Kisah 5 Pengantin Menikah Saat Corona, Sedia Hand Sanitizer & Ruang Isolasi

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 22 Mar 2020 13:07 WIB
Ilustrasi pasangan menikah. Foto: Getty Images/iStockphoto/ridzky setiaji Ilustrasi pasangan menikah. Foto: Getty Images/iStockphoto/ridzky setiaji
Jakarta -

Sejak munculnya COVID-19 di Indonesia, berbagai gelaran acara mengalami penundaan sampai waktu yang belum ditentukan. Salah satu acara yang mengalami penundaan adalah acara pernikahan. Namun karena alasan gedung sudah di-booking, undangan telah disebar, katering dan dekorasi sudah dipersiapkan dari jauh hari, beberapa pengantin tak bisa memundurkan acara pernikahan mereka.

Berikut ini cerita dari para calon pengantin yang memutuskan untuk mengadakan acara pernikahan di saat virus Corona semakin merajalela. Para calon pengantin ini melakukan beberapa perubahan dan antisipasi pada acara pernikahan mereka demi mencegah penyebaran virus Corona.

Siapkan Hand Sanitizer dan Ruang Isolasi

Kisah 5 Pengantin Menikah Saat Corona, Sedia Hand Sanitizer & Ruang IsolasiIlustrasi hand sanitizer. Foto: Istimewa


Cerita pertama datang dari Isla Islamia. Dia akan mengadakan acara pernikahan pada 28 Maret 2020 dengan jumlah tamu sekitar 850 orang. Ia dan keluarga mengaku cemas dan khawatir karena semakin merebaknya virus corona yang begitu pesat.

Isla yang akan mengenakan busana adat Sunda saat menikah ini menuturkan, dia akan menyiapkan hand sanitizer, petugas pengecekan suhu dan juga ruangan isolasi bagi para tamu undangan yang akan hadir. Selain itu juga melakukan penyemprotan desinfektan di ruangan gedung tersebut.

"Untuk menghindari penularan covid-19 waktu resepsi, aku sudah menyiapkan hand sanitizer yang akan disebar di setiap sudut ruangan dan pintu masuk, ada petugas pengecekan suhu, ruang isolasi jika ada tamu yang suhunya 38 derajat lebih, dan menggunakan sarung tangan selama resepsi. Aku juga memberi tahu WO untuk menerapkan social distancing satu meter antara tamu undangan, dan berkoordinasi dengan pihak gedung untuk melakukan penyemprotan desinfektan sehari sebelumnya. Sejauh ini belum mendapatkan masker karena sulitnya stok di pasaran," ungkap Isla.


Selain itu Isla juga meniadakan prosesi adat Sunda yang sebelumnya sudah direncanakan.

"Ada ritual adat Sunda berupa saweran yang memancing orang berdekatan tidak kami adakan, jadi kami hanya memakai baju adatnya saja," ujarnya.

Wanita yang berprofesi sebagai project management officer di salah satu perusahaan swasta ini menceritakan jika ia terus memantau perkembangan kasus virus corona ini. Jika virus corona semakin memburuk penyebarannya, dia sudah siap dengan rencana terburuk.

"Terus memantau perkembangan covid-19 dan juga melihat peta penyebarannya. Sejauh ini kelurahan tempat saya melakukan resepsi belum ada di data. Rencana paling buruk menunda pernikahan, namun belum tahu sampai kapan. Hal ini juga sudah dibicarakan oleh kedua belah pihak keluarga," ujar Isla.

Ricky Panjaitan yang akan melangsungkan resepsi pernikahan pada 4 April 2020 juga menyatakan sudah menyiapkan hand sanitizer, menyediakan ruang isolasi bagi tamu yang sakit dan petugas untuk cek suhu tubuh. Untuk hand sanitizer, panitia acara akan menempatkannya di beberapa titik.

"Beli akrilik untuk tulisan petunjung hand sanitizer dan botol yang bisa di-pump. Jadi dikasih tahu spot-spot mana saja ditempatkan. Panduan dari gedung, ditempatkan di pintu masuk, meja penerima tamu, dekat buffet dan yang berdiri di pelaminan juga pegang di botol kecil," jelas Ricky saat dihubungi Wolipop.

Resepsi Tanpa Salaman dengan Tamu

Cerita selanjutnya datang dari calon pengantin bernama Siela Zulaika. Ia akan menggelar acara pernikahan pada 4 April 2020 di sebuah masjid di Cipayung, Jakarta Timur. Siela mengaku semua persiapan pernikahannya sudah matang dan tak bisa diundur lagi.

"Mau diundur kayaknya nggak bisa deh, tapi ini dilanjutin pasti takut pada nggak dateng karena lagi booming COVID-19. Tapi ya Siela berdoa semoga cepat reda atau hilang lah COVID-19 ini," ungkap Siela pasrah.

Kisah 5 Pengantin Menikah Saat Corona, Sedia Hand Sanitizer & Ruang IsolasiFoto: Getty Images/iStockphoto/fizkes


Wanita 31 tahun ini mendapatkan saran dari wedding organizer bagaimana mencegah penyebaran virus Corona di acara pernikahan. Salah satunya dengan bersalaman tanpa saling menyentuh tangan alias namaste atau salam tradisional. Kursi tamu untuk makan juga disusun agak renggang jaraknya dan menempatkan hand sanitizer di meja penerima tamu untuk membersihkan tangan sebelum dan sesudah berinteraksi dengan tamu lain dan mempelai.

Kisah 5 Pengantin Menikah Saat Corona, Sedia Hand Sanitizer & Ruang IsolasiPengantin asal Malaysia menggelar pernikahan secara drive-thru. Foto: Twitter

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tahu Nggak Sih? Ini Daya Tahan Virus Corona di Berbagai Benda"
[Gambas:Video 20detik]