Kisah Cinta Manis Pria Jawa dan Wanita Belanda yang Kompak Jadi YouTuber

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 10 Agu 2020 14:32 WIB
Tess & Tom Foto Tomy yang menikah dengan Tessa. Foto: Dok. Nesnumoto.
Bandung -

Jodoh yang merupakan rahasia dari sang Illahi, maka tak ada yang tahu siapa, kapan, dimana dan bagaimana manusia akan menemukan jodohnya. Seperti pria asal Yogyakarta yang tinggal di Bandung ini, dia tak menduga jika jodohnya adalah bule asal Belanda.

Dialah Tomy Budi Sutisna, pria asal Yogyakarta yang menikahi wanita Belanda, Tessa Koene. Kisah cinta keduanya bersemi di Bandung. Tessa yang akrab disapa Tess sempat tinggal di Kota Kembang karena dia menjalani studi S-2 double degree di Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung dan di Groningen, Belanda.

"Dulu aku sama Tess ketemu di Bandung tahun 2012. Saat itu aku malah lagi diajakin ngedate sama cewek lain eh malah ketemunya sama Tess," kata Tomy saat berbincang dengan Wolipop bersama Tessa lewat Zoom, Jumat (7/8/2020).

[Gambas:Youtube]

Tess dan Tom yang sama-sama berusia 31 tahun ini lalu dekat dan kerap berjalan bersama dengan teman-teman mereka. Hingga akhirnya Tom putus dari kekasihnya, dia dan Tess semakin dekat.

"Pas ketemu lagi dia menjebak aku buat ngedate. Aku pikir tadinya bakal ada orang lain atau teman yang ikut, ternyata nggak ada," kenang Tess seraya tertawa.

Sayangnya saat cinta sudah bersemi di antara mereka, Tess harus kembali ke negaranya untuk menyelesaikan studinya di Belanda. Dan juga dia mendapatkan beasiswa ke Amerika Serikat. Karena perbedaan waktu selama 12 jam dan harus menjalani masa LDR, mereka pun memutuskan mengakhiri hubungannya.

Tess & TomFoto Tessa & Tomy. Foto: dok. Rick Mandoeng Foto.

"Desember 2012 aku kuliah di Florida. Waktu aku tinggal di sana ada perbedaan 12 jam. Dan itu susah sekali saat lagi LDR. Waktu itu kita berdua lagi cinta-cintanya. Aku harus balik ke Belanda karena harus beresin studi master di Belanda, pas tahun itu juga aku mendapatkan beasiswa buat exchange ke Amerika," kata Tess.

Setelah putus, keduanya sempat move on dan mempunyai pasangan yang baru. Akan tetapi pada 2015, Tom berusaha untuk menemui Tess di Belanda. Dan pada 2017 keduanya bertemu kembali di Yogyakarta, tempat Tom dan keluarganya merintis bisnis kuliner.

"Setelah putus, pada 2017, kita bertemu lagi. Aku bener-bener ngerasa aku masih suka sama Tomy. Dan dia menjemput aku saat di bandara Yogyakarta, terus aku duduk di mobilnya. Aku berpikir setelah setengah jam-an. Terus kita tidak punya banyak waktu karena aku kan ke Indonesia hanya liburan dan harus balik lagi ke Belanda untuk kerja. Jadi aku tanya dia apakah kita bakal remi ngedate nanti malam? terus kami akhirnya ngedate lagi," ujar Tess.

Tess & TomFoto Tessa & Tomy. Foto: dok. Rick Mandoeng Foto.

Tess dan Tomy pun berbicara serius tentang masa depan hubungan mereka. Keduanya melakukan percakapan panjang membahas berbagai hal.

"Jika kami kembali bersama apa yang ingin kita capai, bagaimana anak kita, bagaimana kita menghadapi perbedaan budaya kita, apa tujuan kita, apa yang ingin kamu capai dalam hidup, bagaimana kita menjalani berdua. Oke semenjak dari pertemuan itu kita mencoba menjalaninya bersama lagi. Tapi poin terpenting dari pembicaraan itu adalah jika kita kembali bersama dan yang terpenting dia bisa memahami keadaan ini," tutur Tess panjang lebar.

Saat baru kembali pacaran itu, Tess harus kembali pulang ke Belanda. Namun dua bulan kemudian Tomy menyusulnya. Dan pada 2018, Tomy melamar Tess.

"Aku paksa Tomy untuk menikahi aku," ujar Tess seraya tertawa. Dan pernikahan mereka terwujud pada 2018 di Belanda. Pada 2019, keduanya menggelar resepsi pernikahan di Bandung.

Tess & TomFoto Tessa. Foto: dok. Rick Mandoeng Foto.

"Setelah menikah kita tinggal di Bandung, aku sudah belajar bicara bahasa Indonesia tapi belum lancar, tapi kalau komunikasi dengan teman pakai bahasa Inggris, cuma kalau marah aku pakai bahasa Belanda," ucap Tess.

Kisah cinta manis ini kemudian diabadikan Tess dan Tomy melalui channel YouTube mereka bernama Tess & Tom. Saat ini vlog Tess dan Tom sudah memiliki lebih dari 5 ribu subscriber.

"Selama pandemi ini kita mikir kita harus ngapain selama #dirumahaja karena bisnis kita tutup. Lalu kita iseng membuat video di Youtube, eh malah orang suka. Sampai sekarang masih terus growing. Ada orang suka lihat percampuran budaya kita. Aku jadi bisa berbagi pengalaman," ucap Tommy.

Akun Youtube Tess & Tom semakin dikenal karena membuat konten soal Tess yang baru mempelajari berbagai hal di Indonesia, seperti minum jamu, makan jengkol dan belajar berpuasa.

Di akhir wawancara, Tess memberikan tips untuk orang Indonesia yang ingin menikah dengan orang bule. "Buat aku, bagi yang ingin menikah dengan berbeda kebudayaan atau seseorang dari negara lainnya, kamu harus mempunyai pikiran yang terbuka (open minded). Karena budaya kita sangat berbeda. Oleh karena itu aku juga sudah membagikan pengalaman itu di akun YouTube. Kita juga pernah mendapatkan komentar negatif tentang hubungan kami. Jadi, kita harus menanggapinya harus positif. Kita itu hidup cuma satu kali," tambah Tess.

Tess & TomFoto Tomy. Foto: dok. Rick Mandoeng Foto.


Simak Video "Orang Kaya! Tasya Farasya Nggak Tahu Uang Seribu"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)