Jessica Diana Kartika, Sukses Berbisnis Feng Shui untuk Logo Perusahaan

Intan Kemala Sari - wolipop Selasa, 22 Des 2015 13:30 WIB
Foto: Mohammad Abduh
Jakarta - Dewasa ini bidang bisnis yang dijalani oleh setiap orang semakin beragam. Satu yang cukup menarik adalah bisnis logo perusahaan yang dibuat berdasarkan Feng Shui. Adalah Jessica Diana Kartika, wirausaha muda yang menggeluti usaha ini.

Awalnya, usaha ini dimulai pada 2010 namun baru resmi didirikan pada 2012 di bawah naungan PT. Elemen Sukses Mandiri. Ketertarikan menggeluti bisnis Feng Shui logo ini karena menurutnya Feng Shui untuk Logo memberikan makna yang lebih mendalam untuk identitas dan citra sebuah perusahaan, baik dari segi estetika maupun konsepnya.

"Ilmu Feng Shui juga menarik dilihat dari etnik budaya masyarakat. Logo itu memberikan harapan dan inspirasi bagi banyak orang, jadi kalau untuk perusahaan, logo itu diibaratkan sebagai wajah sekaligus doa yang tergambar, sehingga ilmu Feng Shui yang digabungkan dengan logo menjadi daya tarik tersendiri," tuturnya saat berbincang di kantor detikcom, Jl. Warung Buncit Raya, Jakarta Selatan, Jumat, (11/12/2015).

Wanita kelahiran 1987 itu melanjutkan, Feng Shui untuk logo perusahaan digunakan untuk keharmonisan antara pemilik usaha dan bidang bisnis yang dijalaninya agar tercipta keselarasan. Selain itu, dengan menggunakan Feng Shui pada pembuatan logo perusahaan, pemilik perusahaan juga dapat meraih keharmonisan bersama rekan kerja dan partner bisnisnya.

Bisnis Feng Shui yang dijalani bersama rekannya, Rudyant Wijaya ini tak hanya membuat logo saja, tetapi juga membantu keperluan perusahaan lainnya. Misalnya, menentukan nama perusahaan, tanggal dan jam baik, pendaftaran merek, hingga pembuatan aplikasi pendukung seperti company profile, website, dan materi promosi. Penentuan nama dan tanggal tersebut dilakukan berdasarkan penentuan lima elemen Feng Shui; kayu, api, tanah, logam, dan air serta berdasarkan analisis karakteristik pemilik usaha.

Hingga saat ini, Jessica bersama timnya sudah menangani ratusan klien yang datang dari berbagai bidang bisnis. Mulai dari perusahaan properti, alat berat, energi, sumber daya alam, perdagangan, transportasi, hotel, restoran, spa, dan lain-lain. Biasanya para klien tersebut datang kepadanya untuk membuat logo baru atau ingin mendesain kembali bentuk logo yang lama.

"Tipe logo perusahaan itu juga ada artinya sendiri. Misalnya, font tebal menunjukkan kekokohan. Font miring ke kanan artinya perusahaan itu maju ke depan, sedangkan font yang mundur ke kiri artinya lebih sering melihat masa lalu," lanjut wanita lulusan desain komunikasi visual (DKV) Universitas Kristen Petra Surabaya ini.

Menurut penulis buku 'Feng Shui untuk Logo' dan 'LOGO: Visual Asset Development' ini, menentukan warna dan tulisan logo perusahaan tidak boleh dilakukan sembarangan. Jessica memaparkan, pemilihan warna ditentukan oleh elemen Feng Shui dari pemilik usaha. Untuk itu sebelum mulai membuat logo, ia melakukan riset mendalam untuk melihat karakter dari pemilik usaha, partner bisnis, serta usaha yang dijalankannya.

Setelah itu ia akan memberikan rekomendasi logo yang akan dibuat. Dalam gambaran konsep tersebut akan diperlihatkan unsur-unsur elemen yang dimiliki dan kemudian disesuaikan dengan konsep awal.

"Kita lihat dulu konsep awalnya seperti apa, misalnya ikon utamanya perusahaan tersebut apa, kemudian digabungkan dengan elemen yang cocok. Bisnis kan juga ada beberapa perubahan, misalnya pemiliknya baru atau mengeluarkan produk baru, itu kan harus disesuaikan juga, yang penting elemen unsurnya jelas," jelasnya lagi.

Untuk membuat sebuah logo, waktu yang dibutuhkan bervariasi tergantung dari permintaan klien serta sampai sejauh mana aplikasi desain yang dibutuhkan. Namun hal itu bukan masalah baginya selama permintaan klien masih bisa diatasi dengan baik. Ia juga memiliki usaha lainnya, yakni digital printing yang siap memproduksi logo mulai dari konsep hingga eksekusinya secara lengkap.

Atas bisnis yang dijalankannya itu, Jessica berhasil memenangkan sejumlah penghargaan. Beberapa di antaranya adalah penghargaan dari Wirausaha Muda Mandiri sebagai pemenang yang termandiri, terinovatif, dan teredukatif pada 2012. Tak hanya dari Indonesia saja, ia juga menerima penghargaan internasional seperti Outstanding Design Internasional Furoshiki Design Festival di Jepang dan Bronze A Design Award Print & Published Media di Italia.

Ingin bisa sukses seperti Jessica, Anda bisa mendaftar menjadi peserta Wirausaha Muda Mandiri. KlikĀ di sini untuk mendapatkan kesempatan menjadi pemenang dan meraih hadiah puluhan juta rupiah.

(itn/itn)