Ingin Mengembangkan Karir Anda? Lakukan 4 Strategi Ini

- wolipop Rabu, 01 Agu 2012 18:31 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta - Tidak kalah dari pria, Wanita masa kini juga banyak memiliki jabatan yang tinggi dalam suatu perusahaan. Tentu saja hal tersebut dilandaskan dengan usaha dan strategi tertentu dalam mengembangkan karir mereka.

Ingin tahu bagaimana cara untuk meningkatkan karir Anda? Simak strateginya berikut ini, seperti dikutip dari Women Dish.

1. Membuat Rencana
Untuk mengembangkan karir juga memerlukan perencanaan yang matang. Hal ini penting untuk dibuat, agar Anda dapat lebih mudah meraih target yang diinginkan. Dr Stephen Covey dalam bukunya 'The seven Habits of Highly Effective People' mengatakan, "Anda harus mulai untuk membuat tujuan akhir dalam pikiran Anda, sama seperti ketika Anda berkendara dengan peta di tangan. Mengetahui destinasi akhir akan membantu Anda menemukan jalan tercepat untuk sampai kesana."

Memiliki strategi akan membantu membangun karir menjadi lebih maju dan berkembang. Namun, membangun karir bukanlah hal yang mudah melainkan butuh perencanaan yang matang dan kerja keras. Oleh karena itu, susunlah strategi yang tepat. Hal ini juga didasarkan pada profesi serta pendidikan Anda.

Jika Anda yang sedang mencari pekerjaan, harus memiliki strategi yang menunjukkan bahwa kemampuan Anda tidak kalah dari pria. Dengan strategi karir juga akan membantu memperoleh posisi dan gaji yang lebih tinggi.

2. Kepercayaan Diri
Apabila ingin sukses dalam suatu perusahaan, sebagai bos di kantor harus memiliki keyakinan akan kemampuan diri sendiri. Tanpa keyakinan mengenai kemampuan Anda, maka anak buah pun akan meragui kemampuan Anda sebagai atasan mereka. Meskipun begitu, perhatikan juga pendapat bawahan walaupun Anda merasa memiliki ide yang lebih baik dari itu.

3. Membuat Banyak Jaringan
Memiliki banyak kenalan atau jaringan akan membantu meningkatkan karir. Anda bisa mencoba untuk ikut dalam organisasi profesional, seminar dan lain sebagainya. Tidak hanya menambah pengetahuan Anda tapi juga memberikan informasi mengenai peluang kerja atau promosi.

4. Bekerja Secara Pintar
Yang lebih diutamakan sekarang adalah para pekerja yang dapat bekerja secara pintar dan kreatif. Bekerja pintar ini bukan hanya berlaku bagi karyawan namun juga bagi para pelaku usaha serta bisnis. Hal ini disebabkan karena persaingan yang semakin ketat. Oleh karena itu berusahalah untuk selalu terus belajar agar memiliki ilmu pengetahuan yang luas.

(rma/rma)