Liputan Khusus Party Planner

Ini Kisaran Biaya Jika Ingin Buat Pesta Dibantu Party Planner Ternama

- wolipop Jumat, 12 Sep 2014 11:39 WIB
dok. Thinkstock
Jakarta - Mengadakan pesta tampaknya menjadi suatu kegiatan yang pasti dilakukan oleh setiap orang. Tujuannya ingin berbagi kebahagian kepada kerabat terdekat sebagai bentuk rasa syukur atas apa yang telah diraih. Agar pesta yang dibuat terkesan lebih tersusun rapih, kebanyakan orang lebih senang menyewa jasa penyelenggara pesta atau party planner. Apabila ingin menggunakan jasa party planner, tentunya Anda harus menyiapkan dana yang lebih agar pesta dapat berjalan dengan sempurna.

Ola Harika selaku pemilik dari Little Thoughts Planner mengatakan, Rp 5 juta merupakan angka minimal yang harus dikeluarkan ketika ingin menyewa jasanya. Biaya ini meliputi dekorasi meja dan berbagai aksesori penunjang pesta lainnya seperti alas piring, tisu kertas, kartu ucapan, menu makanan, pita kursi, bunga-bunga, lilin dan beberapa properti lainnya.

Biaya ini tidak termasuk makanan dan perlatan penunjang pesta lainnya. Ia merasa, membuat paket biaya seperti ini dapat memudahkan calon klien untuk memilih jasa-jasa yang ditawarkannya. Awalnya, ia hanya mematok harga per orang, namun hal justru membuatnya rugi.

"Dulu kita bikin Rp 150 ribu per orang. Tapi kebanyakan orang-orang hanya bikin delapan pax aja. Setelah dihitung-hitung, untungnya tipis banget," aku istri DJ Riri ini ketika diwawancara Wolipop, Selasa (9/9/2014) di bilangan Kemang, Jakarta Selatan.

Biaya yang di tawarkan Ola ini akan bertambah tergantung permintaan klien. Semakin banyak permintaannya, harga jasanya pun semakin bertambah dengan kelipatan Rp 5 juta.

Ola bercerita, ada satu klien yang menggunakan jasanya hingga mampu merogoh kocek sebesar Rp 300 juta untuk sebuah pesta ulang tahun. Karena acara yang ditanganinya tergolong pesta besar, jasa yang ditawarkannya sudah meliputi semua kebutuhan pesta untuk 400 orang dan 100 orang tamu undangan khusus.

Lain dengan Ola, Hellen Anggrahini selaku pemilik dari Jingles Party mengatakan, jasa yang ia tawarkan berkisar mulai Rp 4 juta. Party planner yang memfokuskan usahanya khusus untuk acara ulang tahun anak-anak ini memaparkan, harga tersebut meliputi MC, sound system, kursi anak-anak dan keyboard. Biaya ini belum termasuk kue ulang tahun dan catering makanan.

Besarnya biaya yang ditawarkan itu menurut Hellen, bergantung kepada lokasi dan anggaran dana yang dimiliki oleh klien. Apabila pesta yang diadakan berlokasi di hotel, sudah dipastikan biaya yang harus dikeluarkan untuk menyewa jasanya juga lebih besar karena banyak kebutuhan pesta yang disiapkan. "Kalau ulang tahunnya di rumah atau restoran, biasanya harga kita sesuaikan dengan pesertanya," jelas Hellen ketika diwawancara Wolipop via telepon, Selasa (9/9/2014).

Lebih lanjut ia mengatakan, beberapa orang yang mempunyai anggaran dana berlebih biasanya mampu menyewa jasanya hingga mencapai angka Rp 50 juta. "Ada juga yang pernah sampai Rp 100 juta, itu udah termasuk semuanya. Dekorasi, makanan, kue ulang tahun, MC, sound system, keyboard, bingkisan, sama detail-detail lainnya," pungkasnya sebelum menutup perbincangan.

(eny/eny)