ADVERTISEMENT

Wanita Minang Dinikahi Pria Pakistan, Cinta Bersemi dari Situs Jodoh Muslim

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 27 Feb 2022 08:00 WIB
Foto pasangan Rani dan Asfand. Foto: Dok. pribadi Chairani. Foto pasangan Rani dan Asfand. Foto: Dok. pribadi Chairani.

Asfand dan Rani awalnya sepakat menggelar acara pernikahan pada Januari 2021. Namun karena pandemi, rencana tersebut gagal diwujudkan.

"Waktu itu berbagai pihak aku hubungin, kedutaan Pakistan yang ada di Jakarta, KUA dan lain-lain. Sampai akhirnya akta kematian papa aku belum aku urus ternyata. Aku harus pengadilan Bukit Tinggi kota kelahiran, padahal aku sekarang tinggalnya di Bogor. Bolak-balik pokoknya banyak yang harus dipersiapkan," tutur Rani.

Semua keluarga Rani yang berada di Bukit Tinggi, turut membantu kelancaran persiapan acara pernikahan Rani dan Asfand. Asfand juga mengurus dokumen pernikahan di Pakistan.

kisah cinta beda negara, pasangan Chairani dan Asfandyar.kisah cinta beda negara, pasangan Chairani dan Asfandyar. Foto: Dok. pribadi Chairani.

Ketika semua dokumen selesai diurus, pada Maret 2021, keduanya hampir putus asa karena masa PSBB terus diperpanjang. Padahal Asfand ingin datang ke Indonesia untuk bertemu keluarga besar Rani. Akhirnya mereka bersilaturahmi secara daring.

"Waktu itu Idul Fitri bulan Mei, aku sama keluarga bertemu secara online silaturahminya. Pas lagi ngobrol, aku langsung kenalin Asfand dengan keluarga besar lewat online Zoom," kata Rani.

Setelah pertemuan keluarga itu, Rani dan Asfand memutuskan menikah secara online. Pandemi Corona membuat Asfand tidak bisa datang ke Indonesia.

"Aku hubungi ustaz, MUI, KUA, pemerintahan semua aku cari tahu tentang menikah secara online. Menikah jarak jauh itu bisa, harus ada penikah laki-laki, wali dan saksi," kenang Rani.

Asfand juga menghubungi kantor agama yang berada di Pakistan untuk mengetahui persyaratan menikah secara online. Pihak kantor agama di Pakistan menyetujui seluruh dokumen yang sudah dipersiapkan oleh Asfand dan Rani.

Keduanya menggelar pernikahan online pada 20 Mei 2021 pukul 20.21 WIB atau 18.21 Waktu Pakistan. Prosesi pernikahan online berjalan seperti offline. Ada proses taukil wali, ada khutbah pernikahan, ijab kabul dalam bahasa Urdu dan tanda tangan dokumen. Ada juga doa pernikahan dari KUA/PPN Pakistan.

Setelah menikah, Asfand akhirnya bisa datang ke Indonesia pada Juli 2021 untuk tinggal bersama dengan Rani di Bogor, Jawa Barat. Kini keduanya menjalani bisnis kuliner yang dijual berkeliling Bogor secara langsung. Seperti apa kisahnya? Simak artikel berikutnya di Wolipop.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(gaf/gaf)