lol 🍍🍍#iaintsorry ) THIS DIY DEODORANT not only kept me EXTREMELY DRY 🌬in this ☀️hot and humid Miami weather, it kept me smelling FRESH all day! #fresherthanyou #allday All you need: LIME🍋 🔪cut the lime into small little pieces and store in the fridge - OR you can juice the lime and use it with a cotton round🍹 🙋🏾Apply the lime juice DIRECTLY to your underarm AFTER showering🚿. DO NOT do this right after shaving cuzzzzzz it stiiinnggzzzzz🗡 Let it dry COMPLETELY and then go on with your day. 🙅🏽Avoid sun exposure or tanning when you do this regimen. Your underarm will be #sofreshandsoclean all day long!💃🏽💃🏽💃🏽 #diyremedies #hudabeauty #wakeupandmakeup #vegas_nay #makegirlz

A video posted by Farah D (@farahdhukai) on May 15, 2016 at 6:02pm PDT


Sebagian dari Anda mungkin baru mendengar trik kecantikan ini. Namun menggunakan jeruk nipis sebagai deodorant sudah lama diterapkan. Video tutorial Farah tentu juga bukan satu-satunya. Kebanyakan orang menggunakan cara tersebut sebagai metode alami mengusir bau badan.

Seperti diketahui, perawatan kecantikan yang natural memang lebih baik karena tidak berisiko menggangu kesehatan. Dengan menggunakan bahan alami, tubuh juga bisa menjalankan fungsinya dengan lebih baik. Riset pun mengungkap jika mengurangi keringat secara paksa sebenarnya tidak baik karena hal itu penting untuk mengatur suhu dan mengeluarkan racun tubuh.

Meski begitu, cara tersebut tidak sepenuhnya aman. Dilansir Cosmopolitan, ketiak Anda bisa mengalami reaksi inflamasi yang menyebabkan kulit terbakar dan melepuh. Terlebih jika Anda punya kulit ketiak yang cenderung sensitif atau sedang banyak terpapar sinar matahari. Untuk menghindari efek negatif jeruk nipis, Anda bisa memilih deodorant yang dihadirkan sejumlah merek dengan bahan alami. (ami/ami)