Tips dari Wedding Organizer Bagi yang Mau Menikah Saat Ada Corona

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 23 Mar 2020 07:20 WIB
Pasang Cincin on Javanese Wedding. Traditional Javanese Groom Puts a Ring On The Bride Tips dari wedding organizer untuk calon pengantin yang menikah saat ada virus corona. Foto: Getty Images/iStockphoto/ridzky setiaji
Jakarta -

Virus corona membuat resah para calon pengantin yang sudah berencana menikah di bulan Maret dan April ini. Bukan hanya calon pengantin, wedding organizer yang kerap dimintai bantuan untuk mengurus berbagai hal terkait pernikahan pun harus ikut memutar otak. Pihak wedding organizer yang sudah merancang konsep dan keseluruhan acara kini juga harus mempertimbangkan secara matang agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Berbincang dengan Wolipop, Artha M.Soeharto, founder dari wedding organizer Akuwedding mengatakan, pihaknya biasanya menyiapkan empat opsi untuk calon pengantin yang berencana menikah ketika virus Corona semakin merajalela. Empat opsi tersebut adalah:

Opsi 1: rencana acara akad nikah dan resepsi tetap berjalan sesuai rencana. Namun seluruh pihak yaitu calon pengantin, keluarga, pihak venue, KUA, dan para vendor saling berkoordinasi mengenai teknis di lapangan pada hari H nanti, dan mengikuti sosialisasi, arahan atau seruan yang diberikan oleh pemerintah.



Opsi 2: acara akad nikah tetap berjalan sesuai rencana awal, tetapi acara resepsi diundur untuk memastikan seluruh persiapan akad nikah telah siap dan dapat berjalan. Dan ada pembatasan jumlah tamu yang hadir pada saat acara akad nikah.

Opsi 3: rencana acara akad nikah tetap berjalan tetapi pindah lokasi tidak di tempat seperti plan awal. Opsi akad nikah ini bisa dilakukan di rumah calon pengantin atau di lokasi yang lebih dekat dengan rumah calon pengantin.

Opsi 4: rencana akad nikah dan resepsi diundur sampai situasi kondusif untuk melaksanakan acara pernikahan.

Artha mengatakan calon pengantin yang menjadi kliennya setuju dengan berbagai opsi di atas. "Rata-rata tetap optimis berjalan sesuai schedule walaupun dengan beberapa penyesuaian, seperti jumlah tamu yang akan diundang akan berpengaruh terhadap jumlah pesanan catering, konten acara untuk meminimalisir kontak tubuh para tamu yang hadir, waktu acara untuk mempersingkat waktu agar mengurangi waktu berkumpul bersama-sama," kata Artha yang mendirikan AkuWedding sejak 2017 itu saat dihubungi Wolipop, Sabtu (21/3/2020).



Selain itu, Artha juga memberikan tips bagi calo pengantin yang ingin menggelar acara pesta pernikahan di tengah pandemi virus corona seperti ini :

1. Tetap tenang, sabar, terus berdoa, perbanyak beribadah, meyakini bahwa peristiwa ini dialami oleh seluruh calon pengantin yang akan menjalankan acara pada Maret-April atau setelahnya hingga kondisi lebih kondusif.

2. Terus menjaga kesehatan, istirahat yang teratur, makan yang sehat, dan tetap berolahraga. Lalu terus terapkan pola hidup sehat menuju hari H penyelenggaraan acara.

3. Utamakan komunikasi yang baik antara calon pengantin, keluarga inti capeng, dan keluarga besar capeng.

4. Menyiapkan dan siap dengan opsi-opsi lain jika rencana awal tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

5. Mengutamakan keselamatan capeng, kelurga inti capeng, keluarga besar capeng, para tamu yang akan diundang pada acara, dan para vendor atau pihak yang membantu penyelenggaraan acara, di dalam pengambilan segala keputusan.

6. Meminimalisir pertemuan tatap muka langsung dan mengutamakan pertemuan secara online saat update dan pemberian informasi.

7. Mengikuti segala arahan atau seruan pemerintah demi mencegah penyebaran virus COVID-19.



Simak Video "Banyak Resepsi Ditunda, WO Tak Bisa Jual Tanggal"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)