Pria Hanya Keluarkan Rp 6 Juta untuk Nikah, Ini Caranya Berhemat yang Viral

Anggi Mayasari - wolipop Jumat, 11 Okt 2019 16:31 WIB
Foto: Twitter @biangkerok Foto: Twitter @biangkerok

Jakarta - Menggelar pesta pernikahan kerap kali menjadi momok bagi sebagian pasangan karena dibutuhkan biaya yang besar. Biasanya pasangan melaksanakan pesta pernikahan rela menghabiskan biaya lebih dari Rp 50 juta. Tapi, tidak dengan pasangan asal Purwokerto ini yang menggelar pesta pernikahan dengan bujet minim.

Belum lama ini seorang pengguna akun Twitter @biangkerok jadi viral setelah berbagi cerita pernikahannya yang simpel namun mengesankan dengan biaya murah. Pria bernama Satrio ini menuliskan bahwa pernikahannya bersama Karin cukup simpel, prosesinya hanya akad dan makan-makan dengan lokasi di rumah.

Saat dihubungi Wolipop, pemilik nama lengkap Satrio Hapsoro ini menikahi kekasihnya, Karina Sahrudin pada Minggu (6/10/2019) di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah. Ia pun mengungkapkan rincian biaya pernikahan yang dikeluarkan dirinya dengan total sekitar Rp 6,2 juta.

"Untuk total bujet, saya nggak bisa cerita, karena urusan hajatan, makanan, jadi urusan orangtua. Saya nggak tahu sama sekali. Mereka sudah mempersiapkan sound (tanpa band, kami putar spotify), makanan prasmanan, sedangkan jajanan hanya bakso dan kopi yang disediakan oleh sobat-sobat kami," cerita Satrio kepada Wolipop, Jumat (11/10/2019)

Pria yang berprofesi sebagai perajin kulit ini pun menambahkan bahwa sesuai kesepakatan dengan orangtua ia mengatur pengeluaran untuk makeup, hantaran, cincin, dan pakaian. Biaya yang dihabiskan oleh Satrio untuk pernikahannya itu pun di antaranya makeup dan pakaian Rp 2,2 juta, cincin meteorit Rp 800 ribu, seserahan Rp 1,6 juta, foto dan video akad hanya soft file Rp 850 ribu, biaya lain-lain Rp 800 ribu.

Pernikahan Satrio dan Karin viral karena menggelar pesta yang simpel dengan biaya murahPernikahan Satrio dan Karin viral karena menggelar pesta yang simpel dengan biaya murah Foto: Twitter @biangkerok


Penasaran bagaimana Satrio bisa mengatur pernikahannya dengan biaya yang murah namun tetap sakral dan mengesankan? Berikut rincian yang ditulis Satrio tentang pesta pernikahannya yang dirinya hanya mengeluarkan Rp 6,2 juta.

1. Undangan

Satrio menuliskan bahwa undangan pernikahannya hanya satu lembar saja. Harga cetak undangan tersebut kurang dari Rp 800 per lembar dengan tamu undangan untuk 300 orang.

"Soal undangan cuma selembar aja. Desain sendiri, beli kertas sendiri, potong sendiri, sablon dibantu mas Yatno, kawan baik. Bikin 300 undangan, harganya nggak sampai Rp 800 per lembar," cuit Satrio dipostingan yang telah disukai 9.500 lebih pengguna Twitter.

2. Seserahan

Untuk seserahan, Satrio menuturkan memberikan barang-barang yang akan dipakai oleh istrinya. Ia pun memberikan seperangkat alat olahraga. sepatu running, sport bra, legging, dan jersey.

3. Foto dan Video

Pada postingan yang telah diretweet 3.900 lebih itu, Satrio menuliskan bahwa ia dan Karin tidak melakukan foto-foto prewedding. Untuk resepsi pernikahan, Satrio pun meminta bantuan teman-temannya untuk mendokumentasikan momen istimewanya itu dalam bentuk foto dan video yang hanya berbentuk file, tanpa dicetak.

"Pas hari H, aku ajak teman-teman fotografer untuk shoot. Hanya soft file, nanti gue yg edit sendiri," jelasnya.

4. Tanpa Pelaminan

Lokasi pernikahan Satrio dan Karin diselenggarakan di rumah. Uniknya mereka sepakat untuk resepsi pernikahannya itu tanpa panggung dan pelaminan.

"Oiya, pas sehabis akad. Kita sengaja nggak pakai pelaminan, jadi tamu langsung makan. nggak ada foto stage, karena kita pikir semua orang sudah bawa kamera kan. Gue dan karin menyambut, ngobrol, ngopi, ngemil, tertawa bareng," imbuh Satrio





Simak Video "Sebuah Pengakuan Seorang Cross Hijaber"
[Gambas:Video 20detik]
(agm/eny)