Serba-serbi Jadi Vlogger

7 Tips Jadi Video Blogger Sukses dari Team Leader YouTube

Hestianingsih - wolipop Jumat, 13 Mei 2016 18:21 WIB
Foto: ist. Foto: ist.

Jakarta - Video blogging atau vlogging kini tidak lagi sekadar kegiatan untuk menyalurkan hobi, tapi juga berpotensi menjadi lahan penghasilan bagi yang serius dan konsisten menjalaninya. Beberapa vlogger (vide blogger) Indonesia yang cukup populer di jagad dunia maya, sebut Natasha Fahrani, Rachel Goddard dan Cheryl Raissa.

Agar sukses menjadi vlogger, ada beberapa strategi kunci yang perlu dilakukan. Salah satunya dengan eksis juga di YouTube untuk mendongkrak viewers di vlog-nya. Memiliki channel YouTube tentu sangat berguna membuat vlog lebih dikenal, terlebih lagi jika channel-nya pun populer dengan banyak subscribers.

Bagaimana cara sukses mempromosikan vlog lewat channel YouTube? Ini tips dari Niken Sasmaya, Team Lead YouTube untuk Asia Tenggara dan Australia - New Zealand.

1. Buat dan Upload Video Pertama
Langkah pertama, tentu saja membuat channel YouTube dan mem-posting cukup satu video dulu. Anda bebas memilih konten apa saja yang ingin dimasukkan dalam video, dan utamakan konten yang sesuai dengan minat.

"Kalau selalu takut untuk upload video, kamu nggak akan kemana-mana. Jadi aku selalu encourage orang yang ingin banget mulai, record video based on passion kalian. Kemudian dari situ dilihat respon dari viewers seperti apa," ujar Niken, saat berbincang dengan Wolipop di bilangan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

2. Konsisten
Hal yang paling penting dalam menjalankan channel YouTube agar selalu eksis dan menjaring banyak viewers hingga penggemar, adalah komitmen dan konsistensi. Tentukan berapa kali Anda akan upload konten baru dalam frekuensi tertentu. Misalnya saja satu minggu sekali, satu minggu dua kali, dua minggu sekali atau sebulan sekali.

"Harus sudah selalu dikomunikasikan dalam setiap postingan. Jadi misalnya sudah bilang dari awal tiap minggu akan upload satu video, setiap hari rabu. Jadi fans sudah tahu. Ketika kamu nggak upload akan ada pressure, bahwa fans pasti akan nyariin. Banyak sekali youtubers yang sudah besar-besar sekarang, ketika mereka malas upload mereka akan ingat fans yang pasti selalu menunggu video baru. Buat deadline sendiri dan umumkan ke viewers," papar wanita yang bergabung di YouTube sejak 2,5 tahun lalu ini.

Baca Juga: 30 Inspirasi Dekorasi Pernikahan Unik

3. Kesibukan Jangan Jadi Alasan
Kembali soal komitmen, jika ingin menjadi full-time blogger atau youtubers, kesibukan seharusnya tak menjadi alasan untuk 'absen' upload video. Niken mencontohkan atasannya, seorang direktur untuk YouTube Asia Tenggara yang selalu disibukkan dengan tugas dan pertemuan di berbagai negara. Sang atasan juga memiliki channel YouTube dan ia tetap bisa menjaga konsistensi kontennya.

"Dia yang sesibuj itu saja masih tetap bisa maintain channel YouTube. Itu juga yang menginspirasi saya kalau sedang bosan upload video baru. Ini juga jadi tips untuk kalian, cari seseorang yang bisa memotivasi untuk selalu mengisi konten channel. Regardless alasan apa yang mau dibuat, cuma satu kuncinya. Taking action," pesan Niken.

4. Kombinasikan Konten
Untuk mencegah kejenuhan, rasa bosan atau mengatasi ketika buntu ide, Niken menyarankan untuk mengombinasikan konten video yang sulit dan mudah di-upload. Misalnya saja jika channel YouTube Anda tentang musik, biasanya pengerjaannya lebih rumit. Setelah merekam suara, video juga harus dibuat dan perlu ada proses edit suara, video, serta menyesuaikan antara konten visual dengan audio.

"Itu perlu waktu. Biasanya saran yang aku kasih adalah mix konten mereka. Dikombinasi antara konten yang high quality dan mudah. Misalnya video Q & A dengan fans. Buat satu video yang isinya kamu membacakan pertanyaan fans dari comment section, itu cuma butuh satu kamera di depan. Nggak butuh editing yang ribet," tutur wanita yang juga pernah bergabung di Google selama lima tahun ini.

5. Jaga Kedekatan dengan Viewers
Niken mengatakan, kunci kesuksesan para youtubers yang membedakannya dari kesuksesan selebriti di televisi atau film adalah kedekatan yang mereka bangun dengan fans. Selain lewat konten Q & A, rajin-rajinlah me-reply komentar dari para viewers. Jika penggemar Anda sebagai youtubers atau vlogger sudah cukup banyak, tak perlu sungkan mengadakan meet and greet untuk semakin menjalin keakraban dan meraih kesempatan menjaring subscriber baru.

"Biasanya fans mereka benar-benar loyal. Bahkan ada yang kasih hadiah ke youtubers benda yang bisa dipakai untuk mengembangkan konten channel-nya," ujar wanita yang menyenangi traveling ini.

6. Jadi Diri Sendiri
Sepengamatan Niken, youtubers dan vlogger yang cepat berkembang adalah orang-orang dengan karakter dan kepribadian kuat. Mereka tahu kelebihan masing-masing dan mencoba menampilkannya dalam video dengan tidak meniru orang lain.

"Kalian harus mengenali diri sendiri dan memberikan yang terbaik dari diri kalian. Youtubers yang besar-besar ini tidak berusaha menjadi orang lain," jelasnya.

7. Kolaborasi dengan Youtubers Lain
"Tips lain yang paling jitu saat ini adalah melakukan kolaborasi dengan Youtubers lain. Youtubers Indonesia sangat open, jadi meskipun namanya sudah populer mereka masih mau berkolaborasi dengan youtubers baru asalkan kontennya juga menarik," kata Niken.

Di akhir video, biasanya youtubers atau vlogger populer akan membantu mempromosikan link Anda lewat channel-nya. Dengan begitu para subscriber maupun penggemar jadi tahu keberadaan channel atau vlog Anda, dan ikut tertarik juga untuk berlangganan.
(hst/hst)