5 Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Tempat Kerja

- wolipop Kamis, 17 Okt 2013 09:39 WIB
dok. Thinkstock dok. Thinkstock

Jakarta - Tak sedikit pekerja di kantor merasa lelah dan stres karena terlalu lama duduk di depan komputer mereka. Apakah Anda juga sering merasakan hal yang sama? Dikutip dari Mag for Women, Anda bisa melakukan olahraga ringan ini ketika berada di tempat kerja untuk mengurangi rasa nyeri di punggung, sakit leher, dan mata.

1. Berjalan ke Kantin
Duduk terlalu lama di meja kerja bisa membuat Anda mengalami nyeri di punggung. Oleh karena itu, tak ada salahnya bila Anda mengambil waktu istirahat sejenak dengan berjalan ke kantin atau ke toilet. Dengan begitu, Anda bisa melemaskan otot-otot yang tadinya tertekan dan tegang karena duduk terlalu lama.

2. Gerakkan Leher Anda
Berlama-lama di depan kmputer dapat membuat leher nyeri dan mata terasa sakit. Menjauhlah dari depan komputer Anda selama beberapa menit. Lalu, gerakkan leher Anda ke atas dan ke bawah. Kemudian pindah ke samping kanan dan kiri. Dengan melakukan cara ini, bisa melemaskan otot-otot leher yang tegang.

3. Peregangan Punggung
Sebelum punggung terasa sakit, berdirilah dan sentuhlah jari-jari kaki Anda. Lakukan ini sampai dua atau tiga kali. Jika Anda merasa malu dan tidak ingin dilihat rekan kerja, Anda dapat melakukan hal yang sama sambil duduk di kursi. Ini adalah cara yang baik untuk mengendurkan otot-otot punggung.

4. Meditasi
Cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan meditasi. Tutuplah mata sejenak dan kosongkan pikiran Anda. Ini dapat mengusir stres dan membuat tubuh terasa lebih rileks. Melakukan cara ini juga akan membantu Anda untuk konsentrasi bekerja.

5. Pijat Pergelangan Tangan & Jari-jari
Mengetik keyboard komputer atau laptop juga bisa membuat tangan dan jari-jari Anda terasa pegal. Untuk mengatasinya, pijatlah pergelangan tangan dan jemari Anda dengan lembut selama beberapa menit. Dengan begitu, rasa nyeri dan pegal pun hilang dan Anda bisa kembali semangat bekerja.




(rma/kik)