Ingin Minta Naik Gaji ke Atasan di Kantor? Inilah 4 Waktu yang Tepat

- wolipop Selasa, 19 Agu 2014 18:20 WIB
dok. Thinkstock
Jakarta - Tak semua pekerja berani minta naik gaji secara langsung kepada atasan. Namun sebenarnya hal ini wajar-wajar saja untuk dilakukan. Terlebih jika Anda merasa pendapatan tak sesuai dengan kerja keras atau prestasi yang telah diberikan.

Agar permintaan tersebut bisa dikabulkan oleh bos dan manajemen dengan mulus, pemilihan waktu yang tepat sangat menentukan. Karena timing yang salah justru akan membuat Anda terlihat kurang profesional. Berikut empat momen yang tepat untuk minta naik gaji seperti yang dikutip dari BBC:

1. Menyelamatkan Uang Perusahaan
Minta naik gaji tentu saja harus didasari dengan alasan yang masuk akal. Sering menghasilkan prestasi kerja pastilah merupakan salah satunya. Saat hasil kerja Anda bisa menyelematkan perusahaan dari kerugian uang mungkin itu adalah waktu yang tepat untuk memintanya. Namun tidak semua keuntungan bisa menghasilkan kenaikan gaji. Beberapa perusahaan hanya menyisipkannya pada insentif atau bonus.

2. Menggantikan Seseorang
Ketika seorang rekan mengundurkan diri adalah hal yang wajar jika pekerja dengan jobdesk yang serupa untuk diminta mengerjakan pekerjaannya atau bahkan menggantikannya. Tentu saja orang tersebut akan menjadi lebih sibuk atau mungkin sampai kewalahan. Jika kondisi itu nampak akan terjadi dalam waktu yang cukup lama, Anda bisa mengajukan kenaikan gaji.

3. Sebelum Rapat Evaluasi
Menurut founder Human Workplace, Liz Ryan sebaiknya permintaan ini dilakukan sebelum rapat evaluasi kerja dilakukan manajemen. Karena biasanya kenaikan gaji sudah dibicarakan saat evaluasi tersebut. Jadi, ada baiknya Anda cepat-cepat memintanya sebelum pendapatan Anda dinaikkan dengan nominal yang sama dengan rekan-rekan yang lain.
 
4. Pekerjaan Berat
Tak jarang pekerjaan sebuah divisi menjadi lebih banyak seiring dengan perkembangan perusahaan. Ketika pekerjaan tersebut terasa sangat berat dan kurang sebanding dengan pendapatan, kenaikan gaji perlu diajukan. Apalagi jika perusahaan tengah menghasilkan banyak keuntungan, permintaan Anda tak akan terlalu sulit untuk diwujudkan.

(ami/eny)